-->

MENULIS INSPIRASI SEHARI-HARI (CONTENT PILAR CONSULTANT)

 BELAJAR DARI CHANNEL KELUARGA NDESO

Aku mendapati berita viral bagaimana channel youtube keluarga ndeso yang dibuat anak kecil usia 12 tahunan mampu meraih pendapatan puluhan juta, dari Q &A yang disiarkan bahwa channel tersebut benar-benar original - tanpa editing, rekam dan upload video menggunakan hape dan tripod seadanya. kekuatan konten terletak pada  originalitas pembuat dengan skill apa adanya. 

Apakah masih ada alasan? Untuk tidak memulai? Lakukan saja, dalam perjalanannya kita akan menemukan insight insight inspirasi dengan melakukan. Aku berjuang mati-matian berusaha keras agar subscribe channel YouTube dapat 1.000, dan kabar baiknya sekarang sudah 2.240 yang terus bertambah otomatis setiap hari. 

Awalnya aku ngotot ingin dapat Adsense YouTube, sampai akhirnya aku Putuskan untuk berbagi saja, perihal nanti dapat duit dari YouTube aku anggap itu bonus. Hal ini didasari oleh jam tayang yang sampai saat ini masih 600 jam tayang,masih kurang 3,500 jam tonton.  




JADILAH PEMENANG SETIAP HARI 

Melalui tulisan ini saya sampaikan bahwa saya pastikan menjadi pemenang layanan hipnoterapi online terbaik di dunia, dimulai dari layanan hipnoterapi online termurah terbaik di Kota Semarang dengan klien yang super sibuk bekerja - jadi klien tidak perlu datang ke klinik kami, kita cukup bertemu via zoom atau video call wa. 

Saya selanjutnya take action dengan menulis semua skript hipnoterapi dari berbagai sumber dan hasil pengalaman saya praktik melayani holistik terapi kepada semua klien saya. Artikel-artikel saya buat berdasarkan pengalaman menerima klien yang datang, konsultasi dan terapi.  

Tentu saja menulis membutuhkan usaha yang sangat luar biasa besar, hal yang dapat kita lakukan sendiri atau membayar orang lain menulis untuk blog kita, tetapi saya memilih untuk menulis sendiri artikel di blog hipnoterapi ini sebagai aktualisasi diri, dirangkai dengan video youtube dan instagram hipnoterapiindonesia.semarang. 

MENGINGATKAN KEMBALI ARTINYA MENGULANGI 

Induk dari pengetahuan adalah pengulangan, maka di tulisan ini saya ingatkan kembali bahwa kesadaran manusia dipengaruhi oleh dua hal yaitu pikiran (12-45%) dan emosi (88-55%), maka langkah awal saat Anda membaca tulisan ini : ada tugas yang wajib Anda lakukan yaitu membuat Keputusan. Putus benar-benar putus dan Anda komitmen dengan keputusan Anda menjadi apa? 

 Sayangnya banyak orang yang ingin sukses - hanya sebatas ingin saja tanpa ada tindakan. Sebab rumus sukses sejati hanya satu yaitu ACTION. Lalu menjadikan tindakan tersebut sebagai kebiasaan. Hal lain yang menyebabkan seseorang tidak ambil tindakan karena ada ketakutan. 

Padahal rasa takut merupakan sinyal agar seseorang membuat persiapan, rasa takut merupakan hal yang baik adanya dalam kadar seimbang dan sesuai dengan fungsinya. Yang jadi masalah ketika rasa takut tersebut menjadi berlebihan. Kabar baiknya ada banyak teknologi untuk mengubah ketakutan menjadi berani (power). 

Cara mengatasi rasa takut :
1. Ubah Fokus kita, Dalam hypnosis banyak teknik dan latihan pengalihan fokus, dari fokus eksternal mejadi fokus internal. Nanti akan saya buatkan bagaimana latihan menghadapi takut dengan tes focus secara visual, auditori dan kinestetik. 

2. Dengan Terus Bergerak
Kita sudah sangat familiar dengan metode seminar dan workshop yang mengajak peserta lompat-lompat "incantatiion" Guncang bumi, dengan loncat-loncat, nafas lebih cepat, tubuh jadi hangat dan berkeringat maka kita menjadi lebih siap mengahdapi situasi. 

KOMITMEN-MU SEBAGAI APA?

Di public speaking saya komitmen menjadi Trainer Public Speaking dengan video dan konten Public Speaking paling banyak dan lengkap, komitmen membuat 10.000 konten public speaking terlengkap di Indonesia. Jadi Nanti pencari informasi public speaking akan mencari dengan kata kunci Ilyas Afsoh Public Speaking. 

Saya bayangkan bagaimana bahagianya ketika menjadi pembicara public speaking nomor satu di Indonesia bahkan di Asia dan dunia, hal ini saya programkan dengan self hypnosis. KAlau bicara perihal dunia maka kita sudah paham caranya : salah satunya wajib menguasai lancar bahasa Inggris. 

Sengsaranya kalau tidak menjadi nomor satu maka kita akan disepelekan oleh calon klien, mereka akan menawar kita habis-habisan, tidak dipercaya, ujung-ujungnya tidak mendapat closing dari klien yang tanya dengan kalimat sebagai berikut : "Baik, nanti akan saya hubungi lagi, ini buat adik saya, saya ajukan ke manager yang bersangkutan, dan macam-macam kalimat yang isinya sangat menyesakkan dada. 

APA YANG DAPAT KAMU BAYANGKAN DAPAT MENJADI KENYATAAN

Pernah membayangkan uang Rp 10 milyar (10.000.000.000sepul) satu ditambah angka nol sebanyak sepuluh atau dua belas digit angka. Kalau belum pernah, bayangkan sekarang dan tulis di buku ANda sebagaimana saya melakukannya. Hari ini kita tuliskan, insyaallah saat itu memiliki 10 milyar bahkan lebih menjadi kenyataan. 

Teknik ini diajarkan para guru, terimakasih Tuhan, aku sudah memiliki 10 milyar (10.000.000.000), ini merupakan teknik pertama yang saya dapatkan, sebagai aktivasi RAS untuk menjadi sinyal pandu GPS pikiran bawah sadar kita. 

Teknik kedua dengan FB Praying, "Bagaimana ya rasanya, punya tabungan 10 milyar?" Ucapkan lalu alihkan. Teknik Quantum X Formation. 

Konten Pilar Tips dengan Hipnosis 

 Galau dengan kesalahan pengalihan di blog ini, ada 13 halaman yang terpengaruh sejauh ini dan artikel-artikel yang baru kita posting belum ada yang terindeks mesin pencari google, tetapi terdeteksi di bing. Aku mencari solusi dari bantuan google disebutkan beberapa hal penyebabnya yaitu : konten duplikat, artikel tidak berkualitas, dan solusinya dari browsing tulisan blogger : ubahlah url link blog dengan dibuat draft - edit lalu posting lagi. 

Sudah aku lakukan, saat ini sedang menunggu proses validasi dari google dengan status tertunda ada 13 halaman yang terpengaruh. Aku lanjutkan mencari inspirasi youtube bagaimana gajian dari google Adsense? Aku mendapatkan satu video dari blogger jogja yang sharing 6 bulan gajian sejak approve adsense, lalu tiap bulan gajian 1,5 Jutaan sehingga total akumulasi sekitar Rp 40 juta dalam 2 atau 3 tahun. 

Kuncinya sudah aku dapatkan yaitu menulis artikel pilar 2.000 kata selama dua tahun, tanpa backlink sama sekali, lalu aku bertanya kepada diriku sendiriku, bagaimana aku membuat konten pilar dengan metode hipnosis? 

