-->

Kursus Mengemudi Mobil Semarang dengan Hipnoterapi (HypnoDriving)

 


Ilyas Afsoh sebagai Instruktur dan Praktisi Hipnotist Hipnoterapi Indonesia di Semarang membuka layanan baru yang disebut dengan hypnosetir mobil, hypnodriving, hypnomengemudi. Tujuan Program ini memasukkan sugesti dan mind programming agar seseorang yang belajar mengemudi ebig cepat menguasai keterampilan setir mobil. 

Program ini berisi : 
2x sesi hipnoterapi sebelum dan sesudah seseorang kursus setir mobil Semarang 
10 Jam Kursus Mengemudi (5x TM @2jam) 

Kendala yang dihadapi pembelajar setir mobil :
1. Believe yang salah, misalnya setir mobil itu susah, padahal sudah banyak orang berhasil setir mobil dengan lancar dan aman

2. Gugup grogi takut : Ketika mesin mati di lampu merah, atau di jalan 

3. Bingung saat tanjakan atau belok 

4. hal-hal teknis lain seperti : Skill Parkir, Feeling, dll. 

KERJASAMA DENGAN LEMBAGA KURSUS MOBIL SEMARANG

Untuk menunjang hasil hipnoterapi maksimal, kami mengajak kerjasama pihak pemilik kursus setir mobil sebagai partner hypnodriving, Anda tinggal pilih LPK mana yang Anda tunjuk di kota Semarang. Teknisnya sebelum dan sesudah kursus - Anda akan mendapat sesi hipnoterapi. 

Yang dapat mengikuti hipnosetir ini mereka yang sama sekali belum bisa setir mobil, dan mereka yang sudah setir mobil namun memiliki ketakutan saat turun ke jalan raya, atau mereka yang pernah phobia trauma saat mengendarai mobil.  

Anda memilih kelas belajar mobil manual atau matic. Kami sebagai hipnoterapi indonesia mensupport ANda mencapai impian sukses berkendara dengan aman, nyaman dan selamat di jalan raya, misal cek handbrake, spion, instrumen dashboard mobil, pencet klakson saat starter, semua akan doajarkan oleh instruktur yang berpengalaman dan bersertifikat. 

SUKSES SETIR MOBIL DENGAN OBJECT IMAGERY AND FUTURE PACING

 Tema ini yang aku angkat ketika aku mengajukan diri dalam sidang hipnoterapi professional Prahipti, mengatasi ketakutan klien setir mobil, menjadi percaya diri, aman nyaman ketika setir mobil. Alhamdulillah Dewan penguji langsung ketua Prahipti Pusat Indonesia : Dokter Mardi Sp.Kj, dan penguji lainnya yang terkenal kliller suka mengobrak-abrik pengetahuan praktisi. Aku dinyatakan lulus dan resmi jadi Hipnoterapis professional Prahipti dengan nomor AE 0023. Plus surat rekomendasi buka klinik hipno di Semarang. 

KELUHAN TAKUT SETIR MOBIL - 

Dari 10 kasus yang aku ajukan seperti :
  • Cemas meghadapi tes ujian / seleksi 
  • Patah Hati 
  • Tidak Percaya Diri 
  • Cemas Presentasi 
  • Pindah Sekolah dan Was-was
  • Perasaan Tidak berdaya dan Cemas 
  • Dikhianati Karyawan dan Tidak Fokus 
  • kecemasan Berlebihan 
  • Suami Selingkuh 
Dalam pemaparan sidang profesi hipnoterapi nama klien sengaja dituliskan dalam inisial untuk menjaga privasi. Meski demikian jika sewaktu-waktu diperlukan, saya dapat menunjukkan dokumen atau bukti proses hipnoterapi, Standart selanjutnya mengikuti standart terbaru yang diterbitkan oleh Prahipti. 

Meskipun aku sudah memiliki jam terbang dan praktek cukup di lapangan, menghadapi dewan penguji, aku tetap belajar dengan sungguh-sungguh, dengan membuat corat-coret contekan di kertas presentasi yang aku print, kalau-kalau aku ditanya mengapa tidak menggunakan teknik regresi? Bisa jadi kita buat materinya teknik 1&2, tetapi dewan penguji ingin tahu teknik di kasus yang lain. 


TEKNIK YANG DIGUNAKAN 

Ada beberapa teknik hipnoterapi yang sangat terkenal yaitu ;
  • Regresi 
  • Future Pacing 
  • Pemaafan 
  • Edit Submodality 
  • Role Model 
  • Object Imajery 
  • Sugesti Langsung 
  • Part Therapy 
ini beberapa teknik yang aku paparkan saat sidang profesi hipnoterapi, dengan rentang usia klien dari 18 tahun - 50 tahun, ada lelaki dan perempuan. Hal-hal teknis lainnya tidak perlu ditulis, nanti saja kita kupas di kelas Pelatihan hipnoterapi. 

