-->

INVESTASI SAHAM DENGAN SELF HYPNOSIS

| 10:11:00 AM |

 INVESTASI DI BURSA EFEK INDONESIA

Saya anggap bahwa informasi yang saya terima di usia 40 tahun perihal investasi saham, obligasi dan mencapai financial freedom merupakan ilmu yang sangat berharga, keburuntungan, keajaiban sebagai hasil self hypnosis yang saya praktekkan ke diri sendiri, "Apa yang sebaiknya aku lakukan saat ini di tengah-tengah mengajar NLP Hypnosis Public Speaking Digital Marketing Coaching?" Jawabannya investlah di bursa saham. 



 BELAJAR KE MR LO KHENG HONG 

Konon katanya perusahaan publik pertama di dunia adalah VOC Belanda- 1602, VOC yang menjajah Indonesia dulu ternyata perusahaan publik yang punya kapal, senjata perang. Ini kalimat pertama yang disampaikan Pak LKH di seminar mahasiswa . 

Uang yang beredar di Indonesia 2013, dari uang pribadi, korporasi, BUMN sejumlah Rp 3.500 Trilliun- berdasarkan Lembaga Penjamin Sosial dan nilai saham di BEI Rp 5.300 T. Sementara nilai apple Rp 700 Miliar Dolar apabila kurs Rupiah 13.000 maka nilainya = Rp 9.100 T. (Bahkan Uang nya Indonesia tidak sebanding dengan perusahaan Apple). Sementara di Amerika masih banyak perusahaan besar lainnya. 

Harta kekayaan dunia ada di pasar moda, bukan harta karun di bawah laut. Apabila Anda tidak mengerti pasar modal adalah sungguh sayang, sangat disayangkan. Aset pasar modal sangat nyata dan trasnsparan. 

ALASAN INVESTASI DI PASAR MODAL

1. Ada kekayaan yang sangat besar di pasar modal 
2. Tiap jhari Perusahaan public mengeluarkan produk dan jasa bagi kehidupan manusia. Mari kita berikan contoh satu per satu sejak manusia bangun tidur :

Masuk ke toliet ada TOTO, minum Aqua, Sikat Gigi pakai pepsodent, sarapan mie instan indomie, ada telepon, TV, saat keluar rumah naik Avanza (mobil sejuta umat) - perusahaan public dari Astra, coba perhatikan kaca mobil, ban, aki, lalu masuk ke Jalan Tol (jasa Marga), Dibangun oleh Semen Gresik, Baja (Krakatau Steel), Masuk Mall bagus (Agung Podomoro Land), Total Bangun Persada, BCA, BNI, BRI, 

Perhatikan 500 outlet KFC di Indonesia, yang mempekerjakan begitu banyak karyawannya, lalu pesan ayamnya ke Charoen phokpand, belum lagi perumahan Ciputra, atau 18.000 lebih karyawan Astra Internasional yang terhubung dengan pemasok, delaer, dan stake holder lainnya. 

TERCIPTANYA PENGUSAHA-PENGUSAHA KECIL 

Semakin besar bursa saham kita maka semakin sejahtera masyarakat Indonesia. Imajinasikan bagaimana lahir pengusaha warung makan indomie, pengusaha kopi sachet. 

PEMBAYAR PAJAK TERBESAR INDONESIA

Tahun 2013 HM Sampoerna membayar pajak 3,6 Trilliun 
Tahun 2015 HM Sampoerna membayar pajak 3,5 T 

Pahlawan sekarang adalah mereka yang memberikan kesejahteraan bagi banyak orang, mereka diwakili oleh pemilik saham, pemegang saham, eksekutif. Apakah Anda dapat membayangkan ada seorang investor saham di Amerika yang mendapat penghargaan dari presiden Obama? Tahukah Anda bahwa Perusahaan public seperti phokpand, Mayora, PT Timah dan BCA mencapai best equity return?



