-->

Hipnoterapi Adalah

Definisi Hypnosis dapat dinyatakan sebagai situasi yang nyaman dan menyenangkan dalam lingkungan yang terkendali. Dalam kondisi hipnosis terjadi perubahan ritme nafas sebab otak membutuhkan suplai oksigen lebih banyak dalam menghidupi situasi yang berbeda dari kondisi sadar menuju bawah sadar, mulut menjadi kering, dan Rapid eye movement (REM) : kondisi otak berusaha melawan dengan menstimulasi mimpi untuk melepas tekanan. 

Hipnosis Adalah Kondisi seseorang yang sangat fokus terhadap satu hal sehingga seolah-olah lupa terhadap objek yang lain, tertembusnya filter pikiran sadar, dan diterimanya sugesti di pikiran bawah sadar.

Hypnos : Dewa Tidur Yunani

Hipnosis ada yang menyebutnya kondisi Trance - Tranz - Trans. Maka stasiun tv yang menggunakan nama Trans TV - sepertinya paham betul membuat pemirsanya masuk kondisi trans - menikmati sampai kecanudan menonton acara yang disajikan di TV tersebut.

Hypnotist adalah Subject atau pelaku yang mengantar klien menuju kondisi hipnosis, sebagai perbandingan seperti ini : pemain gitar disebut gitarist, pemain piano disebut painist, dokter gigi disebt dentist, maka pelaku hipno disebut hypnotist. 

Hipnoterapi adalah Terapi dengan menggunakan kondisi hipnosis, atau terapi dengan hipnotist. Hypnotherapy sebagai cara efekti, cepat, efisien untuk mengobati pikiran yang sakit, pemrogramman ulang , re-edukasi, dan menjangkau pikiran bawah sadar klien.



7 Mitos- Mitos hipnotis : 

Kesalahpahaman dan pandangan yang salah terkait dengan hipnsosis di kalangan masyarakat awam karena salah informasi, informasi tidak lengkap, atau korban media yang gagal paham tentang hipnosis, dan hal lainnya :
1. Hipnotis menggunakan kuasa gelap - kekuatan hitam - 
2. Hipnotis digunakan untuk menguasai pikiran orang lain 
3. Hanya orang-orang bodoh yang dapat dihipnotis 
4. Bila terhipnotis akan dipermainkan melalui permainan-permainan lucu 
5. Hipnotis itu Sihir 
6. Hipnotis digunakan untuk kejahatan
7. Hipnotis untuk membongkar rahasia seseorang

Kaidah Benar Hipnotis : 

 All Hypnosis is Self Hypnosis Artinya Semua Hipnosis adalah hipnotis diri sendiri. 

Melalui artikel ini, saya luruskan pemahaman yang kurang tepat terkait hipnosis : 
  1. Hipnosis itu murni komunikasi, menembus pikiran sadar menuju ke pikiran bawah sadar 
  2. Hypnosis dapat dilakukan dengan persetujuan, apabila ada penolakan maka kemungkinan besar gagal, klien bersedia dihipno. 
  3. Orang-orang yang berpendidikan tinggi yang justru mudah dihipnosis, karena orang dengan pendidikan rendah - bila tidak nyambung dalam komunikasi maka sulit ditembus filernya,  sulit masuk ke kondisi Trans
  4. Sugesti Permainan yang bertentangan dengan value klien, langsung ditolak oleh klien 
  5. hipnosis merupakan fenomena psikologis alamiah yang sering dialami banyak orang 
  6. Hipnosis digunakan untuk menolong sesama melalui hypnotherapy 
  7. Hipnotis yang menampilkan membongkar rahasia seseorang merupakan entertainment dan permaian dengan skenario. 
 Membahas hipnotis - hipnoterapi kita awali dengan membahas konsep pikiran manusia, cara kerja pikiran. Pikiran manusia terbagi mejadi dua : pikiran sadar (PS) dan pikiran bawah sadar (PBS). Pengaruh dan peran PS bagi tiap orang sebesar 10-12%, dan PBS  antara 88-90% mempengaruhi kehidupan seseorang. Keduanya saling mempengaruhi dan beroperasi dengan cara yang sangat cepat. 