MENINGKATKAN PD Mengendarai Mobil dengan teknik hipnosis 

Keluhan Bapak Hartono (nama samaran) berupa kecemasan berlebih saat setir mobil, dan sudah 2x sesi hipnoterapi di tempat lain tetapi belum ada hasil optimal. 

Aku kemudian melakukan analisis penyebabnya yaitu klien punya penglaman setir motor dan tidak pd saat mencoba hal-hal baru. Aku melakukan uji sugestivitas dan hasilnya klien merupakan klien yang mudah dengan tes sugestivitas : catalepsy of the eyes, Arm Rising and Falling Test, sekali tepukan tangan langsung masuk ke kondisi trans. 

Klien mengutarakan outcome yang ingin dicapai yaitu mengendarai mobil dengan nyaman, tenang , aman dan percaya diri. Karena klien memiliki sugestifikas mudah maka saya gunakan induksi relaksasi sederhana, dan saya lanjutkan pendalaman, kemudian melanjutkan dengan teknik object imagery dan future pacing. 

Kami sepakat merencanakan hipnoterapi dalam dua sesi @ 120 menit, dengan rentang waktu satu minggu. Di lapangan kami mempraktekkan bahwa hasil sangat memuaskan dan memberi dampak secara langsung - signifikan kepada klien. Tidak ada tindakan korektif, 

HASIL HIPNOTERAPI DRIVING 

Aku gunakan indikator keberhasilan yaitu klien memberikan laporan melalui kontak telepon bahwa satu minggu setelah hipnoterapi, sudah berada di Kabupaten Klaten dan suadh setir mobil sendiri, mobil yang dibelikan oleh mertuanya. Lalu seperti apa script hipnoterapi object imagery itu? 

Dalam suasana yang sangat nyaman, hening dan tenang ini, sadari pemahaman bahwa manusia adalah mahluk yang sangat luar biasa, dan dapat melakukan berbagai hal yang positif bagi dirinya.

Nah, sekarang cukup niatkan, imajinasikan saja, bahwa bersama hembusan nafas, anda niatkan untuk melepaskan seluruh tekanan, beban, stress.

Rasakan bahwa semua bentuk energi negatif akan keluar bersama hembusan nafas anda, kembali ke semesta, dan membuat anda semakin nyaman semakin lega.

Lepaskan apapun yang anda anggap negatif, boleh anda imajinasikan semua itu seperti asap hitam kotor yang keluar bersama hembusan nafas anda, dan dengan melepaskannya keluar akan membuat anda menjadi semakin lega, bersih, dan nyaman.

Silakan lakukan, sampai benar-benar tuntas, sampai anda benar-benar merasakan semuanya benar-benar telah terangkat keluar, dan membuat anda lega dan nyaman.

MELIHAT REAKSI KLIEN 

Aku melihat bagaimana klien melepaskan berbagai macam ketakutan - kekhawatiran yang dirasakan pada sensasi tubuhnya, mulai dari wajah, mulut, terus ke seluruh tubuh sampai ke kaki-kaki klien. Aku berikan kesempatan klien melepaskan semua emosi negatif yang membelenggunya. Sampai aku aktifkan penyedot sampah emosi raksasa, aku minta klien tekan tombol on- nya dan seketika tubuhnya bergetar merasakan sensasi sedotan semesta yang sangat kuat. 

Teknik aku dapatkan begitu saja dari pikiran bawah sadarku, memandu secara otomatis. Selanjutnya kau lanjutnya dengan program future pacing : 

Dan, sekarang niatkan agar sebentar lagi anda akan meluncur menuju ke masa depan. Entah satu minggu setelah hari ini, entah sebulan setelah hari ini, atau bahkan tahun depan. 

Silakan pilih suatu waktu yang paling tepat dimana anda ingin berasa di suatu situasi dan kondisi yang benar-benar berbeda dari hari ini, suatu kondisi ideal yang benarbenar anda inginkan untuk dapat terjadi. 

Ya, sekarang lontarkan diri anda ke masa depan, buat semakin jelas, riel, dan nyata. Benar-benar niatkan agar anda berada dalam suatu situasi yang menjadi keinginan anda. Terus hayati, buat semakin jelas, semakin dapat dirasakan oleh seluruh pancaindera. Benar-benar nikmati keadaan ini, dan niatkan bahwa keadaan ini adalah benar-benar milik anda.