1. Menulis di Kertas HVS 

Kemarin aku mencoba menulis di kertas sebagai draft awal sebelum aku pindah ke laptop, masyaallah jari jemari merespon untuk minta istirahat setelah mendapat satu halaman hvs, Aku melakukan break state dengan berbaring sejenak di kasur dan memejamkan mata, menarik nafas melalui mulut dan membuat lewat mulut tiga kali dengan mengucapkan self talk : rileks, kalimat berikutnya lebih mudah memenuhi target 2.000 words. 

Mendadak muncullah ide untuk menambahkan gambar, video dan kutipan sehingga semakin berbobotlah artikel yang aku buat. Gambar baiknya original, menggunakan kamera hp juga boleh, tetapi aku terbiasa dengan membuat jpeg sendiri modal powerpoint save as dengan copy gambar dari pixabay.com. 

Sedangkan video langsung aku insert dari youtube ilyas afsoh public speaking hypno nlp, gambar seperti biasa aku letakkan setelah paragraf ketiga sedangkan video aku letakkan sebelum paragraf terakhir. Ini merupakan modifikasi struktur yang aku dapatkan dari ilmu sedolar sehari dari blog. Sayangnya, groups FB sedolar sehari sudah tidak aktif setelah penjual ecourse dapat duit sekitar 200-400 Juta dan ilmunya gak works lagi terkait monetize blog. 

2. MENULIS DI MS.WORDS

Dengan menulis di pemroses kata yang sudah familiar membuat kita dapat melihat langsung berapa jumlah kata yang sudah kita dapatkan. Ingat buatlah tulisan yang bermanfaat, bukan hanya mengejar panjang ribuan kata sampai 5.000 tetapi isinya tidak dapat dimengerti. 

Aku pernah melakukan hal ini dengan copy paste tulisan dari facebook untuk memenuhi target panjang postingan, tetapi sekarang aku sadar kalau hal itu tidak nyambung, dan dinilai tidak mempunyai otoritas / otentik. Aku sadari untuk menolak menulis artikel sampah. 

Kabar baiknya, dengan menulis di ms.words lalu kita simpan sebagai bahan buku berikutnya yang siap kita terbitkan, melalui proses editing dan menambahkan data-data - riset tambahan. Hal ini menginspirasiku untuk satu kata - satu materi antara blog - buku - dan desain powerpoint untuk Training - Corporate Coaching. 

3. Menulis Langsung Di Blog 

Teknik menulis yang aku praktekkan selama ini, terbanyak dengan mengetik langsung di posting artikel terbaru, aku tulis apa- saja yang nongol di pikiran, kadang cepat, kadang lambat, kalau buntu aku langsung buka google dan menulis topik tertentu dan aku enter, langsung muncul google sugesstion, pertanyaan yang sering muncul, lengkap tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. 

Tak jarang aku dapatkan blogger yang menulis ulang artikel top page one dari pencarian google dengan modifikasi dan tambahan sehingga hasil artikel jadi berbeda, berkelas dan layak untuk tampil di intrenet, beda dengan agc (auto generate content) yang meresahkan para blogger adsense, belum lagi copy paste penulis dari media besar - tanpa sunting. 

Jangan beralih menulis artikel baru - sampai benar-benar target 2.000 kata terpenuhi. Misalnya hari ini hanya dapat 700 kata saja, maka lanjutkan besok dengan mengumpan - menghubungkan topik pendukung, syukur-syukur Anda sabar sampai mendapat 5.000 kata, dengan ulasan yang sangat mendetail bagi pembaca blog. 

Beda wordpress dan blogspot, kalau di wp kita dapat melihat langsung berapa jumlah kata yang sudah kita dapatkan, kalau blog cepot kita control A, copy dan paste di ms.words baru kita paham, sudah seberapa banyak kata yang kita buat di artikel terbaru kita. 

4. Mencari Keterkaitan Topik dengan Tema berikutnya 

Sekarang aku paham apa yang disampaikan Mas blogger Kendal yang bilang untuk membuat rancangan blog, bangunan website terdiri atas riset, dan disempurnakan sehingga menjadi blog evergreen, kapanpun, dimanapun menjadi rujukan dan blog abadi sepanjang masa mentrasnfer uang bahkan saat sang blogger sedang tidur atau jalan-jalan / berdakwah di pelosok negeri, hingga keliling dunia. 

Jangan sampai menyesal dan mentok ide, gara-gara konten Anda tidak Anda desain sejak semula, akibatnya ngawur- asal-asalan buat konten, ujung-ujungnya dianggap duplikat google dan tidak bernilai kanonis, bahkan kata kunci juga perlu di tandai mana yang sudah dipakai dan mana yang belum. 

Aku tidak tahu apakah ada standart minimal bangunan blog itu misalnya 100 artikel atau 700 artikel sehingga menjadi aset digital : sebagai passive income? Di sini aku sadar untuk membingkai ulang dan melihat lagi artikel-artikel di blog hipnoterapi ini, unik dan lolos copy space, original, bukan semata plagiat dari hipnoterapis senior. 

Mengutip ilmu chunking dari NLP, kita dapat menggunakan chunk aside, chunk up, chunk down. 


5. Tambahkan Kutipan !

"Jangan Tunda pekerjaan yang dapat kau kerjakan hari ini, menjadi esok, Sebab waktu tidak pernah menunggu, detiknya terus melaju tanpa ampun, Ingat Waktu ibarat pedang, bila tak pandai kau manfaatkan maka tajamnya dapat melukai dirimu," 

Ini merupakan contoh kutipan yang dapat kita gunakan sebagai pembuka atau penutup artikel. Sehingga tulisan lebih hidup, berwarna seindah pelangi usai gerimis di sore hari. Secantik hiasan manik-manik di jilbab gadis yang kau taksir, manakala memandangnya membuat jantungmu berdebar syahdu, hidupmu mendadak penuh motivasi. 

Kutipan dapat Anda ambil dari kata mutiara, kitab suci, orang bijak, atau Anda ciptakan sendiri. Usahakan seoriginal mungkin, karena kalau sama dengan yang lain maka internet akan menganggap tidak ada hal baru dan itu dianggap duplikat. Inilah kerja keras penulis berkualitas. 

6. MENENTUKAN OUTCOME "NICHE" BLOG 

Idealnya tips ini merupakan jurus nomor satu, tetapi kenapa aku tulis di nomor enam? Kalau gayaku seperti itu. Terkait Outcome ini, pastikan dalam kalimat positif, misalnya ensiklopedia hipnotis hipnoterapi, cari apa saja, semuanya ada, dari cara belajar dan praktek, kecuali praktek hipnoterapi tidak dipublish karena berhubungan dengan rahasia pribadi klien. 

Anda ekologis menuliskannya, keluarga ANda mendukung ANda menjadi Blogger, anak-anak Anda support dan paham kapan waktu bermain dengan ayah/bundanya yang blogger, kecuali di masyarakat/lingkungan ANda, saat ini lagi ramai sosial media, youtuber, marketplace, tiktok, tetapi sungguh berbeda saat Anda memutuskan menjadi penulis blog. #konsisten. 

Tujuan penulisan tema, topik, dan hasil yang Anda targetkan tentunya, saat ini menjadi blogger dengan pendapatan Rp 10 juta / bulan merupakan pendapatan cukup untuk hidup dan menabung, setia menulis dan melakukan riset bangun blog berikutnya, sampai Anda punya 10 blog dan mempunyai pendapatan 100 Juta/bulan. Kalau ada 100 blog = 1 Milyar per bulan. 

Niche perlu kontekstual, bermanfaat. Sebab apa gunanya menulis konten pilar panjang sampai 10.000 kata kalau tidak ada yang mencari artikel Anda, ide-ide ANda, di sini aku putuskan untuk eksporasi habis-habisan topik hipnotis. A sampai Z terkait hipnoterapi, dan mereka akan menyebut blog hipnoterapisemarang.net adalah yang terbaik. Ini janjiku!!!!

