PENDAPAT DARI PELAKU TERBAIK DI BIDANG SPEAKING


“Saya bermimpi menjadi penyiar, dan bagaimana saya harus berbicara?”
“Saya ingin menjadi dubber, dan bagaimana supaya saya bisa berbicara dengan baik seperti dubber?”
Pertanyaan ini kerap kali muncul dalam kuliah atau ceramah saya. Para mahasiswa yang mulai cemas mencari pekerjaan meminta bantuan kepada saya dengan mata berapi-api. Hati saya menjadi sedih apabila melihat mereka. Kita bisa tahu betapa susahnya mencari pekerjaan. Menurut saya yang telah menghadapi banyak mahasiswa, satu dari lima orang tidak akan mendapat pekerjaan.


 Mungkin karena itu atmosfer di kelas saya salalu panas. Mereka mendengarkan dengan seksama setiap patah kata yang saya ucapkan, karena mereka ingin bisa berbicara dengan baik demi lolos wawancara kerja dan memperoleh pekerjaan yang mereka harapkan. Saya akan menjawab sebaik mungkin pertanyaan-pertanyaan mereka. Saya selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk bisa membantu mereka.

Ada satu pertanyaan yang selalu mereka tanyakan, yaitu bagaimana cara berbicara yang baik untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Bagaimana mereka harus berbicara untuk bisa menjadi penyiar, reporter, pengisi suara, ataupun aktor?


Mereka bertanya bukan tidak tahu jawaban apa yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Mereka sudah pernah mengikuti kursus dan mendengarkan berbagai ceramah umum. Lalu kenapa mereka menanyakan hal tersebut kepada saya? Karena mereka ingin mendengar rahasia khusus dan langsung dari salah satu tokoh di bidang speaking. Mereka semua bertanya dengan menyimpan hasrat besar mewujudkan impiannya. Mereka ingin tahu sesuatu yang tidak dapat dipelajari dari buku ataupun tempat kursus umum. Saya pun menjawab mereka dengan tatapan penuh kasih.
“Bila ingin sukses, berbicaralah seperti orang sukses. Kalian pasti memiliki bidang yang ingin digeluti. Pilihlah satu orang sukses di bidangnya sebagai role model, entah itu siaran, hiburan, manajemen, politik, atau diplomasi. Berlatihlah berbicara layaknya orang sukses sambil mengingat orang tersebut. Baik saat makan, saat mengobrol dengan teman, maupun saat berbicara kepada diri sendiri. Dengan begitu, kalian akan pandai berbicara seperti orang sukses dan mewujudkan impian kalian”.


Ditulis ulang dari buku "Bicara Itu Ada Seninya"


Pelatihan Public Speaking Basic Semarang 24-25 Agustus 2019
Ibis Hotel Semarang
Tanggal 24-25 Agustus 2019
Pendaftaran 0821-4150-2649
www.public-speaking.id

Trainer Motivator Indonesia

No comments:

Back to Top