YUK MENGENAL SAHAM LEBIH AWAL  

Bunga bank untuk seposito sangat kecil, maksimal 7,75% kemudian dipotong pajak 20% tinggal 6% per tahun, sementara harga barang-barang naiknya siginifikan. Apabila Anda menaruh uang anda di bank dengan bunga kecil sementara harga barang naik gila-gilaan per tahun maka sebenarnya hal ini membuat anda miskin secara perlahan. 

Obligasi bunga juga sangat kecil, emas juga tidak produktif, dan Mr Lo Keng Hong juga tidak beli dolar karena pembeli dolar harapannya selalu buruk : berdoa ada kerusuhan maka dolar naik, lepas dolar- dapat untung. Beda dengan pemeganag saham yang ingin Indonesia aman, stabil, ekonomi bertumbuh, daya beli masyarakat meningkat. 

Ada satu perusahaan yang memiliki 51 juta pelanggan, punya satelit tetapi tahun 2013 rugi 3,3 T. tahun 2014 rugi lagi 1,9 T (Loss before income tax). Coba cek Indosat Perusahaan telekomunikasi bandingkan dengan Pokphand perusahaan pakan ayam dengan teknologi, biaya modal rendah, untungnya tinggi, sahamnya naik dari Rp 100 menjadi rp 5.000,- 

Berikut keuntungan Pokphand  per tahun (Rupiah) :  
  1.   2006 laba 157 M
  2. 2007 laba 180 M
  3. 2008 laba 253 M
  4. 2009 laba 1,6 T
  5. 2010 laba 2,2 T

BELAJAR DARI PAKAR INVESTASI DUNIA :

Saham is the best Choice, bagaimana $1 akan tetap menjadi 1$ bila berada di celengan ayam, meskipun dalam jangka 80 tahun, beda bila di unvestasikan dalam perusahaan yang tepat 1$ dapat tumbuh menjadi $ 16.000. 

Bursa Efek Indonesia membuat orang yang punya uang terbatas, kemampuan terbatas bisa memiliki perusahaan hebat seperti Indofood, Astra International. Ilustrasinya uang Rp 500 Juta yang dibelikan mobil BMW setelah 4 tahun nilainya turun jadi Rp 250 Juta, bagaimana bila diinvestasikan ke saham? Setelah 4 tahun saham naik 5.000% uangnya jadi Rp 25 M.

BEI - Saham itu ibarat harimau liar, galak, tergantung persepsi yang Anda gunakan. Jadi Ingat NLP "The Map is not The Territory" Harimau adalah binatang buas yang berbahaya, atau Anda dapat menjadikan harimau sebagai bagian dari Taman safari untuk mendatangkan pengunjung "UANG". 

Sementara orang lain akan menganggap saham resikonya terlalu tinggi, yang sangat mungkin pendapat ini disampaikan oleh DOKTOR (S-3), atau bisa jadi ia seorang komisaris bank Mandiri- misalnya. 

Intinya : 
Teliti - Kenali saham apa yang dibeli, Beli apa yang kita kenali. Jangan Beli kucing dalam karung. 
Tuhan maha Pengampun, tetapi saham tidak belas kasihan, tidak kenal ampun bagi yang tidak tahu. 

TIPS MEMBELI PERUSAHAAN PUBLIK :

  1. Manajemen baik, jujur, professional, kapasitas, integritas - JCJ - Contoh Astra Internasional, Unilever, BUMN, 
  2. Usahanya baik / Tidak 
    Contoh Garuda Indonesia yang rugi 60Juta US $ = Rp 6 T lebih , padahal penjualan $3,3 M
  3. Beli perusahaan yang Untungnya besar. 
    Modal 1,2 T laba 9M, ROI nya kurang dari 1% ini contoh tidak bagus. 
    Unilever Indonesia laba 2013 5,3 T dengan modal 2,4 T- ROI nya 125 %. 
  4. Perusahaan dengan pertumbuhan besar
    IPS dari waktu ke waktu meningkat. Misal BRI Nett Income for the year 3,7 T naik jadi 15 T naik jadi 18 T naik jadi 21 T. 