Berapa tahun Anda mauu bangun blog dengan tema hijau tersebut? semisal parenting yang abadi sepanjang masa, tetapi apakah ANda cukup kompeten dan tersertifikasi sebagai coach parenting? Aku mentargetkan dua tahun lagi, (2024) aku sudah auto gajian dari blog terdahsyat ini. 

Tolok ukur nya dapat aku lihat dari kunjungan view per hari dan kunjungan total per bulan dari blog ini. Artinya dibutuhkan totalitas, fokus di satu niceh, satu blog sampai menghasilkan otomatis - servomechanism. Saat aku tulis artikel ini kunjungan harian sekitar 200 -500 views dengan pendapatan per bulan Rp 10.000,- 

Maka secara ukuran misal per views adalah rp 0,5 dengan target 10juta perbulan maka wajib dapat kunjungan 20 Juta views? Mungkinkah? ini pertanyaanya, sedangkan yang aku tahu dari senior internasional blogger mendapatkan traffic nya organik sekitar 300.000 perbulan. Kalau dikalikan Rp 10, maka dapat earningnya Rp 3juta/bulan. 

Semua perlu di tes dan ukur, dengan memperhatikan sumberdaya yang aku miliki sebagai hipnoterapist, coach dan Trainer. Sumberdaya lainnya pengelaman praktek Training - terapi and Coaching di ruang praktek atau ruang sharing terbuka dengan banyak peserta. 

6.1. MENJABARKAN LANGKAH KE-6 (Planning) 

Memulai dengan "Kenapa?" Artinya menulis artikel pilar butuh alasan yang sangat kuat, tanpa motivasi internal untuk mendapat sesuatu (mendekat) atau menjauhi (away) kesengsaraan maka tidak mudah bertahan selama dua tahun membuat konten tulisan panjang bermanfaat dengan sangat detail. 

Andai Anda perlu menghubungi seseorang, maka siapakah orang tersebut? Bagaimana Anda menghubunginya? melalui telpon pulsa? WA Call, Video Call, Atau hadir di workshop google Adsense yang sudah sangat jarang kecuali kelas yang diklaim dengan investasi Rp 20 Juta. (wow).

Selanjutnya apa yang perlu ANda kurangi untuk menulis artikel? diantaranya stop nonton video online, baik youtube, short, reels, tiktok, yang selalu menarik tetapi menghabiskan waktu tanpa terasa, tanpa ada karya nyata. Bagaimana kalau sekarang mulai berburu buku-buku hipnotis baik jadul, terbaru, lokal sampai internasional berbahasa inggris. Bukankah ini tantangan yang membuat maju?

6.2. Visualisasi 

Apakah kata ini terdengar cukup familiar bagi Anda pecinta pemberdayaan diri? Ada yang ngeyel ini sangat manjur, sementara lainnya klaim, itu tidak ada gunanya. Secara pribadi aku sampaikan bahwa visualisasi sangat bermanfaat dengan melibatkan Visual, Auditori, kinenstetik, Olfaktori dan Gustatori. Alasan ke-2, "Segala sesuatu tercipta 2x, pertama dalam pikiran, selanjutnya tercipta melalui action.

Kalau saat ini, aku sekarang punya banyak cara melakukan visualisasi, dengan menggunakan edit submodality plus anchor. Apakah perlu dituliskan di sini?  Baiklah Agar ANda tdiak penasaran berikut ini tahapan visualisasi - sensualisasi :

Tutup mata Anda, hadirkan desire state yang sangat Anda impikan. Targetnya kali ini bayangkan 1.000 Artikel pilar telah ANda selesaikan di blog hipnoterapisemarang.net, Lihat dalam benak Anda bagaimana traffic kunjungan menigkat drastis dari 200 menjadi 500, naik jadi 1000, terus tumbuh per hari hingga mencapai 300ribu. Lihat angka dan grafic di statistik blog sangat nyata. 

Tarik nafas Anda, bayangkan ruangan kerja Anda, koneksi wifi stabil, laptop yang ANda gunakan menulis blog, aroma wewangian yang ANda hirup, suara murattal dari Muammar Za (juz 1 -30) setiap hari menemani aktivitas menulis, kadang campur sari, audio relaksasi, dan sensasi seluruh tubuh yang segar hati tenang dan damai. Berhenti 10 menit sebelum adzan karena persiapan sholat berjamaah. 

ANda dapat melakukan visualisasi ini setiap malam selama 21 hari sebagai praktek self hypnosis, mind program yang sering diajarkan di materi Training Basic hipnotist. Ini merupakan improvisasi saya sebagai blogger plus hipnoterapis expert. 

7. Memahami Manfaat Konten Pilar 

Manfaat pertama dari sisi fungsinya yaitu memberikan informasi kepada klien yang mencari detail keterangan, baik berupa tulisan, foto, video. Jangan hanya berhenti hanya menyampaikan info, lalnjutkan dengan meyakinkan, menghilangkan keraguan, sampai audiens ANda melakukan action sesuai presentasi ANda. 

Manfaat kedua yaitu menyasar sisi emosional klien ANda, dengan konten yang ANda tampilkan berdampak mengaduk-aduk sisi emosional pendengar, ada saatnya mereka terbuai dengan cerita ANda, menangis, tertawa, terhibur dengan lelucon ANda, dan benar-benar kangen dengan konten buatan Anda. Konten Anda menjadi candu tanpa mereka sadari. Ada yang kurang kalau tidak mampir penasaran terhadap update-an terbaru. 

Manfaat ketiga yaitu sebagai edukasi, baik edukasi perihal produk/jasa ANda yang tidak dapat ditawar karena manfaatnya yang dahsyat dibanding sekedar harga yang Anda tawarkan. Atau edukasi terkait topik khusus yang Anda sangat master misalnya perihal selftalk transformasi hidup. 

Manfaat keempat : Konten sesuai dengan isu hangat, viral, dan kecepatan membuat topik / tema, misalnya terkait 21 April 2022, Bagaimana Ibu Kartini muda menghipnotis dunia dan dampaknya tetap terasa sampai sekarang, bahkan dengan kekuatan magnetisme-nya Beliau dinobatkan sebagai pahlawan nasional - pengusung emansipasi wanita dan pendidikan kaum perrempuan.  (Agile Content)

8. Evaluasi 

Ini merupakan langkah yang tidak dapat Anda Abaikan saat membuat konten pilar baik untuk blog, sosial media, bisnis, jasa atau produk/jasa. Seperti apakah cara efektif melakukan evaluasi? Apakah aksi-aksi yang ANda lakukan melalui konten tersebut mencapai goal yang sudah Anda buat? 

Logika 1 : kalau sudah sesuai dengan target yang dibidik : kunjungan 1 Juta/hari maka aksi pembuatan konten, dari tema, kapan posting, dan skill lainnya sudah uptodate. 

Logika 2 : Bila konten telah dibuat dan dilaksanakan tetapi belum dicapai hasil optimal yang dicita-citakan maka lakukanlah perbaikan, fleksibel terhadap aksi sehingga tujuan utama tercapai. Seringnya paling mudah membuat pengukuran itu dengan jumlah transferan yang masuk setelah upaya -upaya terbaik dari langkah 1 sampai 7. 

Evaluasi dilakukan setiap hari dengan melihat statistik blog, analitic akun tik-tok / instagram, sampai creator studio di youtube, ini sebagai salah satu indikator yang dapat dipakai. Kalau adsense maka dapat dicermati cpc dan ctr dari iklan. 

