-->

Anak Susah Makan (Pengalaman Orang Tua : Parenting Tips)

Perasaan sedih, susah galau dialami oleh Lina dan Yoyok pasangan muda dengan anak semata wayang "Rio" usia tiga tahun dengan kondisi susah makan, sudah diberikan sayuran, ragam makanan, dan bebagai cara telah ditempuh tetapi hasilnya belum optimal. Hingga suatu ketika Lina mendapat kabar bahwa hipnoterapi kepada anak dapat menjadi solusi, maka Yoyok dan istrinya sepakat datang ke klinik hipnoterapi IAIH Ilyas Afsoh Institute of Hypnotherapy Indonesia di Semarang.

Pasangan suami istri itu menceritakan semua hal terkait anaknya yang susah makan bahkan tidak mau makan. Berharap bahwa dengan hipnoterapi dapat merubah kebiasaan anaknya untuk lahap makan, doyan makan agar badannya lebih berisi.

"Untuk Anak usia di bawah tujuh tahun, hipnoterapi lebih baik dilakukan oleh orang tuanya," kata Hipnoterapis IAIH menjelaskan.

"Caranya Pak?" Tanya Lina dengan antusias demi buah hatinya.

"Sebelum saya jelaskan lebih detail, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebagai orang tua perihal hipnosis - dunia anak dan fungsi orang tua - parenting,"

"Baik Pak," Jawab Yoyok dengan mata tak berkedip.

Hipnoterapist Indonesia IAIH yang juga buka praktek di Jakarta, Solo, Jogja, Surabaya Gresik, Denpasar, Batam, Papua, Balikpapan, Bandung, dengan sistem janjian terlebih dahulu, antara klien yang datang ke Semarang atau Terapist yang mengunjungi klien memaparkan temuan di lapangan sebagai berikut :

Baca Juga Hipnoterapi Adalah (A sampai Z)


  Solusi Bocah Sulit Makan 


  1. Memberikan jamu temu ireng, kebiasaan orang tua di desa mencekok-i dengan paksa ramuan khusus dan hasilnya anak-anak langsung suka makan, rasa temu ireng yang diparut dan diperes memang pahit, dibutuhkan teknik strategi khusus agar anak dapat meminumnya . Tidak lama berselang, Anda menjadi doyan makan.
    .
  2. Suplemen tambahan dapat diberikan, diminumkan langsung atau dicampur di minumannya, di Apotek dijual bebas, atau Anda dapat konsultasi dengan dokter anak, suplemen -vitamin tambahan apa yang terbaik cocok dengan anak.
    .
  3. Variasi makanan, dari sayur soto, bayam, sop, rawon, pecel, lauk tempe tahu, mujair, udang, bubur ayam, sesuai dengan kreativitas orang tua, apakah sosis, nuget, telur, atau ayam goreng dengan bentuk unik seperti bento mobil, bento boneka, bento tokoh kartun, atau mungkin order nasi kotak nasi kuning semarang.
    .
  4. Pengalihan Fokus - Anak-anak yang sedang fokus dan asyik bermain bagi sebagian orang tua, menjadi kondisi terbaik untuk makan dengan lahap. Bocah senang mainan dengan seru, sehingga dia langsung hap ketika makanan dimasukkan ke mulutnya dengan sendok, tanpa perlawanan. Sesuap demi sesuap sampai habis tak bersisa - Jadi temukan permainan kesukaan Anak.
    .
  5. Sugesti hypnosis di Malam hari sebelum tidur
    “Mulai hari ini, besok dan selamanya, adik suka makan nasi dan sayur dengan lahap,”
    sugesti diucapkan-dibaca setiap malam saat anak sudah mengantuk menuju tidur lelap. Sugesti terus dibaca setiap hari oleh Ayah atau Bunda. Hypnosleep
    dapat dipelajari dan diajarkan oleh Instruktur Hipnosis kompeten melalui sertifikasi hipnoterapi.
    .
  6. Sikap Orang Tua [Attitude]
    Hendaknya orang tua bersabar dan bersyukur menghadapi anak-anak, gunakan kata-kata rayuan - bujukan - persuasi agar anak bersedia mau makan, janganmemarahi anak, Ayah Bunda hendaknya kreative mencari cara-cara baru agar Ananda bersedia makan.
    .
  7. Ajarkan anak #state_makan melalui berdoa, bersyukur kepada Gusti Allah atas anugerah, limpahan nikmat berupa sehat, hidup dan rejeki berupa makanan yang tersaji di hadapan kita. 

Kondisi Trance/ Auto fokus seorang anak, diantaranya ketika ulang tahun, di moment tersebut berikan sugesti terbaik melalui doa-doa terbaik bagi kesuksesan anak lahir batin plus sisipkan doyan makan, makan makanan halal, sehat kuat cerdas.  


Demikianlah sepintas kisah Lina- Yoyok dan Rio terkait permasalahan anak, nafsu makan anak, mereka pulang dengan gembira karena telahmenemukan solusi terbaik dengan pendekatan hipnosis, PR bagi mereka yaitu hypnoparenting - mendidik-melatih-mengasuh anak dengan pendekatan hipnosis (program pikiran bawah sadar). 

Apakah Hipnoterapi Efektif bagi Anak? 

Hipnosis sangat bagus bagi anak dengan maam permasalahan apapun termasuk mogok makan, susah makan, tak punya nafsu makan, dengan syarat orang tua paham proses kerja pikiran dan cara benar membuat sugesti positif seperti yang dicontohkan dalam poin nomor lima di atas. 

Perhatikan poin utama sebelum menghipno anak-anak : 

 Critical factor Anak terbentuk saat anak berusia tiga tahun. Critical factor akan menguat dan semakin tebal seiring dengan pertumbuhan anak. Filter ini menjadi sangat tebal/kuat saat anak berusia antara 11 hingga 13 tahun.
Anak dibagi menjadi 3 kategori. Pertama, kategori sangat muda dengan rentang usia sejak lahir hingga 5 atau 6 tahun. Kedua, kategori mudah antara 5 hingga 10 atau 11 tahun. Dan kategori ketiga adalah remaja, usia 12 tahun ke atas.
Untuk kategori remaja maka prosedur atau teknik terapi yang digunakan sama dengan yang digunakan untuk orang dewasa. Sedangkan untuk kategori sangat muda dan muda caranya agak berbeda. 

Baca Juga Kenapa Anak Mogok Sekolah dan Solusi terbaiknya

Back to Top