Punya Perusahaan dengan untung besar artinya punya mesin pencetak uang. 

Perbandingan saham perusahaan, misal Siloam dengan laba 59 M per sahamnya dapat Rp 54, dari harga saham Rp 14.000, di sini Price Earning Rasio sekitar 260x. Sementara ada perusahaan yang per sahamnya Rp 80, untungnya per lembar Rp 230, nah itu namanya valuasi. 

Nilai intrinsik > harga pasar = Beli 
Nilai intrinsik < harga pasar = Jual 

Hitung nilai wajar, hitung estimasi arus kas perusahaan dari sekarang hingga seterusnya, arus kas dari laba usaha bersih. Arus kas dinilai sekarangkan dan dijumlah untuk mendapatkan nilai wajar. Benyamin Graham. 

TIPS WARREN BUFFET 

 it is for better to buy a wonderfull company at a fair price than fair company at wonderfull price. 

TIPS LO KHENG HONG: 

Strategi Investasi paking bagus : ada saatnya tidak mengerjakan sesuatu merupakan satu bentuk kecerdasan investasi, ketidaksktivan adalah perilaku yang cerdas. Investor yang bijak dapat mengahsilkan uang ketika ia tidur. Tidur adalah jalan untuk meraih kekayaan. Tidak bertindak adalah tindakan bagus jika kita sudah memiliki perusahaan yanh hebat. 

Investor saham wajib punya teknik bagus dalam memilih  saham dan stamina (staying power investasi) = kemampuan investor untuk tidak menjual aset investasi seberat apapun krisis keuangan yang terjadi. 

Analisis saham ada 2 :
1. Fundamental 
2. Teknikal 

1. Kondisi kandang dan sapinya artinya melihat kondisi perusahaan dan pasar modalnya.
2. Pergerakan Ekor Sapi artinya analogi harga saham,- naik turunnya harga saham. 

BUKU LEGENDARIS INVESTOR 

Buku INTELLIGENT INVESTOR Benjamin Graham (merupakan buku terbaik tentang investasi)  telah dibaca oleh Waren Buffet sejak usianya 19 tahun. Alasan Warren Buffet memilih kuliah di Columbia Univercity karena Benjamin Graham adalah pengajar di sana. Sementara di Indonesia ada buku bagus Warren B yaitu Investor Nilai. 

Analisis yang berdasarkan grafik, volume, dan pergerakan harga : tidak berarti apa-apa kecuali omong kosng- Warren Buffet. 

Steve Jobs : Stay Hungry and Fooliest Artinya tidak pernah berhenti belajar. 

Ada 40 buku tentang Waren Buffet, WB dalam sehari membaca selama 6 jam, 1-2 jam untuk berfikir, membaca laporan keuangan, majalah, buku.  

RAHASIA LO KHENG HONG :

1. Duduk di taman rumah setiap ahri 
2. Baca Koran, tulisan wartawan tentang pasar modal, statement yang bagus di gunting, dikliiping, dari jam 06.00-12 Malam. Baca buku saham, laporan keuangan, dan melakukan investasi 
3. READING - THINKING - INVESTING 
4. Tidak punya : kantor, Karywan, boss, utang, pelanggan.

Terimakasih sudah membaca sejauh ini, artikel yang saya tulis ulang dari Seminar Mr Lo Keng Hong. 
Silakan dipraktekkan, share-bagikan agar semakin banyak yang mendapat Manfaat  dan Menjadi kaya raya sejahtera melalui pasar saham. 

ILYAS AFSOH _ Semarang Indonesia 
Self Hypnosis for Investing 

PROČITAJTE VRHUNSKE ČLANKE  : HIPNOTIS COACHING FAMILY

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top