Terakhir, untuk evaluasi tetapkanlah standart untuk diri Anda! Karena Anda yang menentikan target, dan menikmati hasil akhirnya. 

MEMILIH BAHAGIA DENGAN MENULIS 

Setiap orang dapat memilih aturan bahagia yang dibuatnya, Anthony Robbin menyebutnya sebagai Kompas Kehidupan yaitu Aturan, Apa yang harus terjadi agar Anda bahagia? SAlah satu jawaban yang paling keren dari peserta Training menyampaikan : bila besok pagi, aku bangun tidur, bernafas dan dapayt berdiri di atas tanah, maka aku sangat bahagia. Sungguh aturan yang sangat mudah. 

Beberapa hari ini aku mendapatkan aturan baru yaitu aku bahagia karena menulis di blog diary pertumbuhan diri, meskipun saat ini tulisan lepas ini sudah ditemukan oleh robot google dan belum diindekx, yang penting aku menulis saja. AKu sudah daftarkan ke google search console, aku uji url, hasilnya dapat diindeks, tunggu beberapa hari lagi atau mungkin mingguan, atau sebulan? 

MENULIS SEOLAH CURHAT DENGAN GUSTI ALLAH 

Kemarin aku rasakan sensasi dekat dengan gusti Allah melalui tulisan-tulisan yang tampil di blog hipnoterapi indonesia, tetapi sensasi tersebut menghilang saat aku melihat video-video tiktok yang mampu menyihirku melewarkan 1,5 jam, terus scroll ke bawah-bawah. Apabila tidak di stop maka bisa berjam-jam tersihir terhipnotis konten tiktok viral #fyp #foryourpage 

Pemicunya karena aku ikut kelas domination tik tok, sehingga aku install ulang tik-tok, masuk dengan nomor hp lalu mendapat 6 kode login, dan saat upload video public speaking praktek - langsung dapat teguran - pelanggaran komunitas. Aku lalu bertanya kepada group tik tok dominasi, jawabannya karena ada foto anak-anak, dan aku sertakan promosi berupa nomor hp di video. 

Sadar akan pelanggaran, aku ajukan banding, walau sebelumnya aku sudah hapus video yang dianggap melanggar. Kemudian aku upload video-video lain, dan ternayata langsung dapat views : 5 di video pertama, begitu pula video kedua dan ketiga. Maka aku taruh nomor hp dan wa di profile / bio tiktok. Hal ini menunjukkan pentingnya mentor bisnis online agar kita tidak melakukan kesalahan. 

Sepertinya tontontan video tiktok (VT) dengan akun publik dengan nama @hipnonlppublicspeaking terus bertambah, dari waktu ke waktu sesuai dengan isi materi, nanti coba deh aku praktek buat video sebagaimana perintah untuk live 15 menit, sehingga akun tidak dianggap spam. Oh ya, aku tuliskan tips trik dan temuan agar menjadi catatan perjalanan digital marketingku. 

SEDIH TRAFFIC 20.000/BULAN JADI 7.000AN 

Tetapi aku tidak boleh berdiam diri dan nglokro atas turun drastis traffic blog ini, aku berfikir apakah karena aku menulis diary -gado-gado dan tidak lagi melanjutkan membahas skript hipnotis hipnoterapi? Dengan menulis diary ini aku mendapat energi dan semangat dedikasi bahwa aku penulis produktif, tetapi ada suara dalam diri, apa yang aku tulis tidak mencerminkan riset pencarian volume tinggi di bidang hipnosis. 

Ok, bagaimana bila menulis artikelnya dibagi antara nulis kegiatan harian dengan dunia hipnotis hipnoterapi, sepertinya aku sudah menyiapkan modul di meja kerja tetapi aku belum juga menyalinnya menjadi tulisan dahsyat versi ilyas afsoh. Poin-poin yang sudah aku tulis di blog, aku berikan centang di modulnya. Alhamdulillah sudah 19 Script Therapy Mind Programming. 

Saat menulis scirpt terapi hipnosis kadang aku ingin by pas ke poin utama saja karena urutan pertama dan kedua ketiga sebagai opening kurang lebih sama. Tetapi aku sadar bila pembaca blog ini tidak semuanya paham hipnosis sehingga perlu bagiku menulis ulang- sebagaimana proses pertama sampai nomor tujuh. 



MEMBAGI WAKTU MENULIS, BUAT VIDEO DAN DESAIN GAMBAR 

Dari dahulu namanya internet marketing kontennya ya itu-itu saja, teks, gambar dan video. Menjadikan teks sebagai video, menjadikan teks sebagai suara, dan menggunakan teks sebagai senjata utama untuk melayani kebutuhan klien. Meskipun konon saat ini, konten terkuat ada di video karena orang malas membaca, dan dimanja dengan audio video. 

Hari ini aku mau uji coba dengan menulis artikel sampai 1.000 kata, apakah ada perbedaan terindeks di mata google atau tidak? APabila ada hasil nyata maka teknik menulis 700 kata - harus diganti dengan teknin 1K, Memnag tidak ada patokan khusus, ada yang bilang menulis sampai 2.000 kata - 5.000 kata, namun ada yang bilang kalau media besar nulisnya sekitar 500 kata saja. 

Sampai siang ini aku melihat dashbord google adsense dan melihat pendapatannya Rp 48,22, dimana pengunjung blog sekitar 23 views dari Indonesia dan Amerika. Apakah benar itu amerika atau orang indonesia yang menggunakan vpn sehingga terbaca seolah pembaca luar negeri, ataukah pembaca asli dari sana yang nyasar karena aku menulis beberapa artikel berbahasa inggris. 

Aku berhenti sejenak, melakukan control A untuk semua tulisan dan paste di ms.words untuk melihat sudah dapat berapa kata? Beda dengan wordpress yang memiliki penghitung kata otomatis. Aku memilih blogspot karena praktis hanya beli domain per tahun sekitar Rp 250.000ribuan di idwebhost, beda dengan wordpress yang butuh domain dan hosting sekitar Rp 500-750ribu, 

BAPER SAAT PENGHASILAN ADSENSE : KECIL 

Kurang lebih satu tahun aku berjuang menulis artikel di blog ini untuk menaikkan pendapatan iklan yang tayang dan klik, usahaku saat ini menghasilkan Rp 10ribu per bulan, aku ulang-ulang terus hal ini sebagai pengingat bahwa aku perlu terus konsisten update dan istiqomah dengan menulis artikel ini. 

Kemarin hampir aku mau curhat sama om Santo, bagaimana agar traffic blog dapat tembus ratusan ribu per hari syukur-syukur jutaan per hari. Tetapi aku urungkan karena aku tidak mau menyusahkan orang lain dan sejatinya aku sudah punya jawabannya yaitu : optimasi seo melalui riset kata kunci dengan pencarian tinggi plus persaingan sedikit, sehingga menang di mesin pencari online. 

Struktur penulisan yang kurang greget dan lebih banyak curhat ke pengalaman hidup menjadi sebab kecilnya pengunjung blog ini, sebab sadar diri kalau personal branding yang pilih sebagai Trainer Coach dan Hipnoterapis terlalu umum dan tiap bulan selalu muncul pendatang-pendatang baru di dunia pemberdayaan diri. 

4 HALAMAN PER ARTIKEL ?

Sepertinya ada standart baru yang perlu aku upgrade yaitu empat halaman A4 untuk setiap artikel yang tayang per hari. Apabila menggunakan konsep tertata dan konsisten maka aku ubah strategi posting dengan terjadwal, yaitu menulis banyak artikel lalu schedule post per hari jam 00.00 wib atau 07.00 wib. 

