TANGGUNG JAWAB SERATUS PERSEN UNTUK SEMUANYA


Pada tahun 1969 ̶  ̶ hanya 1 tahun setelah lulus sarjana ̶  ̶ saya beruntung bisa bekerja untuk W. Clement Stone. Ia seorang multijutawan atas usahanya sendiri yang pada saat itu beraset $600 juta. Stone juga merupakan guru kesuksesan nomor satu Amerika. Ia penerbit Success Magazine, penulis The Success System That Never Fails, dan rekan penulis SuccessThrought a Positive Mental Attitude bersama Napoleon Hill.



Ketika saya sedang menyelesaikan masa orientasi minggu pertama saya, Mr. Stone bertanya apakah saya bertanggung jawab 100% atas kehidupan saya.
“Saya rasa ya,” jawab saya.
“Ini pertanyaan ya atau tidak,anak muda. Hanya ada 2 pilihan.”
“Yah, sepertinya saya tidak yakin.”
“Apakah kamu pernah menyalahkan orang lain untuk kejadian apa pun dalam hidupmu? Apakah kamu pernah mengeluh tentang sesuatu?”
“Uh... ya... sepertinya pernah.”
“Jangan dikira-kira. Coba dipikir.”
“Ya, pernah.”
“Baiklah, kalau begitu. Itu berati kamu tidak bertanggung jawab seratua persen atas kehidupanmu. Bertanggung jawab seratus persen berarti kamu mengakui bahwa kamu menciptakan semua yang terjadi pada dirimu. Hal itu berarti kamu mengetahui bahwa kamulah penyebab semua pengalamanmu. Jika kamu ingin benar-benar sukses, dan aku tahu kamusangat ingin, maka akan harus berhenti menyalahkan orang lain dan mengeluh, serta mengambil tanggung jawab penuh atas kehidupanmu ̶  ̶ itu berarti semua hasil perbuatanmu, baik kesuksesan maupun kegagalanmu. Itulah syarat menciptakan kehidupan sukses. Hanya dengan mengakuinyalah ̶  ̶ bahwa kamu yang menciptakan semua sampai sekarang ̶  ̶ kamu bisa mengambil alih kendali untuk menciptakan masa depan yang kamu inginkan.”
“Begini, Jack, jika kamu menyadari bahwa kamu telah menciptakan kondisimu sekarang, kamu bisa membongkar dan menciptakannya kembali sesukamu. Kamu mengerti?”
“Ya, Pak, saya mengerti.”
“Apakah kamu bersedia bertanggung jawab seratus persen atas kehidupanmu?”
“Ya, Pak, saya bersedia!”
Dan saya melakukannya.

Ditulis ulang dari buku “The Success Principles”



Pelatihan Hipnoterapi Basic dan Advanced 7-8 September 2019
Ibis Hotel Gajahmada, Semarang
Tanggal 7-8 September 2019
Pendaftaran 0821-4150-2649
Fasilitator Mr. Ilyas Afsoh
www.hipnoterapisemarang.net

No comments:

Back to Top