-->

BILA NANTI AKU TUA RENTA?


   MAKIN TUA MAKIN DICARI   

   Ketika aku melihat sosok lelaki tua yang berjemur di depan rumahnya, sendirian, duduk menatap setiap manusia yang lewat di depannya, ada tanya di dalam diriku, bagaimana nanti aku melewatkan masa tuaku? Ada jawaban bahwa aku ingin menjalani hari-hari tuaku dengan enjoy, gembira, happy dan bahagia, berbagi, di sana ada insight : bagaimana bila mengajarkan menulis? 

Apakah profesi menulis masih akan diminati oleh manusia 30 tahun lagi, di tahun 2032? Menurutku profesi menulis merupakan profesi yang tetap ada sebagaimana profesi bicara, dimana keduanya menggunakan kekuatan pemilihan kata-kata. 

Pertanyaannya adalah apakah ada orang yang mau belajar pria tua berusia 70 tahun? jawabnya pasti ada, bila sang lelaki tua tersebut memiliki personal branding yang kuat, memiliki value terbaik yang tidak tergantikan oleh manusia lainnya. Apa value tersebut? 

Coba perhatikan Ghazaly everyday yang mendadak viral dengan berita besar dari media bahwa 5 tahun jual foto selfie sejak sma di opensea "NFT" Ghazaly menjadi milyarder, hanya foto dirinya setiap hari, konsisten, hal ini menurut ulasan para peneliti di Alan Turing Institute (ATI) : faktor pembentuk harga NFT karena :
  1. Konten dan Fitur NFT 
  2. Penjualan NFT terkait masa lalu 
  3. Komunitas dan Jejaring Sosial Buyer-Seller. 
Ada kekuatan, berupa autentik, asli, dan cerita penciptaan yang kuat. Pertanyaannya, "Cerita apa yang ingin aku buat di usia tuaku?" By the way pada usia berapa seseorang disebut tua? Tulisan seperti ini lebuh banyak adalah dialog kepada diri sendiri, pertanyaan dan aku menjawabnya sendiri. 

BRAND STORY "ONLINE HYPNOTHERAPY INDONESIA"

Awalnya aku mengawali karierku sebagai hipnoterapis online dengan target masyarakat Nusantara yang butuh terapi pikiran, psikis, emosi, dan hati. Aku mengawali online service ini sejak ada pandemi cov-sars 2019 yang terasa sekali dampaknya sejak 2020 Pebruari - dimana lockdown diberlakukan dimana-mana, hingga level dunia. 

Aku sadari bila blog tulisan ini isinya hanya info-info jualan tentu tidaklah menarik, butuh konten tulisan yang memberikan manfaat, Hal ini ternyata didasari oleh meta program "menghindari kesengsaraan" tua - kesepian dan tidak berguna. Maka aku mulai menulis outcome tersebut di sini. Diganti dengan mengejar kenikmatan, "Menjadi Tua Produktif dan manfaat," 

Aku menemukan bahwa artikel blog ini sudah ada ratusan dan bila dijadikan buku tentu sudah lebih dari sekedar satu buku. Tugas tambahannya adalah melakuakn editing dan penyesuaian terhadap isi artikel, potong, buang, tambahkan, sesuaikan kalimat sehingga buku layak baca dan manfaat. 


MENULIS BLOG ADSENSE BAHASA INDONESIA

Aku menulis artikel ini : saldo adsense nya Rp 124.829, dan masih 9%, aku pikir mungkin blog ini dapat dijadikan sebagai passif income saat aku tua nanti, dimana tulisan ini dapat dimonetize sementara aku asyik mengajar menulis blog dan berbagi. Aku pastikan bahwa domain ini tetap terdaftar dan aman - aku berfikir untuk perpanjang domain sampai 10 tahun, per tahun bulatkan Rp 190.000,- 

Bahkan pin adsense juga belum aku dapatkan karena belum mencapai $10 (sekitar Rp 150ribuan), Targetnya sih bukan Pebruari aku dapat request pin, kalau per bulan dapat Rp 17.000 sebagaimana bulan-bulan lalu. Namun Januari 2022 ini baru dapat Rp 3ribu. Aku pikir karen aku menambahkan deskripsi NLP Public Speaking Internet MArketing, Coaching. Blog jadi down. 

Judulnya lebih tepatnya menulis Blog di usia 40 tahun, monetize jasa melalui blog, dan dibayar dari iklan adsense google yang tayang. Kalau mau gajian per bulan maka wajib ditonton minimal 1.300.000 view dengan logika per views Rp1. dan kabar berikutnya iklan view tentang terapi memang kecil - apalagi pembacanya Indonesia, namun ini bukan penghalang. Coba kita tengok lima tahun lagi, tahun 2027. 

MENULIS ITU TERAPI DAN OBAT HATI 

Aku pernah ikut kelas writing therapy online, sayangnya aku kurang intens mengikuti, waktu itu ada pekerjaan offline yang menyita waktu, untungnya materi dapat aku download, simpan di laptop dan dapat aku praktekkan secara mandiri. Kabar gembiranya aku dapat membuka kelas terapi menulis versi diriku sendiri plus perpaduan dengan grafologi. 

Belajar Hipnotis Hipnoterapi Online

Back to Top