Artinya artikel ditulis dulu di kertas hvs, atau microsoft words lalu dirapikan di folder khusus dan posting terjadwal. Sepertinya bulan Ramadhan merupakan momen tetapt untuk menulsi perbanyak artikel, baik pagi, siang, sore dan malam, amsing-masing 2jam sehaingga total nulis artikel 8 jam per hari (4 Artikel dalam 30 hari sehingga mencapai 120 artikel). 

Oh ya, lebaran kan mudik dan di desa tidak sempat nulsi laptop, maka perlu juag disiapkan artikel terjadwal sehingga pendapatan adsense tetap lancar dan masuk ke rekening secara otomatis, plus mulai build blog baru di blogspot atau coba bangun wordpress berbayar dengan kerja sama bersama blogger muda dari kampus / mahasiswa. 

Sempat terpikir untuk mengelola blog pendidikan luarbiasa.hidupbaru.net untuk anak berkebutuhan khusus bersama istri, tetapi pekerjaan istri sebagai pengajar sudah tidak punya waktu lagi. Seorang hipnoterapis member IAIH yang dulu sanggup menuliskan pengalaman sebagai orangtua anak autis ternyata menguap begitu saja. 




TANPA NAMA DAN NOMOR HAPE DI AKHIR TULISAN 

Aku belajar hal ini dari tiktok dan sosial media yang telah menyediakan nomor kontak di kolom khusus pada profile diri. Agar tidak terdeteksi pengulangan konteks yang dampaknya dianggap bukan kanonis oleh google. Ya kita ngikut saja karena kita wajib mentaati peraturan google yang semakin canggih. 

Cukup sekian ya kawan-kawan curhat jelang 1 Ramadhan 1443H, silakan lanjut baca tulisan :

DIARY HIPNOTERAPIS FEBRUARI 2022 

 Dulu aku berimajinasi kalau aku punya CV, PT, BAdan Hukum maka aku siap menerima klien Training - Coaching Corporate. Maka aku berinisiatif mendaftarkan CV Shahafa Excellence ke Notaris Pedurungan, Lalu ke kantor pelayanan terpadu Semarang, dan ke Pengadilan Tinggi Semarang untuk mendapat pengesahan. AKu lakukan semuanya sendiri. 

Tetapi ada yang kurang, untuk daftar CV ini, dibutuhkan seorang ahli di bidang komunukasi minimal S-2, Management. Maka aku mundur kembali, dan saat sudah di Pengadilan, aku konsultasi bahwa CV dapat disahkan bila sudah punya NPWP badan usaha. Ternyata aku salah membuat NPWP, yang aku buat justru NPWP Personal - orang per orangan. 

Aku mendapat saran dari sahabat, kalau mau buat CV itu mudah, jangan diurus sendiri, minta jadi sama notaris, tinggal bayar, selesai, atau pinjam saja CV teman yang sudah jadi. Hal ini membuatku ingat dengan pelajaran mata kuliah hukum perindustrian, bagaimana membuat badan usaha, dan konon katanya sekarang sudah bisa buat PT Perorangan. Wallahu Alam. 



2018, 2019, 2020, 2021 : Semua Pajak 1770 : Nihil. 

Aku tidak begitu paham dengan hitung-hitungan pajak - aku mengikuti saja diajari oleh petugas pajak, tentang SPT 1770 karena pekerjaanku sebagai freelance (pekerja Bebas), tidak ikut perusahaan, tidak ikut pemberi pekerjaan. Aku kerja benar-benar bebas, melayani curhat, memberikan layanan konsultasi personal, memberikan Training atau Coaching yang dibayar dengan kesepakatan. 

Tahun-tahun awal, aku antri mendaftar dan diajari oleh petugas pajak, dan hasil akhirnya nihil, pernah aku isi pejak ternyata salah kolom, sehingga aku mendapat penaggilan dari Kantor Pajak Pratama Candisari, Aku katakan semua, sebagaimana adanya. Basic-ku adalah Trainer NLP, dan yang aku pahami sekarang aku tulis di sana sebagai pekerjaan bebas. 

Khsusus pajak 2022 ini aku kerjakan sendiri, berdasarkan catatan yang aku dapat dari petugas pajak sebelumnya caranya menggunakan : 
  • eform iv 
  • III Skip 
  • II Skip 
  • I hal 1 Skip 
  • I halaman 2 diisi klik pencatatan , pekerjaan bebas
  • penghasilan misal 60 Juta 
  • Tarif Norma 31%, 
  • Netto (60juta x Norma) 
  • Induk 
  • Klik KK 
  • PTKP
  • k-2 (67.500.000) 
  • isi Tanggal 
  • Submit 
  • Lampiran PDF 
  • Kode verifikasi email 
  • klik kirim 
  • Tunggu sampai ada notifikasi dari djp atas pelaporan SPT Anda. 
Setidaknya aku tidak lagi perlu datang ke kantor KPP Pratama candisari untuk bertanya ke help desk sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Oh ya, aku juga menyimpan nomor wa kantor pajak baik telpon dan wa di nomor kontak teleponku, sebagaimana saat aku minta pengajuan efin sehingga aku dapat melakukan pelaporan online. 

Bagaimana dengan Laporan SPT Istri yang PNS? 

Aku juga tidak begitu paham dengan prosedurnya, aku sudah bertanya ke wa pajak online, namun belum mendapat jawaban kiriman tutorial online-nya. Maka aku sarankan untuk minta bantuan Bu Dilla atau Bu Pur sesama rekan guru di SLBN 1 Semarang jawa Tengah. Daripada datang antri offline di KPP Pratama, karena membutuhkan waktu dan biaya PP. 

Batas waktu laporan spt 3 haru lagi, masih ada waktu untuk menyelesaikannya, misalnya lupa Efin dapat bertanya kepada petugas pajak, kemudian dikerjakan dengan bantuan teman-teman pengajarnya. Aku nanti akan coba cari tutorial di Internet / Youtube, bagaimana solusinya. 

Meskipun NIHIL, setidaknya aku ikut aturan negara untuk tertib lapor pajak, sebab 2 tahun sebelumnya aku sengaja tidak laporan spt - bulan September aku mendapat surat dari kantor pajak untuk menghadap. KAdang aku berfikir, andai dulu aku tidak lapor npwp - mungkin aku tidak akan punya kewajiban lapor spt tahunan. Sungguh pola berfikir yang lucu, sebab pada akhirnya nanti nik akan menjadi akses untuk dikenakan pembayaran / lapor pajak kepada negara. 

Konsultan Pajak Agar Tidak Bayar Pajak 

Aku mendengar obrolan di warung kopi, bahwa untuk menghindari pajak maka bayarlah konsultan pajak, daripada bayar pajak banyak, lebih baik menggunakan trik sehingga tidak perlu keluar uang untuk bayar pajak. Misalnya pengusaha Mobil truck yang memiliki banyak armada tetapi memiliki nomor plat dan surat-surat duplikat. 

Entahlah, aku tidak tahu, aku hanya mendengar cerita ini di jalanan, tanpa dapat dibuktikan kebenaran dan otentik-nya. Yang aku pahami sebagai masyarakat Awam, ada joki-joki pajak yang harusnya bayar dalam jumlah besar tetapi bayar dalam jumlah sangat kecil karena punya konsultan orang dalam, hangat dalam berita masa lalu : Gayus Tambunan. Semoga sekarang sudah lebih baik lagi, dan tidak ada joki pajak. 

Tetapi aku juga melihat video seorang pembicara yang taat pajak, semua usahanya tertib bayar pajak. entah berapa persen sebenarnya porsi yang wajib dibayarkan pengusaha? Katanya kalau omset belum 5 Milyar maka tidak wajib bayar pajak. Aku tidak yakin apakah 1 atau 5 Milyar ya? 