KLIEN TERSENYUM VISUALISASI SETIR MOBIL 

Apakah Anda pernah bertanya kepada hipnoterapis yang belum bisa setir mobil tetapi mereka memandu kliennya untuk membayangkan setir mobil? Seperti rasanya membuka pintu, duduk di kursi kemudi, memutar kunci on, menyalakan ac, memasukkan gigi persneling 1 atau gigi otomatis? Lalu mulai injak gas pelan-pelan plus melepaskan kopling perlahan diimbangi dengan buka handrem. 

Tentu saja lebih efektif bila hipnoterapis juga punya pengalaman setir mobil, cara parkir, naik turun di jalanan, lampu merah, sehingga mampu membantu pemrograman secara detail, masuk ke mall, masuk tol, gesek kartu toll, parkir di rest area sampai tempat wisata luar kota. Asyik kan?

Setelah dua jam sesi hipnoterapi, klien aku bangunkan dari kesadaran hipnosis menuju kesadaran normal bersama transformasi dirinya, dengan ditandai programming sempurna mengucap alhamdulilah atau mengusap wajah penuh syukur. 



PERNYATAAN KEASLIAN KASUS HIPNO

Demikianlah saya memberikan tanda tangan di modul sidang Profesi HIPNOTERAPI PRAHIPTI bahwa semua informasi yang aku berikan di dalam presentasi dalam bentuk data, fakta, wawancara dan semua informasi terkait merupakan faktual, aktual, nyata sesuai dengan aslinya. 

Termasuk kasus hypnodriving ini beserta klien dan kasus lainnya adalah hasil kerja saya praktek di klinik panti sehat ilyas afsoh, bukan plagiat, tidak ngarang, tidak fiktif, dan tanpa adanya unsur-unsur yang mencoba melanggar hukum, dan sebagaimana keabsahan dokumen, dilain waktu dapat aku buktikan dengan dokumen, film, video saat sesi hipnoterapi. 

Dokumen presentasi saya tanda tangangi 20 Januari 2021. Untuk menambah profil diri hipnoterapis - aku tambahkan profil singkat pekerjaan dan pendidikan yang pernah aku tempuh :

  • 2014 - Sekarang CV Syahfa Excellent Direktur
  • 2010 -2014 PT Bhakti Karya : Marketing Coordinator 
  • 2007 - 2009 : LBB BCC SUrabaya Marketing Manager 
  • 2005-2006 : IPIEMS Surabaya : Marketing 
  • 2001 - 2003 : PT Yemi : Operator Produksi 
  • 2002 - 2006 Kuliah di Universitas Maarif Hasyim Latief (UMAHA) - ST YPM Sidoarjo 

SIDANG UJIAN PROFESI HIPNOTERAPI BERGANTIAN

Aku mendapatkan penjelasan bagaimana teknis pelaksanaan sidang, jadwal, tanggal, pembimbing serta dewan penguji dari PRAHIPTI. Aku menghadapi ujian dengan rileks dan siap, aku paparkan materi yang sudah aku kuasai dengan sangat lancar, Aku masuk ruang sidang sebelum ujian dimulai dan menunggu para master penguji hadir di ruangan. 

Teman-teman menceritakan pengalamannya masing-masing saat sidang, kami berkumpul di ruang group wa prahipti #4 kami saling mengucapkan selamat atas lulusnya sidang dan diterbitkannya surat rekomendasi untuk diajukan ke Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten setempat, lanjut proses ngurus nomor STPT. 

Ternyata ada juga yang gagal dalam sidang uji profesi hipnoterapi, setidaknya ada dua peserta yang memang dinyatakan belum memenuhi kualifikasi, dan ada hipnoterapis yang dinyatakan lulus dengan catatan tambahan. Aku bersyukur, lulus tanpa kendala dan mendapatkan surat rekomendasi. Alhamdulillah!

Selanjutnya kami menunggu jadwal sumpah profesi hipnoterapi, aku sempat merekam momen tersebut, haru dan bangga disahkan sebagai hipnoterapi professional Indonesia. 


MENGURUS STPT KE DINKES KOTA SEMARANG

Usai sidang profesi dilanjutkan dengan mengurus ijin stpt ke dinkes kota semarang yang ada di Jl Pandanaran, Sebelum ke sana - saya kepoin IG nya dan bertanya apa syarat ngurus stpt hipnoterapi, dijawab langsung saja ke lantai 10 dinkes kota Semarang. 

HYPNO-SLIDE

Back to Top