-->

ENSIKLOPEDIA HIPNOTIS HIPNOTERAPI

 BELAJAR HIPNOTERAPI SEMAKIN MUDAH 

Komitmen pribadi saya untuk menuliskan segala pembelajaran dan pengalaman di dunia hipnosis sehingga membuka wawasan pembaca blog dan masyarakat Indonesia. Saya punya visi misi artikel-artikel di blog ini menjadi rujukan bagi praktisi hipnotis hipnoterapi baik dalam menghadapai klien, menyusun skript, inspirasi hidup, motivasi sehari-hari sampai detail paling lembut dari sugesti. 

Membaca tulisan ini tidak serta merta membuat Anda ahli hipnotis dan hipnoterapi kecuali Anda adalah praktisi - trainer- instruktur yang telah mengikuti kelas sertifikasi dan pelatihan hipnosis secara legal, benar dari lembaga atau Trainer yang tersertifikasi seperti IBH (Indonesian Board of hypnotehrapy). 

Bagi Anda yang pemula di dunia hipnotis maka tulisan ini menjadi gerbang pembuka persepsi-persepsi Anda yang tepat terkait dunia pikiran bawah sadar. Anda menjadi lebih aware, sadar, bahwa manusia memiliki dua kesadaran yaitu Pikiran sadar (12%), dan pikiran bawah sadar (88%). 



BERLATIH HIPNOTIS MANDIRI 

Berdasarkan pengalaman di dunia pemberdayaan diri, ada istilah Trainer ( Seseorang yang mengajar karena memiliki Attitude, Skill dan Kompetensi), lalu bagaimana dengan mereka yang mencari ilmu secara otodidak melalui buku, video, tanpa ada guru? Menurut saya pribadi boleh, dengan catatan bahwa mereka juga memiliki guru - sanad keilumuan yang jelas. 

Silakan terus belajar otodidak setelah Anda mengikuti kursus hipnotis hipnoterapi bersama Trainer yang kompeten sebagai Trainer. Dalam kurikulum professional Trainer yang saya ikuti, Bukan hanya karena Anda mampu bicara dan percaya diri lalu anda berhak menjadi Trainer di bidang yang bukan kompetensi Anda, Atau sesuatu yang Anda dapatkan hanya dari Buku-buku, internet dan Video. 

Bayangkan apabila Anda dijadikan obejct dari praktek ilmu hipnotis otodidak, apakah Anda bersedia? mau? Atau bagaimana bila yang dijadikan object tersebut adalah keluarga Anda, sebut saja anak-anak Anda, putra - putri ANda dijadikan objcet uji coba ilmu hipno oleh praktisi yang tidak bertanggung jawab, bagaiaman bila sugesti yang diberikan tidak benar? Salah dan memicu trauma?

Tentu  kita tidak ingin hal-hal buruk terjadi karena sikap dan kebodohan seseorang, percaya diri itu perlu tetapi bila sudah over pd- hal itu tidaklah baik. Semua baik pada takaran yang tepat. 

INDONESIAN BOARD OF HYPNOTHERAPY 

IBH merupakan organisasi pertama dan terbesar di Indonesia yang mempelopori pelatihan modern hipnosis hipnoterapi dalam bentuk workbook, workshop, Training singkat dalam dua hari, sehingga seseorang mengenal dan mampu melakukan hipnosis hipnoterapi secara benar kepada orang lain. 

Saya termasuk member di IBH dengan sertifikasi :
1. CH Certfied Hypnotist 
2. CHt Certified Hypnoterapist
3. CI Certified Instructure 

IBH didirikan oleh Pak Yan Nurindara (Almarhum) - beliau dinobatkan sebagai bapak hipnoterapi Indonesia. Dari literatur yang saya baca dsiebutkan bahwa Pak Yan merupakan lulusan NGH (National Guild Hypnotist). Pak Yan menjelaskan bahwa butuh banyak orang untuk mengenalkan hypno kepada banyak Orang, tidak cukup seorang Yan Nurindra. Maka sejak saya selesai ambil CI, saya fokus buka kelas CH CHt tiap Sabtu-Minggu Awal bulan. 

WORKSHOP HYPNOTHERAPY ONLINE :

Saya mengubah cara-cara bealajar hipnosis yang awalnya hanya tatap muka di Kota Jogja, Solo, Surabaya, Semarang, jakarta, mulai 2021 saya membuka kelas Online hypnotherapy Sertification. Di kelas saya, saya juga mengagendakan untuk belajar secara online dan tatap muka langsung (offline). 

Sebagaimana kelas-kelas offline saya upgrade materi dengan zoom meeting dan wa groups dan Script di  blog ensikolpedia hipnosis. Dengan membuka kelas online hipnoterapi, Alhamdulillah lebih dapat menjangkau peserta dari Papua sampai Aceh - istilahnya dari Sabang sampai merauke. 

Di kelas -kelas Online sudah saya siapkan ebook, video, link zoom dan kelas support berupa kopi darat sebagai pemantapan dan garansi samapai mahir. Hal yang menarik di kelas ini, latar belakang peserta sangat beragam dari dosen, bidan, ahli kecantikan, psikolog, dokter, dan beragam profesi lainnya seperti guru, mantri sunat, kiyai/ustadz, dan lainnya.




KLINIK HIPNOTERAPI 

Beruntung perjuangan panjang Pak Yan dari IBH agar hipnosis diakui oleh pemerintah disambut dengan baik oleh kementrian kesehatan RI, diantaranya terbitnya UU no 61 tahun 2016 yang mengatur hipnoterapi masuk ke pengobatan tradisional -  terapi olah pikir. Dimana para praktisi hipnosis hipnoterapi wajib memiliki surat rekomendasi dari Asosiasi yang diakui oleh pemerintah - contohnya Prahipti. 

Klinik Hipnoterapi sekarang tersebar di seluruh kota kabupaten di Indonesia, dan masyarakat dapat mengakses layanan hipnoterapi terbaik bersama para professional hipnoterapi. Bahkan sekarang layanan hipno terbagi menjadi jasa online dan offline, mengikuti kondisi - kebutuhan klien. Sebagai contoh saat saya dikontak klien dari Hongkong, maka saya berikan pilihan : di awal dengan live terapi- selanjutnya ketemu di Kota Semarang Jawa Tengah.

Klinik Hipnoterapi di Rumah Sakit apakah Ada? Ada atau tidaknya kembali kepada kebijaksanaan rumah sakit, dan perubahan kebutuhan di masyarakat serta perilaku klien. Sepanjang yang saya pahami saat ini, hipnoterapi terpisah dari rumah sakit, karena merupakan layanan terapi olah pikir yang tidak membutuhkan alat apapun, tanpa suntik, injeksi, atau obat. 

Tidak menutup kemungkinan dokter-dokter di rumah sakit juga sudah belajar dan kursus hipnoterapi secara mandiri kemudian melakukan praktek relaksasi kepada klien. Dan nasehat- para dokter lebih ampuh ketika disampaikan saat filter bawah sadar klien telah ditembus melalui conversational hypnosis - waking hipnosis. 

Belajar Hipnotis Hipnoterapi Online

Back to Top