Meskipun aku sudah subscribe channel youtube pajak, tetapi aku jarang mengikuti berita update perpajakan terbaru. Saat aku masih muda, aku dengar bahwa Andai uang pajak itu benar-benar pada porsinya, maka makmurlah Rakyat Indonesia ini, tidak perlu susah payah seperti yang terjadi di masyarakat bagaimana kabar seorang nenek yang dituntut penjara gara-gara nyolong singkong - demi makan (kelaparan). 

PAJAK TANAH BAPAK DI DESA

Bapak bercerita kalau Sawah yang dijualnya untuk Jalan Tol Surabaya Mojokerto, telah dikurangi sekitar 1.000 meteran tetapi nilai bayar pajak tahunan tidak berkurang, tidak ada pengurangan, saat ditanyakan ke perangkat desa Tenaru dan Kepala Desa, mereka membisu tidak ada solusi. daripada dongkol, tulis saja di sini. Setidaknya ini merelease emosi negatif karena gemes. 

Kalau ditulis lama-lama bisa merembet kemana-mana perihal preman kampung yang ngoyo agar sawah-sawah sisa tol segera dijual dan mereka dapat jatah proyek jual tanah urukan. Katanya sih itu investornya adalah pemilik pergudangan besar di Indonesia. Bagaimana cara melawannya? Tulis aja dulu di sini - biarkan pikiran bawah sadar yang memberikan solusi ajaib, melalui perjumpaan dengan orang-orang yang kompeten. 

Lapor Pak Machfud MD?
Ide yang konyol, bagaimana lapornya? Tulis saja di twitter -mention twitter atau DM, lapor pada pak Kiyai yang punya akses pada Pak MAhfud MD, Sementara belum aku lakukan, lagi-lagi tulis saja di Sini, siapa tahu dibawa oleh netizen dan diviralkan sampai ke presiden Joko widodo, yang konon sedang menghadapi isu penundaan pemilu atau lanjut 3 periode. entahlah!!!

HUKUM OTONOM : WASPADALAH!

Ada yang menyebut selain hukum dari undang-undang, ada hukum semesta yang disebut pembalasan langsung dari gusti Allah yang bernama Hukum otonom, Hukum yang tidak tertulis di konstitusi - hukum yang tidak diputuskan oleh palu hakim, tuntutan jaksa, pembelaan pengacara, tetapi hukum yang bersumber pada Semesta - Ilahi rabi. 

Kami percaya dengan hal tersebut, maka terus berupaya jadi orang baik. Andai ada orang Jahat maka karma buruk sejatinya sedang menantinya, sebagaimana pepetah jawa "Siapa menanam - Maka Memanen, " Siapa menabur Angin, Menuai Badai,"


LANJUT NGURUS KIA SEMARANG 

 Aku datang pada hari Senin sore, sampai di sana Jam 15.30 wib dengan penuh percaya diri karena melihat profil Dispendukcapil di Google yang ditulis buka jam 08.00-16.00 wib, Lha sampai di kantor ternyata tertulis 08.00-14.00 wib Senin-Kamis, Jumat 08.00-11.00 wib, Sabtu Libur. Maka aku iseng-iseng edit profil Google nya agar tidak ada yang kecele, aku ubah menjadi 08.00-13.30 wib. 

Maka dengan penuh semangat, hari Selasa pagi jam 08.00 wib aku berangkat dari rumah dan sampai di kantor kecamatan jam 08.17wib sudah dapat Antrian nomor 21. Menunggu hampir satu jam, aku masuk dan menyampaikan untuk ambil kartu induk anak, M Aufa siap diambil, M Hadil disetujui. Petugas bilang, bawa fotokopi kk dan akte, langsung ke sini tanpa antri.

Aku pulang ke rumah fotokopi KK dan Akte anak-anak, sampai di kantor kependudukan, ganti petugas, yang awalnya dua orang tinggal satu orang saja. Aku serahkan berkasnya, lalu dibilangin kalau kurang foto anak ukuran 4x6 1 lembar dengan background warna merah. Duh, kenapa petugas sebelumnya tidak ngomong lengkap? 

Aku meluncur ke Fotokopian untuk cetak foto anak-anak, ALhamdulillah cukup melelahkan bolak-balik 3x dari rumah ke bulusan kantor dispendukcapil kecamatan tembalang, aku pasrah, dan akhirnya bisa ambil KIA Aufa jam 11.00 wib, Sementara KIA kakaknya menunggu 3 hari lagi bila tidak ada perubahan status di aplikasi. Mneurutku bisa didaftarkan saat itu juga, tapi antriannya terlalu banyak sehingga aku diminta pulang oleh petugasnya. 

PAHAMI ATURAN DAN SOP 

Urusan apapun, termasuk saat menghipnotis, debat, ngurus administrasi negara semua perlu paham aturan main, hukum dan undang-undangnya. KAlau tidak paham maka sengsaralah pelakunya, setidaknya ada kerepotan, boros waktu dan biaya karena harus bolak-balik dari rumah ke kantor urusan pemerintahan. 

Jadi Ingat kejadian saat aku urus perpindahan BPKP Mobil Daihatsu Taruna 2001 yang aku beli dengan harga Rp 60Juta, aku harus bolak-balik dari rumah ke Samsat, ke BPKB Sompok, Samsat lagi, Sompok lagi, lalu ke Polda jateng, Sompok dan Baru ke Samsat Banyumanik. Setidaknya sampai 3 hari lebih, belum lagi nyasar ruangan di Polda. 

Kalau bisa mudah, jangan dipersulit. tetapi kemudahannya juga jangan ada biaya tambahan, benar-benar professional sebagai abdi negara, bersih tanpa sogok, korupsi , suap. Pelajarannya aku jadi mengerti alur ngurus BPKB Mobil, jual beli sampai ganti plat menjadi H 1062 ER, dengan biaya sekitar Rp 2,5 Juta. dan Pajak Tahunan bulan desember Rp 1,2 Juta. 

BELI POCARI DI INDOMARET KETILENG 

Usai print foto 4x6 4 lembar dan bayar Rp 4.000, aku mampir ke Minimarket beli 2 pocari sweat ukuran 600ml seharga Rp 6.500, plus larutan penyegar cap kaki 3 yang konon dapat meredakan panas dalam karena bolak balik di perjalanan / jalanan. 

Duh Pocari nya dingin banget, kerasa di tenggorokan, karena aku tidak kuat minum dingin-dingin sejak smp, aku dilarang minum dingin dan sambal karena punya sakit amandel, Alhamdulillah aku tertib, dan menghindari makanan-minuman dingin, pedas dan kecut. Maka aku masukkan botol pocari ke dalam tas untuk menghilangkan suhu dingin dari kulkas. 

Tumben, hari ini aku menulis detail dairy-ku, karena sudah sejak lama tidak menulis hal-hal harian seperti ini. Mungkin karena aku termotivasi untuk membuat tulisan panjang dengan target 700 artikel dan ada yang membaca pengalamann hidupku yang dampaknya view tembus jutaan perhari dan auto gajian dari google adsense. 



12.00 wib : Jemput Anak ke SD QU Hanifah 

Hadil dan Aufa sekolah di PKBM - khusus penghafal Alquran di Karanglo depan pasar pedurungan. Sayangnya sejak pandemi target hafalannya berkurang karena siswa daring via zoom dan wa video call, dimana pembelajaran tidak maksimal, apalagi sejak kepala sekolah UStadz Hudi mengundurkan diri, lalu siamng ini, kepala sekolah pengganti Ustadz Riyan mundur juga karena ibunya yang di Aceh sakit, Sekarang SK Kepsek dipegang Ustadzah Laili. 

