-->

CEK KESOPANAN DIGITAL (MU) - ADAB ONLINE KOMUNIKASI


 Apakah Anda mengeluh dengan sikap Anak Anda yang suka berkata kotor, mengumpat, dan kecanduan game online? Dan Anda bingung bagaimana mengatasinya? Itu kabar baik, banyak orang yang mengalami hal serupa. 

Apakah Anda menduga kalau hal itu disebabkan oleh hp/internet/ youtube? Terinfeksi virus online yang jahat? Kalau Anda mencari kambing hitam, maka itu bukan solusi, solusinya benahi diri, tata kelola diri dan keluarga Anda, Apakah Anda punya cukup waktu bermain dengan Anak Anda? Menyediakan perhatian penuh? ATau hanya lewat dan berlalu begitu saja, mengandaikan mereka hanya karena mereka lahir darimu? 

Sepertinya percuma juga membanting HP/ Gadget, anak tidak akan mengerti dengan didikan seperti itu, kecuali semakin memperkuat pesan ke bawah sadar : Kekerasan dapat dijadikan sebagai cara untuk mendapatkan sesuatu keinginan, Kenapa pesannya jadi jahat begini? 

Aku tidak menyalahkanmu atas kebodohan yang menimpa siapa saja di dunia ini, mungkin para orang tua tersebut tidak sengaja mendapat program bawah sadar dari orang tua sebelumnya yang tidak sengaja juga terdownload dari orang tua sebelumnya, turun temurun. Tetapi menyalahkan DNA leluhur adalah kurang bijak, kecuali kita cari solusi bagaimana memutus rantai Kebodohan tersebut? 

|Dengan menulis atau membaca hal seperti ini sudah memberikan input ke dalam diri penulis dan pembaca betapa pentingnya kita menyadari dan memberi arti atas apapun kejadian yang kita alami untuk menjadi pribadi yang lebih baik, benar dan berbudi luhur. 

Aku cukup terkejut dengan pertanyaan, "Apakah tindakanmu itu Benar atau Bodoh?" kalimat ini dapat digunakan untuk menyikapi diri sendiri, atau tindakan orang lain, nama lainnya jangan berhenti mencurigai diri sendiri, "Aku ini Benar atau Bodoh, sehingga aku mengalami hal ini?" "Apakah Sikapku ini Bijak atau Bloon?" "Apakah ada duitnya hal ini?"

Kembali pada Anak yang suka berkata kotor, hal itu adalah refleks atau kebiasaan dari bawah sadar, bagaimana bila anak-anak tersebut dibiasakan membaca Sholawat Nabi bersama-sama, baca quran bersama-sama dan  melatih lisannya untuk berdzikir, mengucap, "Maaf, Tolong, Terimakasih," Kalau sudah ingat hal ini - pengen rasanya buat camp untuk anak-anak dan remaja , membuat mereka sadar diri atas potensi terbaik mereka. 

"Seorang penulis menulis bukan karena ia terpelajar, bukan untuk membuktikan bahwa ia terpelajar, tetapi karena ia memiliki sesuatu untuk disampaikan. |Dan penulis yang baik menyampaikan sesuatu dalam cara berbeda, dalam penyajian yang membuat pembacanya merasa bahwa membaca adalah pengalaman yang menyenangkan" A S Laksana. 

Sebelum CALL WA, Chatt Dulu 

Kamu gemes gak sih kalau di wa call oleh nomor baru yang tidak di kenal, apalagi langsung video call wa? Mana penampilanmu saat di vidcall lagi di kamar dan tidak pakai baju, atau awut-awutan, bukankah itu sebuah privasi? Maka dari sini - cobalah untuk ijin apakah diijinkan menelpon atau video call? 

Kalau Chat WA, jangan lupa perkenalkan diri dulu, nama, alamat, usia, tujuan, ini merupakan etika dalam bersosial media. Terus kalau chatt itu, langsung jawab dan kalau ditanya jawab, jangan mau menang sendiri aja, tanya terus tapi gak mau jawab saat ditanya balik #EGOIS 

Jangan hamburkan waktu orang lain dengan mengulur-ulur waktu saat chatting, to the point saja karena orang lain punya waktu khusus dan prioritas untuk diselesaikan. Maka jangan heran bila nomor wa mu sering diblokir karena perilaku spam - mu tanpa ijin langsung chatt menawarkan sesuatu. Kalau mau di chatt oleh calon konsumen - buatlah materi promosi untuk mengundang mereka chatt ke kamu #Sederhana  Kalau butuh Mentoring promosi online, Hubungi aku di nomor wa blog ini, dan itu berbayar tidak Gratisssssss. 

KITA SEMUA TERHUBUNG 

Tetapi ada satu hal yang membuat kita tidak pernah bertemu, yaitu prioritas! Apakah kamu menjadi prioritasku? Atau aku adalah prioritasmu untuk menjadi wasilah perubahan dirimu? Maka tidak heran bila ada perempuan yang kamu sukai tetapi tidak memberikan perhatian padamu karena kamu tidak jadi prioritasnya, mungkin hal yang penting baginya adalah suami dan anak-anaknya, pekerjaanNya, melayani suaminya bukan melayani pikiran kotormu #paham_sekarang ?

Cara untuk jadi prioritas wanita tersebut adalah dengan menjadi suami atau anaknya, (Lha angel kan?) maka pertanyaan sederhanya menarik perhatian wanita tersebut baik dengan harta, ilmu, pelet atau lainnya adalah tindakan benar, bijak atau Bodoh banget? Apakah wanita itu cantik banget sepeerti artis di TV atau hanya fantasi liarmu terhadap tetanggamu yang kebetulan bertubuh molek tetapi kulitnya Coklat? #parah_Loe 
 

Belum kalau kami save nomor wa wanita / pria tersebut dan kami coba menggodanya dengan chatt-chaat yang kamu ada-adakan, bukankah hal itu tidak sopan? Ingat selalu ada etika sebelum kamu dahulukan kesenangan dan kegembiraan pribadimu, maka ada aturan untuk tidak pesta pora dan ramai-ramai di atas jam 11 malam kecuali kamu pesta di night club, jangan coba-coba melakukannya di kawasan perumahan atau desa religius #ngundang_dhemit 

NAGIH HUTANG SECARA SOPAN VIA DIGITAL 

Aku ada pengalaman menagih hutang secara online, tidak banyak sekitar Rp 7,5 Juta kepada seseorang dan alhamdulillah dibayar. Aku menagih setelah jatuh tempo 2 bulan yang dijanjikan, ternyata orangnya ngutang BRI untuk melunasi hutang padaku. Kalimatnya sederhana, "De, sudah melewati batas waktu yang ditentukan, tolong dong kewajiban dibayar," Jawaban dari sana, "Siap". 

Cara-cara ini menggunakan mind programming ditambah dengan keilmuan gendam sehingga orang lain nurut, ingat hal ini butuh kombinasi yang tepat antara komunikasi sadar dengan hypnotic language pattern dan komunikasi bawah sadar target yang kita bidik. Tidak Instan, dan tidak gratis seperti dugaan banyak orang, ingat semua butuh proses (Pengorbanan dan Uang). #MAHAR 

SPONSORSHIP

Back to Top