-->

Adakah Ayat Hipnotis di dalam Alquran? | Hypnotic Verses in the Qur'an

"Kondisi Hipnosis pada seseorang - kesadarannya berpindah dari pikiran sadar ke Pikiran Bawah Sadar,"

 1. Definition of Hypnosis

Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI mendefiniskan Hipnosis adalah keadaan seperti tidur karena sugesti, yang pada taraf permulaan orang itu berada di bawah pengaruh orang yang memberikan sugestinya, tetapi pada taraf berikutnya menjadi tidaks adar sama sekali. Sedangkan kata hipnotis adalah menyebabkan seseorang berada pada kondisi hipnosis. 

Fakta dan Mitos Hipnotis yang beredar di masyarakat terbagi menjadi dua, yang sudah tercerahkan dengan hipnosis melalui pelatihan-training,seminar dan diskusi tepat dari narasumber kompeten. Kubu kedua masyarakat yang masih awam dalam memahami hipnotis dan dianggap berkaitan dengan kuasa kegelapan, sihir, karena membuat orang lain dikuasai pikirannya. 

Seorang praktisi menjelaskan bahwa hipnosis dapat diartikan sebagai kondisi relaks, fokus dan konsentrasi. Dan Ahli hipnosis sebagai pemandu- penunjuk jalan, karena ada guide maka Anda merasa aman dan nyaman ketika memasuki Kondisi Hypnosis. Pertanyannya apakah hipnosis ada di dalam ayat suci kitab umat islam? 

2. Qur'an As a Miracle

Alquran sebagai Mukjizat Nabi Muhammad SAW, sebagaimana mukjizat para Rasul terdahulu misalnya : Nabi Ibrahim selamat dari dibakar Api Raja Namrud - bahkan merasa kedinginan, Tongkat Nabi Musa dapat berubah menjadi ular dan membelah laut merah, Nabi Isa yang mampu menghidupkan orang yang sudah meninggal, menyembuhkan orang buta. 

Saya belajar membaca Alquran kepada Cak Sabar di Mushollah Bahrul Ulum Kelmapok Tenaru Driyorejo gresik, menggunakan metode turutan - Alquran cetakan Iraq- zaman kecil saya belum ada qiroati, iqrok dan yanbua. Ajaibnya, kami santri ndeso itu mampu baca alquran dengan lancar. SAnad keilmuan Cak Sabar berasal dari Pondok Pesantren di Cilacap. 

Tafsir Alquran pertama yang saya pelahari berasal dari Ustadz Nurchasan Tenaru di Ngaji Yasinan tiap Senin badha Isya- Jamiyah yasin tiap senin malam dari rumah ke rumah jamaah. Usai baca yasin- Cak Chasan membacaTafsir Surat Yaasin. Belajar Tafsir berikutnya dari Abah Muslich Kemlaten- yang masih family dari Pondok Pesantren Mas Dungduro- masih famili ke MAS Sidosermo Ndresmo Surabaya. 

Lanjut belajar Tafsir Jalalain di KH Nurcholis Mustari Bangil- Pasuruan, Istimewanya adalah setiap mengjkaji Tafsir Ustadz Nurcholis membawa Tafsir Showi- Penjelasan lebih detail dan dalam diambilkan dari syarah Tafsir Showi. Dan Alhamdulillah saya chatam tafsir Jalalain di KH Kholil Burhan Darul Falach 01 Kesamben Wetan Gresik. 

Literatur lainnya belajar Tafsir kepada Mbah Yai Iskandar Umar Abdul Latief Ponpes Darul falah Pusat- di hari JUmat setelah ngaji Hikam. Di Semarang Sempat ikut ngaji Tafsir Almaroghi tiap Ahad malam di Ponpes KH Dzikron Abdullah Ponpes Addainuriyyah 2- Berlanjut di jamaah Ngaji bersama Abah Achsan ngaji quran dengan kitabnya Mbah Sholeh Darat- 


3. Kitab Almursyidul Wajiiz Fi Ilmi Alquran Al-Aziiz 

Kitab Karya Mbah Kiyai Sholeh Darat Semarang - beliau Guru dari KH Hasyim Asy-arie (Pendiri NU), Guru dari KH Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah), Guru dari RA Kartini (Pencetus HAbis Gelap terbitlah terang). Sosok Ulama yang hidup di era penjajahan Belanda- satu kurun dengan Imam Nawawi Albantani. Imam Nawawi mengarang kitab dalam bahasa Arab, Mbah Sholeh darat Menulis kitab dalam bahasa Arab Jawa Pegon. 

Kitab tersebut ada 280 halaman full arab pegon jawa, Alhamdulillah sanad ngajinya nyambung melalui Abah Achsan yang menunjukkan kitab asli cetakan India. Perlu diketahui bahwa hak cetak kitab mbah Sholih ada di India dan Singapura,sebagian sudah dicetak oleh Toko Kitab Toha Putera Semarang-Samping masjid Agung Kauman Semarang. 

