-->

TRUE STORY 3X HIPNOTERAPI : TIDAK ADA EFEK, KENAPA?

| 5:23:00 PM |

 Sesi Sharing kepada Mas Joko [Nama Samaran] perihal dirinya yang mengalamai social anxiety disorder dan sudah rutin ke psikiater untuk mengatasinya. Di sesi Konseling, kami bertanya apa saja upaya yang telah dilakukan? 

TIGA KALI HYPNOTEHRAPY : TIDAK ADA HASIL

Kami menggali klien, jawabannya diantaranya sebagai berikut," Saya sudah datang Pak ke Hipnoterapis di Kota S dan sudah tiga kali datang, namun saya tidak merasakan perubahan apapun," 

"Apakah Anda dijelasakan dengan detail tentang hypnosis dan hipnoterapi?''

" Dijelaskan Pak, tapi penjabarannya kurang masuk di hati saya, 3x hypnosis - saya masih ingat semuanya - dan saya hanya ingat dengan teknik merobohkan tembok sebagai cara menghancurkan ketakutan saya,"

"Bapak Bayar berapa per sesi?" 

"Rp 300 ribu pak,"

"Lalu kenapa tidak datang lagi?"

"Saya merasa tidak ada dampaknya maka saya beralih hipnoterapi dan datang kepada Pak Ilyas," 


APAKAH HIPNOTERAPIS SEBELUMNYA TIDAK KOMPETEN? 

Dalam hipnoterapi ada dua aliran yaitu : yang fokus menggunakan sugesti, dan yang menggunakan pendekatan analisis - intervensi masa lalu - mencari akar permasalahan. Sementara yang lain menggunakan pendekatan brief therapy : Client center Therapy. Apakah Anda dapat menduga teknik apa yang digunakan oleh sang terapis sehingga beberapa kali sesi - hasilnya tidak optimal?

Saya tidak suka berdebat tentang teknik atau aliran apa yang dipakai, sebab dari pengalaman kami menangani klien, keterampilan sebagai people helper - automatic dengan sendirinya, kami menggunakan gabungan dari banyak teknik, dan fokus pada hasil akhir (outcome) klien. Disertai dengan edukasi yang tepat perihal mind programming kepada klien. 

Saya sampaikan kepada klien bahwa apa yang dialaminya persis dengan klien-klien sebelumnya yang dihipno berkali-kali dan tidak ada hasil signifikan, maka saya sampaikan rahasianya. Diantara kuncinya yaitu kemmapuan menembus filter bawah sadar klien, dan di sesi kemarin ahri Minggu : Klien dapat merasakan kondisi relaks, hipnosis - tidur lelap dan masuknya sugesti untuk transformasi dirinya menjadi pribadi yang lebih baik. 

Saya Mengenalkan State Hypnosis 

dan Ketika Pak Jaka sudah klik dengan kondisi alfa-tetha maka saya pasang Anchornya, sehingga kapanpun Pak Jaka ingin melakukan self hypnosis di rumah, beliau tinggal tekan tombolnya dan self healing dapat beliau lakukan tanpa harus bergantung kepada hipnoterapis lagi. 

Msskipun sudah mampu melakukan hipno mandiri, Pak Jaka tetap kami berikan kesempatan untuk memilih apakah masih mau lanjut di sesi penguatan yang kedua? Dan hal ini saya serahkan kepada bawah sadar klien -  atas kemauannya sendiri - bukan atas paksaann atau manipulasi di sesi hipnoterapi. 

Klien pulang dengan hati bahagia dan paham dengan mekanisme kesadaran diri, mindfullness- awareness - mengalami transformasi diri dengan bimbingan jarak jauh melalui wa groups Hypnosis IAI sebagai bonusnya. Hal ini tidak jarang, menjadikan kami direferensikan oleh klien yang pernah kami layani. 


  1X SESI : SEMBUH - HEBATKAH?

Yang hebat, bukanlah sang terapist - kembali pada kaidah bahwa Tugas manusia berupaya yang terbaik, begitu juga skill kemapuan terapist yang terbaik, tanpa perlu mengklaim dengan janji positioning sebagai layanan paling nyaman di Indonesia, paling cepat, paling murah, atau klaim-klaim lainnya. Sebab membuat janji itu mudah, menepati itu suatu kewajiban, apalagi memberikan lebih dari yang disampaikan (Service Exellence). 

Yang Hebat adalah kehendak Gusti Allah - melalui kodrat dan iradatnya sehingga klien dapat sembuh dengan kita sebagai fasilitator. Jadi tidak perlu sombong dengan banyaknya keberhasilan membantu klien, healer sebagai perantara Tuhan di muka bumi. 

Apalagi bila kita tilik perjalanan klien mencari solusi atas permasalahan dirinya, sesungguhnya pertemuan dengan kita yang cukup satu kali sesi merupakan akumulasi dari pencariannya untuk sembuh. Semua saling melengkapi dan menyempurnakan, boleh jadi di 3x sesi itu sebenarnya sudah ada hasil dan berekasi tetapi klien belum merasakan secara holistik, dan di satu sesi klien menemukan potongan puzzle yang hilang. 

Kembalikan semua kepada Gusti Allah - Lachaula wa la quwwata illa billahi. Tiada daya upaya kecuali atas pertolongan dari Gusti Allah. 


 

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top