-->

MENGHIPNOTIS MENGCOACHING KELUARGA SENDIRI

| 9:55:00 AM |

 DON'T SWEAT THE SMALL STUFF WITH YOUR FAMILY 



Apakah Anda mengidamkan memiliki keluarga bahagia? berkecukupan? Pasangan Suami-istri yang saling setia, anak - anak yang menurut, jujur, bangun pagi, sholat shubuh tepat waktu? Studi sekolahnya lancar dan mereka rajin belajar? Bagi Muslim, anak-anak bersedia menjadi penghapal Alquran sejak sedini mungkin.

Mari kita mulai perjalan mewujudkan Baiti- Jannati - Rumahku : Sorgaku - Home Sweet Home. Saya awali dengan praktek Takbiran dari rumah dalam PPKM darurat yang diberlakukan pemerintah. Sungguh bukan hal mudah mengajak anak-anak Takbiran menyambut Sholat Idul Adha di rumah, tetapi Youtube live mempermudah prosesnya, saya bilang ke mereka bahwa kita Live sekarang. 

Karena video ini latihan, maka saya mentoleransi anak-anak yang guyonan, jalan ke sana-sini, sambil makan cemilan atau minum. Alhamdulillah latihan ini dapat berjalan sampai 1 jam kolaborasi ayah dan anak. Meskipun Channel Youtube nya tidaklah seramai dan semerdu Habin Syeich bin Abdul Qadir Solo bersama cucunya Habib Muhammad Hadi, Namun saya bahagia mampu mengajak anak-anak takbir sampai 60 menit. 


 

SEIMBANG ANTARA NGAJI MENGHAFAL QURAN DAN MAINAN GAME 

Mengawal hafalan anak-anak membutuhkan energi dan kesabaran super besar, menjadwalkan waktu, menyimak- mendengarkan, dan telaten menemaninya di waktu-waktu tertentu. Sementara ini waktu paling bagus adalah setelah magrib dan isya, Selain waktu dluha ketika di sekolahnya. 

Saya memiliki pertanyaan dalam diri, ketika anak-anak menghafal Alquran kenapa tidak dikombinasi dengan menuliskan ayatnya juga, jadi mereka dapat hafal secara sempurna antara menulis dan menghafal. Artinya selain hafal, mereka juga mampu menuliskannya secara sempurna. 

Di sela-sela menghafal kami ajak anak-anak untuk main di Game Fantasia terdekat yaitu di ADA Majapahit Swalayan di hari-hari non Sabtu dan Mingg. Saya menghindari kerumunan dan keramaian yang membuat permaian jadi tidak nikmat karena gantian/rebutan dengan anak-anak yang lain. Apalagi bila hari WEEKE-END kadang ada rombongan TK/Playgroup yang sengaja berkunjung ke PAsar Modern Swalayan. 

Permainan mereka tidaklah mahal, cukup top-up sekitar Rp 100.000, sudah puas bermain mainan A sampai Z, main mancing ikan, tembak-tembak ikan, lempar bola, pukul palu godam untuk dapat tiket, balapan mobil, dan dari tiket yang dikumpulkan dapat ditukar dengan hadiah tertentu seperti pensil, buku, atau makanan-minuman. 


MEMBANGUN EMOSI BERDAYA DI DALAM KELUARGA 

Penting berkomunikasi dengan anak-anak sejak dini bahwa menjaga ketenangan di rumah sangat penting untuk fisik, pikiran dan pengendalian emosi. Anak-anak perlu diajari bahwa tipe-tipe orang itu berbeda-beda, suasana seperti apa yang disukai dalam keluarga kita, Harapan agar rumah menjadi lebih tenang, memutar musik atau murattal dengan perlahan, jangan berteriak, hindari kemarahan, sebab : Kemarahan dapat merusak segalanya. 

KOMUNIKASIKAN aturan-aturan ini dengan detail dan jelas kepada anak-anak, ulang-ulang dan terus menerus sampai masuk ke dalam pikiran bawah sadar anak. Rumah tangga ibarat taman-taman, apakah kita ingin taman yang indah penuh dengan bunga-bunga? atau penuh dengan rumput liar dan tidak terawat? 

Agar indah maka taman perlu ditanami bunga, dirawat, disiram, dipupuk, dijaga. Hal ini merupakan metafora untuk perilaku anggota keluarga untuk mengendalikan diri, :
  • Ucapan 
  • Pikiran 
  • Perasaan
  • Tindakan 
Nah, ini merupakan metode coaching berbasis NLP yang kita tanamkan kepada anak-anak , pasangan sejak dini. dengan Outcome menjadi Keluarga Terbaik meneladani rasulullah (Modelling Nabi Muhammad). 

PERAN VITAL ORANG TUA 

Emosi berdaya ini sangat dipengaruhi oleh program internal orang tua, pikiran bawah sadar, dan kondisi batin ayah bunda dibandingkan lingkungan-lingkungan luar. Penghormatan antara masing-masing penghuni rumah, niat baik , kemampuan mendengarkan dengan mata merupakan bagian kritis dalam membangun keluarga "Hipnotis" Samara.

ANANDA BUTUH MENIKMATI KESENDIRIAN?

Anda dapat membuat aturan untuk membuat suasana rumah relatif tenang dan nyaman, menyendiri merupakan bagian asyik dalam kebersamaan, jadi bila ada Anggota keluarga yang sedang butuh waktu menyendiri, maka kita dapat memberikan kesempatan tersebut. Misalnya sendiri untuk membaca buku Motivasi, menulis blog hipnoterapi and Coaching Internasional, sholat, dzikir, dll.

 Tentu beda antara satu keluarga dengan keluarga lainnya, penting untuk disadari bersama bahwa lingkungan keluraga seperti apa yang ingin Anda nikmati sepanjang waktu bersama keluarga? Kita dapat mulai dengan perubahan kecil seperti menikmati sinetron ikatan cinta bersama istri dan mertua, menonton streaming netflix Rp 100.000 per bulan melalui hp/laptop, atau malah membuat konten kreatif keluarga ala RANS entertainment.

Tips : 
Luangkan waktu sejenak bersama pasangan dan anak-anak untuk membicarakan keluargaa ideal versi Anda Sendiri. Syukur-syukur Anda menjadi Model Keluarga Bahagia Indonesia. 

LEXO ARTIKUJT MË TË MIRË :  Tips Membuat Anak Jadi Penurut 

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top