ANDA HARUS BERHENTI BERDALIH


Jika Anda ingin menciptakan kehidupan impian Anda, Anda akan harus bertanggung jawab 100% atas kehidupan Anda juga. Hal itu berarti berhenti berdalih, berhenti mengeluh menjadi korban, berhenti menggunakan semua alasan mengapa Anda tidak bisa dan belum sampai sekarang, dan berhenti menyalahkan keadaan di luar diri Anda.


Anda harusbersikap bahwa Anda selalu punya kekuatan untuk membuatnya lain, untuk melakukannya dengan benar, untuk membuat hasil yang diinginkan. Entah karena apa ̶  ̶ ketidaktahuan, ketidaksadaran, ketakutan, kebutuhan untuk benar, kebutuhan untuk merasa aman ̶  ̶ Anda memilih untuk tidak menggunakan kekuatan itu. Siapa yang tahu apa alasannya? Hal itu tidak penting. Masa lalu sudah lewat. Yang penting sekarang hanyalah, malai saat ini, Anda harus memilih ̶  ̶ benar, ini sebuah pilihan ̶  ̶ Anda memilih bertindak seolah (hanya itu yang dibutuhkan, bertindak seolah) Anda bertanggung jawab 100% atas semua yang tidak dan terjadi kepada Anda.

Jika sesuatu tidak berhasil sesuai rencana, Anda akan bertanya kepada diri sendiri, “Bagaimana caraku melakukannya? Apa yang aku pikirkan? Apa keyakinanku? Apa yang tidak atau aku katakan? Apa yang tidak atau aku lakukan untuk menciptakan hasil itu? Bagaimana caraku membuat orang lain itu bersikap begitu? Perubahan apa yang lain kali perlu kulakukan untuk memperoleh hasil yang kuinginkan?”


Beberapa tahun setelah saya bertemu Mr. Stone, Dr. Robert Resnick, seorang spikoterapis di Los Angeles, mengajari saya sebuah rumus yang sangat sederhana tapi sangat penting yang semakin memperjelas gagasan tanggung jawab 100% itu. Inilah rumus itu:
E + R = O
(Event + Response = Outcome)
Yang artinya, Peristiwa + Reaksi = Hasil. Gagasan dasarnya adalah setiap hasil yang Anda alami dalam kehidupan (entah itu kesuksesan atau kegagalan, kekayaan atau kemiskinan, keakraban atau keterpisahan, sukacita atau rasa frustasi) merupakan hasil cara Anda bereaksi terhadap peristiwa yang terjadi sebelumnya dalam kehidupan Anda. Jika tidak menyukai hasil yang sekarang Anda peroleh, ada dua pilihan dasar yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa menyalahkan peristiwa (E) atas hasil (O) yang tidak memuaskan. Kedua, Anda sebaliknya bisa mengubah reaksi (R) Anda atas peristiwa (R) Anda atas peristiwanya (E) ̶  ̶ keadaan sebenarnya ̶  ̶ sampai Anda mendapat hasil yang Anda inginkan.


Ditulis ulang dari buku "The Success Principles"

Pelatihan Hipnoterapi Basic dan Advanced Surabaya
Soho Office Lt. 2
Jl. Ketintang Baru III/79 Surabaya
Tanggal 13-14 Juli 2019
Pendaftaran 0821.4150.2649
www.hipnoterapisemarang.com

Puisi Cinta

No comments:

Back to Top