ARTI KATA KUASA BAGI ANDA

Kuasa adalah kata yang sangat emosional. Respons orang terhadapnya berbeda-beda. Bagi sementara orang, kuasa mempunyai konotasi negatif. Ada juga yang merasa ternoda olehnya, seolah-olah itu adalah sesuatu yang kotor atau mencurigakan.  Ada orang yang nafsu akan kuasa. Seberapa besarkah kuasa yang Anda inginkan? Seberapa besarkah kuasa menurut Anda, yang pas Anda raih atau kembangkan? Apakah makna kuasa yang sesungguhnya bagi Anda?



Yang saya maksudkan bukanlah kuasa untuk dipaksakan. Yang saya maksudkan bukanlah kuasa menaklukkan sesama. Saya juga tidak menyarankan demikian. Kuasa seperti itu jarang sekali langgeng. Tetapi hendaknya Anda sadari bahwa kuasa itu adalah konstan di dunia ini. Anda sendiri yang membentuk persepsi Anda, atau orang lain yang membentuknya bagi Anda. Anda kerjakan apa yang Anda ingin kerjakan, atau Anda tanggapi rencana orang lain bagi Anda. Bagi saya, kuasa yang hakiki adalah kemampuan menghasilkan hasil-hasil yang paling Anda inginkan dan menciptakan nilai bagi sesama dalam prosesnya. Kuasa adalah kemampuan mengubah kehidupan Anda, membentuk persepsi Anda, menjadikan segalanya efektif bagi Anda dan bukan menentang Anda. Kuasa sejati itu dibagikan, bukan dipaksakan. Itulah kemampuan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan manusia dan memenuhinya ̶  ̶ baik kebutuhan-kebutuhan Anda sendiri maupun orang-orang yang Anda pedulikan. Itulah kemampuan mengarahkan kerajaan pribadi Anda sendiri ̶  ̶ sehingga Anda hasilkan hasil-hasil persis seperti yang Anda inginkan.



Sepanjang sejarah, kuasa mengendalikan kehidupan kita telah mengambil banyak bentuk yang berbeda-beda dan bahkan kontradiktif. Di peradaban berkembang, kuasa berasal dari keturunan. Sang raja, mengelilingi dirinya dengan simbol-simbol dunianya, memerintah dengan kewenangan mutlak. Orang lain bisa meraih kuasa dengan begaul dengannya. Sementara zaman dahulu, kuasa hanyalah hasil dari fisiologi. Dia yang paling kuat dan paling cepat berkuasa mengarahkan kehidupannya sendiri maupun kehidupan orang-orang di sekelilingnya. Lalu, di awal Zaman Industri, modal itulah yang merupakan kuasa. Mereka yang mempunyai akses terhadap modal mendominasi proses industri. Semuanya itu masih berperan. Lebih baik punya modal daripada tidak punya. Lebih baik punya kekuatan fisik daripada tidak punya. Tetapi, sekarang ini, salah satu sumber kuasa terbesar adalah dari pengetahuan khusus. 

Ditulis ulang dari buku Unlimited Power (Kuasa Tak Terbatas)



Sertifikasi NLP Semarang 18-23 Juli 2019
Ibis Hotel Semarang
Tanggal 18-23 Juli 2019
Pendaftaran 0821-4150-2649
Fasilitator: Mr. Ilyar Afsoh

No comments:

Back to Top