Alquran yang ada sekarang merupakan khot Utsmani- yang ditulis dan dicetak di zaman khalifah Utsman bin Affan. DI Zaman Rasulullah Alquran belum dibukukan secara sistematis rapi seperti sekarang, Awal penulisan Quran diminta oleh Sayyidina Umar bin Khotob yang meminta kepada Khalifah Abubakar karena banyak Ulama yang wafat. 

Awalnya ada pertentangan antara Khalifah Abu Bakar dan Sayyidina Utsman, BahwaRasulullah dahulu tidak pernah ,menulis Alquran maka dipanggilah Sayyidina Zaid bin Tsabit- sang penulis wahyu. Lebih detail ada di kitab Mbah Sholeh Darat. 

 4. As long as I'm ngaji- No Master explains hypnotic verse  

Sejauh saya belajar mengaji, saya belum pernah mendengar bahasan ayat hipnotis dalam Alquran (islam), setahu saya karena disiplin dari pengajar (guru-guru) saya belum pernah bersentuhan dengan pengetahuan hipnosis modern, karena basic pembelajaran di pesantren adalah basis tradisional (salaf).

Tentu berbeda dengan santri-santri yang belajar di era sekarang, dimana pengetahuan hipnosis dapat dipelajari melalui internet dan workshop hipnosis sangat banyak. Bahkan saya mendapati di situsnya nu online membahas hal ihwal hipnotis yaitu Surat Alqalam : 51 (Dan sesungguhnya orang-orang kafir itu benar-benar hampir menggelincirkan kamu( Muhammad) dengan pandangan mereka). - Suatu ilmu ritual puasa tiga hari untuk mencelakakan orang lain dengan kekuatan pandangan mata. 

Sementara hipnotis/ hipnosis yang saya pelajari tidak menggunakan puasa, wirid, atau inisiasi - pengisian -. Hipno yang saya pelajari berbasis western/ barat- murni ilmu komunikasi, komunikasi kepada bawah sadar (Unconscious Mind).

Saya teringat dengan Pak Yan Nurindra Pendiri IBH (Pelopor   dan Bapak Hipnoterapi Indonesia) pernah membahas bahwa di dalam Alquran ada fenomena mirip hipnosis - ada di Surat Yusuf, yaitu ketika para Wanita tanpa sadar mengiris tangan mereka ketika mereka terpesona oleh Ketampanan Nabi Yusuf yang melintas. 

Kalau sejak kecil, saya mendapatkan penjelasan bahwa itulah mukjizat Nabi Yusuf berupa wajah yang sangat Tampan, dan mampu menafsirkan mimpi, Mimpi dua orang yang dipenjara berasamanya dan takwilnya tepat- satu orang bebas, satu orang dihukum mati. Nabi Yusuf mampu menafsirkan mimpi Raja Mesir, tujuh kerbau kurus kering mampu memakan tujuh kerbau gemuk. Dari keterampilan tafsir mimpi tersebut, Nabi Yusuf diangkat menjadi Mneteri Urusan Logistik dan Pertanian Negara. 

5.   Hypnotic Verses In the Qur'an (Islam)

Sesungguhnya Alquran sebagai Mu'jizat Nabi Muhammad (Nabi Akhir Zaman) Rahmat untuk seluruh Alam. menjawab semua tantangan ilmu pengetahuan, misalnya pertemuan dua samudera, penyebutan Al-yaum (Hari) di dalam Alquran sebanyak 365, dan fakta para ilmuwan yang memeluk islam setelah mendapat kebenaran Alquran melalui sains yang digeluti para ilmuwan. 

Alquran itu relevan sepanjang zaman, mampu menjawab semua problematika umat manusia, maka di dalam Alquran pun ada ayat hipnosis, fenomena hipnosis, hipnoterapi. Dimana bahasa dari bawah sadar adalah metafora (perumpamaan), pengulangan, seperti anak kecil, bersahabat. Dan tiba-tiba saya teringat dengan surat Alkahfi Ayat 54 : 

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِى هَٰذَا ٱلْقُرْءَانِ لِلنَّاسِ مِن كُلِّ مَثَلٍ ۚ وَكَانَ ٱلْإِنسَٰنُ أَكْثَرَ شَىْءٍ جَدَلًا

 Arab-Latin: Wa laqad ṣarrafnā fī hāżal-qur`āni lin-nāsi ming kulli maṡal, wa kānal-insānu akṡara syai`in jadalā T

erjemah Arti: Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.

Wallahu Alam Bishawab. 
Ilyas Afsoh | Professional Hipnoterapis Tinggal di Semarang
0896.1065.9643 


HYPNO-SLIDE

Back to Top