-->

MENGAPA ADA FILM HOROR?

 1. Karena Pasar-Nya Ada 

Hal inilah yang menjadi sebab utama kenapa ada film horor di dunia, Ada pasar untuk film horor Amerika, Film Horor Thailand, film horor Indonesia, film horor Korea, Film horor India, Film Horor China. Dan pasar nya ada di setiap Negara. 

Yang jadi pembeda adalah genre, ada yang menyukai film horor hantu, sementara yang lain suka hal-hal yang serem, ekstrim. Nah di sinilah menurutku pembeda-nya. Mindset yang dibangun oleh pembuat film dan penulis skenario, definisi film horor itu apa? 

Ketika aku masih kecil, di TVRI - aku pernah melihat film Friday 13 dimana ada boneka yang bisa hidup dan menghabisi nyawa manusia diiringi musik-musik yang mencekam. Sementara di Indonesia film horor-nya yang dimunculkan adalah mitos seputar malam jumat kliwon, film malam satu suro, kemudia setan-setan rekaan yang di setting menakutkan - dimana peran terbaik difilmkan oleh Suzana. 

Kenapa tiba-tiba mengulas hal ghaib di Blog?

Sebab secara kultur dan budaya di Indonesia, hal-hal misterius, mistik, dianggap ghaib, sampai perihal klenik, tanpa sadar terus diajarkan - disebarkan dari waktu ke waktu dari generasi ke generasi. Tengok saja film horor di bioskop yang lagi viral di sosial media, cerita mistis di channel youtube, tiktok, penontonnya ramai. 

Konon kalau kita nonton satu saja tayangan terkait hal ghaib, setan, pocong, kuntilanak di social media maka algoritma mesin akan mengarahkan tontonan sejenis sehingga yang muncul adalah apa yang pernah kita lihat sampai habis, apalagi bila mengiikuti filmnya secara berjilid-jilid, ini yang menjadikan seseorang kecanduan. Sulit berhenti. 

Gara-gara nonton iklan Film Mungkar di Tv, mendadak di tiktok muncul potongan film-film mungkar, trailer sinden gaib, pemandi jenazah, ilmu pelet, losmen apalah. Ya seperti itulah vibrasi, ketika kita memberikan perhatian maka hal-hal sejenis secara getaran /vibrasi yang frekuensi sama mendadak dimunculkan ke kehidupan kita. 

VIBRASI Berlimpah Uang Dong!!!!

Daripada mengulas sundel bolong, gendruwo, mak lampir, setan online dkk nya mending menarik vibrasi keberlimpahan dalam hidup ini. 

"Caranya Bagaiamana?"

"Caranya dengan memberikan perhatian, pengamatan, dan bertanya bagaimana aku mendapat keberlimpahan dalam hidup ini?" 

Perhatikan siapa orang yang memiliki keberlimpahan dalam hidup ini? Lihat saja sekitaar dimana Anda tinggal, cek rumahnya, kendaraan dan penampilannya, lalu cek seperti apa spiritualnya, Atau Kita dapat melakukan cek dari cerita-cerita - pelajaran berharga yang pernah kita terima. 

Jawabannya otomatis langsung muncul di dalam benakku : Nabi Muhammad SAW, Nabi Sulaiman AS. 

Bila kita modelling Profil Rasulullah Yaitu FAST ; 
1. Fathonah (Cerdas) 
2. Amanah ( Dapat dipercaya, kredible) 
3. Sidiq (Jujur)
4. Tabligh ( Menyampaikan / Komunikatif) 

Beberapa waktu yang lalu, aku membaca postingan Om Popa tentang Berlimpah, secara sederhana beliau menyederhanakan Abundance itu Berkah, Mbleber, Yaitu Sikap Berlimpah, bukan sekedar keadaan, tetapi sikap dan perbuatan yang terlahir dari rasa. Ujung dari rasa untuk berbagi yaitu rasa cukup saat ini sehingga siap untuk berbagi- Qonaah. 

RElate dengan hal itu maka tumbuhlah keikhlasn untuk berbagi, yaitu sikap untuk sikap memberi tanpa berharap kembali dari sesama. sebagaimana tanda ikhlas yaitu memberi kepada mereka yang tidak mampu membalas. lebih jauh om popa menjelaskan - bahwa kita menjadi Rahmat ketika kita memberi kepada orang yang tidak pantas menerima, yaitu orang yang tidak meminta dan tidak ada kontrobusi apapun pada keadaan kita. 

Jangan hanya mengejar keadaan, karena itu baru "instrumental value". Capailah "terminal value"; sikap dan perbuatan termulia menurut the best version of self.




DAMPAK FILM HOROR

Bagi sebagian orang dengan kesadaran tinggi dapat menganggap bahwa film horor hanya hiburan, tontongan dengan ketegangan tertentu, tetapi bagi sebagian orang yang rendah kesadaran berfikirnya maka menonton film horor dapat mejadi Pembodohan. 

(UPDATE) FILM HOROR MEMINTA KEADILAN...

Aku tidak menduga apabila film Horor Vina terkait korban pembunuhan dan perkosaan gadis Cirebon menjadi viral di sosial media dan sekarang ditangani oleh pengacara kondang Pak Hotman Paris Hutapea, beliau menjadi tim pembela atas kasus pembunuhan ini, yaitu Vina dan Eky pacarnya (yang ternyata juga anak polisi). 

Berdasarkan riset dan komentar yang aku baca dari netizen, 
Konon 3 DPO yang belum ketemu diduga adalah anak dari orang berpangkat tinggi di Kepolisian sehingga saat ini - sejak 8 tahun  yang lalu kasusnya tidak tersentuh, sementara 8 pelaku sudah divonis. 

Saat aku buka Instagram, aku melihat akun bang Hotman Paris yang berfoto dengan presiden RI Pak Prabowo - apakah ini artinya pelaku dan orang tua mau melawan Presiden yang mendukung Pak Hotman? Entahlah- Mari Berdoa bersama, Gusti, Panjenengan Mboten Sare, Gusti Paringono kito keadilan ing alam dunyo meniko, Amiin. 

Dari sini kita dapat mengambil hikmah bahwa- tidak selalu film horor membodohkan umat, meskipun faktanya memang kadang penonton yang dituntut untuk lebih cerdas dalam memilih tontonan, bukan hanya meminta sutradara, skenario film dengan cerita bermutu. 

Nyatanya film horor dapat mengusik ruang publik ketika viral dan kasus dibalik film tersebut direspon oleh masyarakat dan orang-orang penting  yang peduli dengan rasa keadilan sosial. 
Jadi .kesimpulanNya berkaryalah dengan cara-cara terbaikmu. 

HYPNO-SLIDE

Back to Top