-->

HIPNOTIS 5 JARI, MEREDAKAN KECEMASAN BERLEBIH !!!!

 MEMPERKENALKAN HIPNOSIS 5 JARI

Bagi Anda yang penasaran apakah hipnotis lima jari itu? Melalui artikel ini kami berikan penjelasan HLJ (Hipnotis Lima Jari) merupakan praktek dari self hypnosis untuk mencapai relaksasi fisik dan pikiran sehingga seseorang dapat meredakan kecemasan, ketegangan, stress. Prakteknya dapat diterapkan kepada siapa saja, seperti ibu hamil, mahasiswa yang skripsi-nya tidak selesai-selesai, penulis blog dan youtuber. 

Ada banyak tuttorial di internet dalam bentuk artikel blog dan video youtube, jurnal pdf, sampai skripsi mahasiswa, secara garis besar semua membahas urutan dan tata cara hipnotis lima jari yang kurang lebih sama. Dari pengamatan yang saya lakukan, tutorialnya disampaikan dengan tegang, kurang rileks dan bahasa yang digunakan masih agak kaku. 

Maka di artikel ini saya modifikasi kalimatnya agar lebih nyaman untuk dipraktekkan sendiri atau untuk memandu klien  memasuki rileksasi dengan sempurna. Kekurangan berikutnya yaitu pembacaan skript yang kurang penghayatan dan terburu-buru, ada keinginan agar cepat selesai, Hal ini wajar saya temukan sebagaimana peserta training di kelas - kelas pelatihan hipnosis saya. 



PRAKTEK HIPNOTIS 5 JARI 

1. Berikan Instruksi agar klien mengambil posisi senyaman mungkin, boleh duduk dengan rileks, tiduran, duduk bersila, atau duduk di sofa dengan sandaran yang empuk, intinya buat klien merasa nyaman.
2. Setelah klien menentukan posisi paling nyaman, perintahkan untuk memejamkan mata, tarik nafas dengan perlahan, hembuskan dengan perlahan, ulangi sampai 3x atau sesuai kebutuhan klien. Tujuan menarik nafas dan mengeluarkan nafas adalah untuk memindahkan fokus eksternal kepada fokus internal klien. 
3. Amati Postur tubuh klien, apakah sudah mulai rileks dan memasuki hypnoidal, menuju light Trance? Oh ya, untuk membantu klien bertambah rileks Anda boleh menambahkan musik alfa sebagai pengiring, dan aroma terapi, ruangan yang sejuk, suasana yang tenang. 

4. Ajak klien untuk membuka kedua telapak tangannya, letakkan di atas paha bagi yang duduk, atau di samping tubuh bagi yang tidur terlentang. Berikan instruksi dengan lembut, dan pastikan klien memahami kata-kata Anda. 

5. Minta klien untuk menyatukan jari jempol dan jari telunjuk, baik tangan kanan dan tangan kiri. Pada posisi ini, ajaklah klien untuk mengimajinasikan kondisi terbaik dari dirinya. Tubuh yang sehat, bugar, bertenaga, fisik yang sangat prima, bayangkan beraktifitas yang menyenangkan menggembirakan, dan akses aktivitas hari-hari anda dipenuhi dengan kebahagiaan. 

6. Tidak perlu terburu-buru, perhatikan sampai ada senyum mengembang di bibir klien, sebagai tanda bahwa dirinya benar-benar diliputi kebahagiaan, kegembiraan. Ingat fokus Anda adalah klien, bukan pada kalimat-kalimat sugesti yang Anda ucapkan. 

7. Selanjutnya berikan arahan agar klien melepaskan jari telunjuk dan jari jempol dengan perlahan, diikuti tarikan nafas dan mengeluarkan nafas dengan perlahan penuh penghayatan rasa. Lalu setelah beberapa saat ajak klien untuk menempelkan jari jempol dengan jari tengah. Rasakan seperti ada magnet yang saling taruk menarik di ujung kedua jari dan hal ini membuat klien semakin nyaman dan tenang. 

