Hipnoterapi Bukan Solusi Instan Permasalahan Anda

Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saya menangani seorang klien perempuan dengan masalah bahwa suaminya main serong dengan wanita lain.

Klien saya menjelaskan betapa hancur hatinya, perasaannya, sakit hati, sedih, tak karuan, makan tak enak, tidur tak nyenyak, pikiran entah kemana, padahal sudah sekuat-kuatnya mencoba menenangkan diri, bangun tengah malam, datang ke tokoh agama, namun hasilnya belum signifikan. Begitulah, curahan perasaan klien saya di sesi konsultasi.

Pada tahap awal, sesi hipnoterapi saya membantu klien saya melepaskan semua bebannya, saya pandu dengan serangkaian hypnotic training, kemudian mengantarkannya ke dalam kondisi hipnosis dan sesi terapi dilakukan.

Klien saya tersebut, merupakan klien yang berbeda dibanding klien dengan masalah serupa (suaminya ada affair dengan wanita lain). Bila klien sebelumnya dengan satu sesi hipnoterapi dapat melepaskan semua beban di hatinya, perasaannya, dan punya semangat untuk melanjutkan rumah tangganya. Nah, pada klien saya ini, saya menemukan bahwa masih ada sesuatu yang belum siap dilepaskan semuanya. Masih ada sesuatu yang belum rela untuk dilepaskan, masih ada sesuatu yang saya harus eksplorasi lebih dalam.

Saya pun kemudian menggali perbedaan klien-klien yang pernah saya tangani. Ada yang ketika menelpon dengan nada datar dan menyampaikan masalahnya dengan nada sedih tanpa menangis. Sementara klien yang lain, baru menelpon sudah menangis, menumpahkan luapan emosinya, bahkan berkata, "sudah tak kuat lagi, bisakah hipnoterapinya hari ini?"

Setelah empat jam lebih, dari sesi wawancara dengan klien, termasuk tahapan hypnotherapy, saya pun menuliskan script self hypnosis agar dibaca klien saya sebagai program lanjutan hipnoterapi yang dapat dilakukan klien dengan tata cara yang saya jelaskan sebelum klien meninggalkan klinik hipnoterapi semarang.

Pada kasus klien saya, seorang istri yang suaminya tidak lagi mau pulang ke rumah dan bila pulang hanya mampir sebentar terus pergi lagi dan terang-terangan mengatakan pergi bersama wanita selingkuhannya, saya memberikan jangka waktu tertentu untuk menjadwalkan sesi hipnoterapi untuk yang kedua. Saya pun, menawarkan sesi Personal Coaching untuk membantu segera lepas dari belenggu masalahnya.

Hipnoterapi Sebagai Proses Transformasi

Hipnoterapi merupakan proses penembusan kritikal faktor pikiran sadar (mem by-pass) dan diterimanya sugesti di pikiran bawah sadar. Untuk menembus filter mental dibutuhkan skill khusus yang tidak cukup didapat hanya dengan membaca artikel di google atau melihat video tutorial hipnotist di Youtube.

Untuk membantu klien tersebut, saya memberlakukan dua intervensi berupa interuspi pikiran sadar melalui reframing bahwa segala sesuatu terjadi pasti ada hikmahnya, ada pesan dari pikiran bawah sadar yang perlu ditindaklanjuti, "Mengapa suaminya tega berseungkuh? dan bagaimana merespon dengan bijak perselingkuhan tersebut?"

Diantara pesan bawah sadar itu :

  1. Menyadari bahwa lelaki dan wanita memiliki cara komunikasi dan kebutuhan yang berbeda 
  2. Menjadi istri yang lebih professional, sayang dan perhatian kepada suami dengan memenuhi keinginan sesuai dengan otak pria. 
  3. Menata ulang kehidupan pribadi agar lebih dekat dengan Tuhan secara spiritual dan meninggalkan hal-hal yang tidak berguna
  4. Menjadi Wanita yang tangguh secara fisik dan mental, walau apapun yang telah terjadi di masa lalu dan belajar darinya.  
Selain mencari solusi hypnosis, kami sarankan klien untuk memiliki group support seperti Group Terapi yang kami adakan setiap Jumat sore Jam 16.00-17.00 untuk saling support satu dan yang lainnya. Dengan bertemu komunitas baru, membuat seseorang memiliki dampak (minimal) dapat fokus di pertemuan dan dapat melupakan sesaat permasalahannya - kemudian berbahagia dengan solusi yang di dapat melalui kelompok Master Mind. 

Tidak jarang dengan berjejaring ini, klien hipnoterapi dapat menemukan peluang-peluang baru, harapan baru, pola pikir dan sudut pandang baru, perspektif sdudut pandang ke-2, ke-3, ke-4. Ketulusan komunitas dapat menyentuh hati setiap peserta dan semakin mendukung bangkitnya motivasi klien untuk hidup lebih baik di masa depan. Bahwa Hidup bukan hanya masalah yang dia hadapi. 

17 Program Supporting Hipnoterapi 


  1. Membangkitkan potensi pikiran bawah Sadar Anda
    Dapat dilakukan dengan optimasi otak kanan dan imajinasi, visualisasi - afirmasi - doa.
    Imajinasi bahwa di masa depan kehidupan klien lebih baik lagi - visualisasi positif - keadaan terbaik yang dapat diraih klien.

    Afirmasi :
    Semua yang terbaik, sudah ada dalam diri saya.