 Menulis seperti ini sebagai catatan pengingat, sedetail-detailnya, misal hadil sakit batuk karena bronko pnemoninya kambuh, alhamdulillah diobati dokter Sedyo Wahyudi RS Panti Wilasa Dr Cipto, sembuh - tinggal radang di Amandel yang juga diurusi oleh dokter Retno THT. Besok rabu kontrol lagi, ada obat ambroxol dari dokter sedyo yang rutin diminumakn dan stop bila batuk berhenti. 

16.30 wib Ke Mc D Majapahit Semarang 

Hari ini Ultahnya Aufa ke-9 tahun, tidak ada kue, tapi kami berkendara menuju McD untuk pesan burger kesukaannya, Hadil ikutan pesan burger, dan aku pesan paket ayam plus teh panas. Berempat semua menghabiskan sekitar Rp 100.000an lebih, plus parkir penyebrangan jalan. 

Aku terkejut karena pesannya sekarang tidak di depan kasir tetapi pesan dengan klik-klik layar sentuh, ada tiga layar yang disiapkan, sebagai customer yang baru masuk setelah pandemi kami dipandu oleh waitress cara mengoperasikan order dan bayar di kasir. 

Dapat nomor meja 42, di sebelahku sepasaang gadis remaja yang pesan ice cream, lalu pasangan muda-mudi yang makan ayam goreng, bawa laptop, sementara di bilik sebelah remaja putri teriak-teriak heboh dengan temannya. Jam 17.00 kami akhiri makan bersama di McD, pulang menuju sinar waluyo.

RAB, AKU BUTUH GARASI MOBIL 

 Tinggal di kompleks perumahan memiliki cerita tersendiri, dulu aku pernah mendengar kalau orang-orang perumahan itu egois, tidak saling kenal dengan tetangga, sibuk dengan urusan masing-masing, dan lain-lain. Sekarang aku buktikan sekarang saat aku di Perumahan Sinar bukit Asri Kedungmundu tembalang Semarang JAwa Tengah. Tidak semuanya benar, meskipun ada beberapa yang mendekati kebenarannya. 

Potensi konflik selalu ada, mulai dari urusan parkir depan rumah, ada yang ngotot kalau punya mobil itu, harus punya garasi, urusan musholla dan ibadah, ada saja hal-hal yang dibahas, belum lagi yang egois ingin menang sendiri, dan bila digenrasilasasi respon manusia itu fight (Menyerang) atau flight (melarikan diri). 

Ada yang aktif bersuara, koar-koar ke pak RT, di Groups, sementara yang lain memilih pasif, masa bodoh, bahkan ada yang berniat pindah ganti lingkungan. PAdahal kalau mencari tempat baru, maka kurang lebih manusianya sama saja, ada yang ramah, egois, tulus, munafik. 

GUSTI, AKU BUTUH RUMAH LAGI

Merespon hal tersebut, maka aku memilih berdoa dan tekun action agar segera dapat membeli rumah lagi dengan garasi yang lebih luas sehingga mobil Taruna memiliki tempat, tidak lagi kepanasan dan kehujanan di luar. Aku berbicara kepada Taruna, "Yuk bantu aku doa ya, doakan aku ya Taruna, sambil mengelus-elus body," Aku kerap berterimakasih kepada Taruna karena setia mengantarku kemana saja, antar tumpeng, training, jalan-jalan, ziarah, mudik, dan semua kegiatan ngaspal. 

Aku mendapat ilham untuk memiliki rumah di daerah Ungaran - Nyatnyono dekat dengan makam Waliyullah Mbah HAsan Munadi dan Mbah HAsan Dipuro. Kadang aku dan istri berkelakar, kita tinggal di Nyatnyono dan jualan cilok - pentol, buka warung pecel, rawon bagi peziarah. 

Mulai hari ini aku membuka diri atas semua kesempatan dan kemungkinan , peluang yang mempercepat aku memiliki rumah di Nyatnyono dengan mudah dan bahagia. Yang sering kami diskusikan bersama istri yaitu perbanyak baca Sholawat, wasilah kepada rasulullah sehingga impian menjadi kenyataan. 

Sikap Ikhlas dan Proaktif 

Apapun yang terjadi dalam kehidupan ini, kita punya andil terhadap nasib yang menimpa kita dan keluarga kita, tidak perlu merespon dengan emosional perbuatan tetangga kita. Tidak mneyalahkan mereka juga, ingat kita yang memutuskan untuk tinggal dan beli tanah di perumahan yang kita pilih. 

Aku mencari hikmah, aku mendapatkan ternyata ini adalah impianku, tinggal di lingkungan baru yang tidak seorangpun mengenal diriku, hidup sebagai rakyat jelata, padahal aku seorang yang dianugerahi banyak nikmat, menjadi pembicara, trainer, hipnoterapis, coach, motivator, blogger dan kabar baiknya sedang menunggu tanggal 24 April 2022 saat Romadlon - datangnya PIN Verifikasi Alamat dari google Adsense karena mencapai saldo minimal $10 (144.208)

Tinggal di perumahan ini, pengajuan adsense Google diterima, verifikasi rekening bank mandiri, verifikasi KTP langsung approve sekitar 1 jam, dan menunggu PIN verif alamat untuk pencairan saldo bulanan minimal 100$ / Rp 1.300.000,-   Ada satu keuntungan yang aku dapatkan yaitu mudahnya dan jelasnya alamat di kota besar. kemudahan fasilitas kesehatan dan pendidikan. 

Menemukan Banyak Hikmah di Perkotaan 

Daripada mengeluh tetangga yang egois, semau-maunya sendiri, munafik, atau hal-hal buruk lainnya, mari kita doakan kebaikan untuk semua, bermunajat agar tanah yang kita tinggali menjadi sebab keberkahan bagi banyak orang, menebar vibrasi tulus dari titik rumah (Nasi Kotak dan Tumpeng Semarang Nyonya Afsoh). 

Memasuki usiaku yang 40 tahun menjelang 41 tahun, pernah mengalami tensi darah tinggi yang naik dan Alhamdulillah sekarang sudah normal kembali dengan berbagai macam upaya lahir batin, ke dokter spesial, herbal, alternatif, dan self hypnosis, tidur lebih nyenyak sekarang, dan ada pengingat fisik kalau lelah segeralah istirahat , stop memforsis diri berlebihan. 

Ternyata bila disyukuri maka kita mendapat banyak nikmat, coba ditulis, MAsyaallah Tabarokallahu, dianugerahi anak-anak cakep dan penurut, penghafal Alquran, plus satu ide luar biasa yaitu Mind and Heart Therapy with Baca Tulis Alquran - running mendekati puasa Ramadhan 1443H. 

Ada kesempatan mendokan para tetangga, warga negara Indonesia dan seluruh Umat Nabi Muhammad mendapat kebaikan- terkabulkan semua hajatnya, hidup penuh berkah, panjang umur dalam taat Allah dan rasulnya, sehat, hidup dalam kecukupan, keluarga harmonis dan bijaksana.

 Menjadi Leader informal 

Ada banyak kesempatan menjadi pemimpin, yaitu pengaruh. Sejauh apa pengaruhmu, sejauh itu pula level kepemimpinanmu. Di masyarakat kita dapat menjadi pemimpin dengan peduli lingkungan, dengan membuktikan hidup kita baik-baik saja, di atas rata-rata, hidup bersyukur, berlebih tanpa keluhan, dengan tantangan yang selalu dapat kita selesaikan dengan baik dan belajar dari banyak hal kejadian sehari-hari. 

 Kesimpulannya : Aturan parkir terpadu, agar tidak ada mobil yang diparkir di depan rumah tetapi di samping gang merupakan sinyal agar kita membeli rumah kedua yang lebih luas dan ada garasi mobilnya. Plus waktunya memiliki rumah sejumlah anak-anak kita, aklau punya dua anak maka wajib punya dua rumah, dan membangun rumah selanjutnya sebagai media berbagi - rumah belajar (pesantren). 