Empat Fungsi pikiran sadar Manusia   

  1. Mengidentifikasi informasi yang diterima melalui panca indera - penglihatan, pendengaran, pemciuman, pengecap, sentuhan, perabaan.
    Contoh : Anda melihat brosur atau iklan online perihal Motivasi Hidup - meningkatkan kualitas hidup dengan hipnoterapi, maka Anda mulai mengidentifikasi - ooh ada info seminar - training, apakah berbayar atau gratis, siapa pembicaranya, dan seterusnya.
    .
  2. Membandingkan informasi yang masuk dengan database yang ada di pikiran bawah sadar (referensi, pengalaman hidup, setiap informasi).
    Informasi di nomor satu kemudian Anda bandingkan dengan data yang sudah ada di dalam diri Anda, bahwa untuk mendapatkan motivasi hidup seseorang dipenagruhi meta program-nya (NLP) apakah internal atau eksternal, apakah benar Anda butuh hipnoterapi atau malah jadi blogger adsense, internet marketing jual madu anak Anatuk, atau menulis bukuinspirasi bersumber pengalaman hidup kemudian terbit di Afsoh publisher
     .  
  3. Menganalisis data-data yang ada
    Proses nomor satu dan nomor dua dilanjutkan dengan analisis, mana yang benar-benar terbaik bagi Anda. Ada isntrumen tambahan seperti kondisi terbaik yang Anda inginkan dengan sumberdaya Anda, Anda ingin hipnoterapi tetapi terkendala dengan jauhnya terapis yang ada di Semarang-Jakarta, Atau Anda mau memulai motivasi hidup dengan cara-cara gratis seperti sosial media atau membaca Sholawat Nabi.
  4. Mengambil keputusan. 
    Dari serangkain proses nomor 1,2 dan 3 akhirnya Anda memilih untuk menekuni menulis blog dengan berbagai niche, volume pencarian yang tinggi (high) dan Score SEO yang easy, kemudian action dengan membuka hypno-jodoh, menulis buku Parenting Mastery, menjadi petani kota, atau keputusan lainnya.   
Semantara itu pikiran bawah sadar memiliki 8 peran penting dalam menentukan kehidupan seseorang - yang dampaknya dapat dilihat dari kehidupan seseorang, entah ia menjadi hipnoterapis, penulis, trainer, terapis, motivator, pebisnis, investor, pekerja atau profesi lainnya. 

Saya sering mendengar Trainer-Motivator berbasis hipnosis mengatakan bahwa pikiran bawah sadar memiliki pengaruh yang lebih besar dari pikiran sadar, maka saya mencari seperti apakah fungsi utama PBS? sehingga dampaknya begitu dahsyat menentukan perjalanan hidup manusia, pencarian tersebut saya tuangkan di artikel di bawah ini : Hypno-Selling

Delapan Peran Pikiran Bawah Sadar :
Praktek Jualan Madu Anak Batuk Anatuk

  1. Kebiasaan (Baik-Buruk-refleks)
    Kebiasaan baik dalam jualan madu Anatuk bersifat positif dan produktif, contohnya memposting di status WA - IG -FB - dan menulis artikel terkait kunyit yang berfungsi sebagai antibiotik alamiah yang terdapat di bahan baku Anatuk.

    Kebiasaan Buruk dalam Jualan Anatuk : menulis blog berlebihan- berjam-jam sehingga lupa waktu makan- sholat- bermain - begadang demi closing toko online Anatuk Indonesia.