    Doa :
    Ya Latief ,
    Dzat yang maha Mengetahui Hal-hal Paling lembut - Lembutkanlah hatiku, lembutkanlah hati pasanganku, hati anak-anaku, dan semua orang yang berhubungan denganku.
    Ya Khobier,
    Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang tersembunyi, bukakanlah rahasia terdalam dari peristiwa yang aku alami, bukalah hikmah untukku , dan kabarkanlah kepada mereka bahwa kuat bersama-Mu.
    .
  2. Memperbaharui kualitas Pikiran Anda- Program Diri Anda,
    Membaca buku-buku motivasi, kitab penyejuk jiwa, pengembangan diri, perbaikan diri, riset ilmiah terbaru tentang perilaku, dan menjalankan program kesederhanaan dalam hidup. Mengajukan pertanyaan ke diri sendiri, " APa Manfaat pikiran ini bagiku?"
    .
  3. Bagaimana Mengelola Otak Anda,
    Memfilter apa pun yang dilihat- didengar- dirasa hanya yang baik-baik saja dalam proses pemulihan diri. Datang ke Pengajian - Kajian positif bersama Coach Ilyas Afsoh - Baik online maupun offline.
    .
  4. Menginstall keyakinan baru yang lebih memberdayakan,
    "Gusti Allah- hanya menguji hamba_nya sesuai batas kemampuan dirinya menanggung ujian,"

    "Tidak ada kata gagal, yang da respon untuk lebih baik lagi,"

    " Hidup adalah pilihan untuk menjadi yang Terabik,"

    " Hidup itu berkontribusi,"
    .
  5. Cara melakukan Terapi terhadap diri sendiri dengan Self Hypnosis, 
    Mulai hari ini, esok dan selamanya kondisi ideal yang saya inginkan semakin mendekati impian-impian saya, disayang pasangan, saling support- saling isi menguatkan.
    .
  6. Mengatasi Sugesti Buruk,
    Langsung Cut ketika muncul gambar-gambar buruk di dalam peta mental kita.
  7. Membuang Ketakutan,
    Menulis semua ketakutan di kertas, kemudian membuang kertas tersebut di sungai mengalir atau dibakar seketika hingga tinggal abu dan abu nya dibuang.
    .
  8. Melepaskan cemas – fobia,
    Kecemasan sebenarnya sebuah emosi yang apabila direspon dengan bijaksana maka hal itu sebenarnya sebuah sebuah antisipasi untuk bersiap-siap menyonsong hidup lebih baik. Atau kecemasan merupakan respon awal agar kita mempersiapkan segala sesuatu dengan sempurna - tanpa celah.
    .
  9. Berdamai dengan diri,
    Mengatur nafas di pagi hari sambil berjemur, bermeditasi, atau doa istighotsah di sepertiga malam, mandi di sendang Nyatnyono Ungaran, berendam di pantai yang kita inginan.
    .
  10. Mengatasi Kesedihan – Duka,
    Memberikan kebahagiaan kepada orang lain, daripada fokus kepada derita kita. bahagia itu ketika kita dapat membahagiakan orang lain. Contoh sederhana membagi nasi bungkus ke tukang ojek - ojek online (ojol), tukang becak dan gelandangan di jalanan, anak jalanan
    .
  11. Menangani hubungan buruk,
    Tidak ada hubungan buruk,ketika kita mulai meniatkan untuk memperbaharui hubungan dengan menghubungi lebih dulu, meminta maaf dan mengungkapkan untuk menjalin komunikasi dengan lebih berualitas dan tidak lagi egois -
    .
  12. Membuat keputusan terbaik,
    Ya, inilah jalan hidup yang saya ambil, Saya bertanggung jawab atas kehidupan saya di masa sekarang karena keputusan saya di masa lalu. KEPUTUSAN SAYA HARI INI, akan menjadikan hidup saya lebihbaik di masa depan.
    .
  13. Memprogram kebiasan baru, Pulih dengan cepat,
    Saya akan menulis 5 hal yang dapat saya syukuri setiap hari selama 21 hari kedepan dengan hastag #Jurnal_Bersyukur
    14/21
    Ilyas Semarang
    1. Saya bersyukur mendapat pelajaran penting dalam bekerja untuk memilih dan konsisten sebagai Trainer, Penulis,
    2. Saya bersyukur menemukan jalur jalur profesi baru yang tidak umum seperti pendampingan menulis pengalaman hidup menjadi buku inspiratif
    3. Saya bersyukur dihadiahi link motivasi video yang membangkitkan ide untuk mendapat banyak kata "ditolak" penolakan
    4. Saya bersyukur pagi ini mendapat akses belajar NLP dari guru yang sangat memotivasi dan menginspirasi "menemukan M hidup"
    5. Saya bersyukur mensyukuri anugerah bersyukur untuk memberikan persembahan terbaik .
  14. Ber-Pasrah – Ikhlas ,
    Tidak ada yang terjadi di dunia ini, kecuali atas kehendak dan Ijin-Nya .
    >
  15. Menikmati Hidup,
    Apapun yang terjadi saya nikmati hidup saya, merasakan setiap hembusan nafas, aliran darah, dan detak jantung serta semua oragan tubuh saya. Bergerak bebas - tanpa beban.
    .
  16. Sukses di 8 Area kehidupan secara sempurna,  
    Memperbaiki Kehidupan di area spiritual, emosional, intelektual, finansial, family, fisik, sosial, liburan, dengan lebih terukur dan terstruktur .
    .
  17. Dan 14 Program Motivasi “Jangan Menyerah” yang sangat Menginspirasi. 
    Diantara program tersebut, saya mentargetkan mendapat 100 kata tidak - 100 penolakan untuk membuat diri saya tumbuh dan berkembang. 


Baca Juga Curahan Hati Seorang Pemuda tentang Puisi Hati 

Back to Top