8. Pada kondisi ini bimbingan klien untuk membayangkan dirinya bersama orang-orang yang sangat disayanginya, dicintainya, dan mereka mencontai dan menyayangi klien. Pastikan bahwa setiap sosok yang dihadirkan membuat klien merasa semakin bahagia, Sosok tersebut bisa saja pasangan hidupnya, orang tuanya, ayah bunda, atau mungkin anak-anaknya. 

Berikan kesempatan klien merasakan kondisi yang sangat berkesan ini, diulang-ulang dan dinaikkan intensitasnya, semakain lama semakin kuat, emsoinya semakin memuncak dan bertambah emosi positifnya. Lalu minta klien untuk meresapkan semuanya sampai semapurna tandai dengan melepaskan jari tengah dengan jari jempol. 

9.  Ajak klien untuk memasuki fase selanjutnya yaitu dengan mempertemukan jari jempol dengan jari manis. Pada kondisi yang membahagiakan dan rileks ini, ajak klien untuk menghadirkan pengalaman terbaik di masa lalu, akses peristiwanya, hadirkan kembali gambar-gamabar kejadian yang membanggakan, prestasi yang diraih, imajinasika warna-warninya pengalaman tersebut, suara-suara yang muncul, dan sensasi luar biasa kembali ke masa tersebut. Nikmati dan hayati. 

10. Katakan kepada klien, bahwa semua peristiwa membanggakan tersebut meruapakan sumber daya terbaik yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun untuk menyongsong sukses berikutnya dengan lebih baik, cepat dan mudah. Ajak klien untuk menarik dan menghembuskan nafas dengan perlahan dan membuka jari jempol dan jari manis dengan perlahan-lahan. 

11. Langkah berikutnya bersama tarikan nafas yang perlahan, instruksikan klien untuk menyatukan jari jempol dan jari kelingking kedua tangan, kanan dan diri. Lalu bimbing klien untuk masuk menuju ke sebuah tempat yang bernama tempat kedamaian. Tempat yang sangat nyaman, tempat yang pernah dikunjungi atau sebuah tempat yang ada di dalam fantasi klien. 

12. Tempat nyaman tersebut boleh jadi di alam, gunung, pantai, di depan kakbah, di raudlah, masjid palestina atau mungkin di kamar klien. bebaskan imajinasi klien untuk memilih sesuai kehendak hatinya, masuk benar-benar berada di sana seolah-olah sangat nyata disertai kebahagiaan dan kedamiaan. 

13. Apabila klien terasa merasa cukup, maka klien dapat membuka jari jempol dan jari kelingking disertai tarikan dan hembusan nafas, membuka telapak tangan menghadap ke atas. Dan berikan susgesti untuk mengakhiri semua proses rileksasi ini, dan kapanpun klien ingin masuk ke kondisi yang sangat nyaman, rileks dan damai ini, klien dapat mengulanginya kapanpun dimanapun. Karena semua program ini telah diterima dengan sangat baik oleh pikiran bawah sadar klien. 

14. Bimbing klien untuk siap-siap membuka mata dan mengakhiri sesi hipnotis lima jari, bangun dengan segar, bugar, terberdayakan. Tarik nafas - hembuskan perlahan, ulangi sampai klien siap untuk membuka mata dan saat klien telah sangat siap, perintahkan untuk membuka mata, bangun dalam kondisi yang luar biasa dahsyat. 

SKRIPT HLJ yang Berbeda

Skript ini sengaja saya modifikasi untuk membuat klien lebih nyaman dan mudah mengakses rileksasi sehingga mudah bagi klien untuk meredakan kecemasan, stress, ketegangan, dan masuk ke kondisi damai yang belum pernah dialami sebelumnya. Silakan dipraktekkan sendiri atau digunakan untuk membantu membimbing klien. 


BACA JUGA : KONSULTAN PRIVAT KADER PARTAI POLITIK

ILYAS AFSOH - 0896.1065.9643
TRAINER - TERAPIST - COACH   

SPONSORSHIP

Back to Top