    Kebiasaan Refleks : Setiap ada klien chatt di wa selalu bertanya dengan siapa? dimana? Apa yang dapat kami Bantu? - Mengirim tagihan untuk ditransfer dan konfirmasi- cek transferan -packing madu- kirim via jne atau kantor pos.
    >
  2. Emosi
    Merupakan perasaan seseorang dalam berjualan Anatuk di kondisi normal, situasi darurat wabah, masa pandemi COvid 19 Corona, perasaan terhadap pembeli yang langsung transfer dan pembeli anatuk yang banyak tanya gak transfer-transfer apalagi batal.
    >
  3. Memori Jangka Panjang
    Merupakan tempat penyimpanan informasi yang bersifat permanen. Misalnya Orang butuh informasi blog hipnoterapi langsung keyik hipnoterapi semarang dot net, orang butuh Anatuk langsung chat https://wa.me/6289610659643.
    Dan ada memori yang hanya dapat dipanggil ketika klien dalam kondisi hipnosis- bukan kondosi sadar.
    .
  4. Kepribadian
    Karaktek individu dalam berhubungan dagang dengan suplier madu- produsen anatuk- penjual dan pembeli madu Anatuk dari Sabang sampai merauke - Aceh hingga papua. Apakah Madu tersebut dijual online atau Offline dalam kehidupan sehari-hari.
    .
  5. Intuisi
    Perasaan penjual Anatuk secara instingtif untuk memenuhi kebutuhan obat anak batuk secara alamiah - herbal madu dengan pasar Indonesia khususnya Sulawesi dan Kalimantan. Intuisi menjual Anatuk berhubungan dengan spiritual untuk memberi manfaat menolong anak-anak batuk dengan obat yang tidak mengandung antibiotik kimia.
    .
  6. Kreativitas
    Kemampuan Penjual ANatuk untuk membuat copywriting yang mengedukasi bukan membohongi apalagi bombastis dengan segala macam janji-janji surga berlebihan. Kreasi yang tidak bertentangan spiritual penjualnya - mewujudkan generasi Qurani dengan Sehat bersama Anatuk Herbal.
    .
  7. Persepsi
    Sudut Pandang penjual obat anatuk herbal dalam melihat tingkat persaingan obat batuk herbal yang sangat sengit di marketplace seperti tokopedia - shopee - lazada .
    .
  8.  Belief dan Value
    Keyakinan yang dianggap benar oleh sang Penjual Herbal Anatuk sebagai pelega tenggorokan karena mengandung jahe merah, ekstrak madu dan herbal pilihan lainnya sehingga aman bagi anak usia 2tahun ke atas, plus lolos uji POM untuk obat dan makanan. Value dari Penjual Anatuk bahwa menual anatuk merupakan ikhtiyar usaha menjemput rejeki - bukan ongkang-ongkang kaki karena rejeki telah ditanggung.

    Belief dan Value yang memberdayakan sangat penting dimiliki penjual herbal, penjual beras semarang, Penjual nasi kotak Surabaya, Gudeg Jogja, Tambal ban Jakarta, Trainer Motivator Indonesia, Coach Semarang, Petani Gresik, sehingga hidup dalam kondisi terbaik - berdaya bukan putus asa. 


Pengamatan Milton H Erickson - Maestro Hypnotherapy  

  1. 1. Kemampuan pikiran bawah sadar terpisah dengan pikiran sadar 
  2. Pikiran Bawah Sadar sebagai Gudang Penyimpanan Informasi 
  3. Pikiran bawah sadar merupakan potensi yang belum dioptimalkan 
  4. Pikiran bawah sadar sangat cerdas
  5. Pikiran bawah sadar bersifat Sadar 
  6. Pikiran bawah sadar mengamati dan memberikan respon dengan jujur 
  7. Pikiran bawah sadar menyerupai pikiran anak kecil 
  8. Pikiran bawah sadar merupakan sumber emosi 




Jangan Lewatkan : Info Pelatihan Hipnoterapi 
Back to Top