PERSIAPAN MUDIK Tahun Ini APA SAJA? 

Aku tulis di sini sebagai panduanku pulang kampung rutin setahun sekali menjenguk Mbah Bari dan Mbah Mut di Desa Tenaru Gresik. Rute perjalanan kami awali dengan start di pintu Tol Gayamsari Semarang 2 jam kemudian istirahat di Rest Area Ngawi. sekedar melemaskan badan, selonjor kaki, atau buang air kecil. 30 Menit kemudian lanjut 1,5 Jam turun di pintu tol Jombang. 

Istirahat di Jombang di Rumah Ibu Mertua (Mireng Sumberagung Mengaluh), antara satu atau dua hari lalu lanjut naik tol Jombang turun di Gresik sekitar setengah jam. Dari pengalaman tahun sebelumnya dan perjalanan sebelumnya perlu persiapan beli pertalite sekitar Rp 800.000,- Pulang pergi dan Etoll- Rp 700.000, PP, Total Rp 1.500.000,- 


1. Siapkan Duit Mudik 

Pengeluaran mudik terbagi menjadi beberapa point yaitu : 
Operasional Perjalanan : Rp .... 
Operasional Sehari-hari di Kampung Halaman : Rp ....
Operasional berbagi untuk anak saudara dan tetangga : Rp ...
Uang Saku untuk orang tua : Rp ....
Kalau mau ambil pengeluaran paling minimal yaitu dengan tidak mudik (he he he he), Setidaknya aku atau Anda sudah tahu berapa biaya pulang kampung sekarang. 

Aku sekarang mengerti kenapa ada keluarga yang memilih pulang kampung dengan naik mobil pribadi, sewa, atau bahkan naik kereta api/bus. Kalau personal yang pulang, mungkin bukan masalah, beda kalau bawa anak-anak maka pengeluaran menjadi lebih besar. Kesimpulannya karena mereka punya ongkos pulang kampung. 

Kalau mudik pulang kampung antar desa atau Antar Kabupaten yang dapat ditempuh dengan 2 jam naik motor, pasti biaya sangat ringan, Aku berbeda karena dari kota Semarang ke Driyorejo gresik setidaknya operasional perjalanan Rp 2 Juta baik naik mobil sendiri atau naik kereta Api. Tidak boleh membandingkan diri dengan teman-teman desa yang mudiknya sejauh 2 Jam tersebut. 

2. Baju Ganti di Kampung 

Celana Panjang :  
Celana Pendek : 
Celana Dalam :
Sarung : 
Baju : 
Tas : 

Setelah semua lengkap, masukkan ke dalam tas besar, dan taruh di jok paling belakang, dan perjalanan dapat dilakukan dengan memakai baju apa saja, yang penting berdoa, enjoy dan bawa uang banyak. Beda dengan naik kendaraan umum, yang membuat kita kadang memakau baju pergi yang layak dipandang dan tidak kusam sebagai bentuk penghargaan diri. 

Menyediakan waktu cuci baju di kampung halaman, karena bawa baju sedikit atau karena tidak mau membawa cucian kotor ke rumah saat balik mudik, sebagai pilihan selain bisa juga kita kirim ke laundry kalau tidak mau repot. 

3. Obat-Obatan 

Obat yang perlu dibawa, apakah obat kimia, herbal, atau sekedar :
Fresh Care 
Minyak Tawon 
Balsem 
Koyok 
Madu 
Minyak Zaitun 
kita yang paham, apa kebutuhan kita. Semoga semua pembaca, penulis dan inspirator blog ini diberikan kesehatan prima, banyak uang, bahagia, dan selalu dalam lindungan Gusti Allah. 

4. Oleh-Oleh Khas Semarang untuk keluarga di Gresik-Jombang 

Oleh-oleh seperti bandeng presto, otak-otak, tahu bakso, kue moachi, lumpia, wingko babat, dll merupakan opsi tambahan untuk menyenangkan keluarga yang kita kunjungi. Jangan memaksakan diri membeli oleh-oleh yang memberatkan Anda di kantong / pengeluaran, karena buah tangan merupakan tambahan saja, yang utama adalah Anda datang dengan sehat dan selamat. 

5. Pilih Kendaraan Pribadi atau Transportasi Umum?

Bila menggunakan mobil pribadi, pastikan poin-poin berikut ini :
  • Mobil dalam kondisi sehat dan prima, sudah ganti oli dan stel mesin.
    cek oli mesin, air radiator, rem pakem, minyak powerstering, wiper dan lampu
  • Tidak kelebihan beban 
  • GPS dan koneksi data Internet Cukup / Isi paket data 
  • Kondisi Tubuh Fit 
  • Paham Jalur / Rute - Dan Tahu presdiksi jalanan tidak ramai, wajar, hindari penumpukan kendaraan yang memicu jalanan penuh. 
  • Kalau bawa anak-anak, pastikan mereka ada di kursi tengah dan kunci pituh otomatis.
  • Bawa tikar / KAsur / Bantal untuk kenyamanan saat mudik, 
Memilih Bis / Kereta Api , kapal laut atau pesawat? Maka ketahuilah prosedur pesan tiket, saat ini semua serba mudah dengan cara online, pastikan tidak kehabisan tiket, 

 Perkiraan arus mudik tahun 2022 terjadi mulai tanggal 28 April dan meningkat pada 30 April, Arus balik terjadi pada 8 Mei 2022. Dengan syarat sudah vaksin lengkap dan booster. Mudik Aman tanpa covid-19. Berdasarkan artikel di Kompas : pengguna mobil pribadi sekitar 21 Juta orang, pengguna motor mencapai 14 Juta, pengguna bus sebanyak 12 Juta orang, dan pesawat 9 juta orang. 

6. Tukar Uang Receh  

entah siapa yang memulai, ada kebiasaan untuk memberikan uang recehan kepada anak-anak yang datang silaturahim, mulai nomimal 5000 -10.000 hingga 100.000 untuk anak saudara terdekat. Marak juga jasa tukar di simpang lima semarang mendekati lebaran, yang aku tahu Rp 100.000- tukar yang receh Rp 90.000. Konon praktek tukar uang seperti ini dilarang karena ada yang dirugikan. 

Kalau mau niat mendapatkanuang receh, dapat dicicil sejak jauh-jauh hari dengan membuat kaleng uang recehan pecahan 5.000 untuk sangu lebaran buat anak-anak. 

Artikel Lainnya : Tuhan, Aku butuh Garasi Mobil

7. Kejadian Unik saat Mudik 

Di tahun-tahun sebelumnya saat aku mudik, ada saja peserta Training di Surabaya yang minta privat dengan materi train The Trainer NLP, Hipnotis hipnoterapi, Internet Marketing atau Public Speaking, Training of trainer Motivator. Hal ini perlu persetujuan istri karena waktu mudik aku gunakan untuk bekerja di Surabaya. Alhamdulilah istri selalu setuju. Tahun ini, aku sedang menunggu permintaan privat training lagi.  


8. Waspada Kejahatan Hipnotis Jalanan

Sebenarnya Kejahatan Modus hipnotis itu tidak ada, yang ada adalah murni tipu daya dengan memanfaatkan sisi lemah psikologi manusia, mencari cara untuk menembus filter pikiran sadar manusia. Caranya dengan memanfaatkan rasa sungkan dari korban, tidak enak bila tidak membantu. Perhatikan dialog berikut ini, "Anda tidak percaya sama saya?" Merupakan kalimat untuk menekan calon korban. 

Solusinya, "Aku tidak percaya sama Anda, kalau butuh bantuan coba hubungi kantor polisi terdekat atau lapor polisi Online. Intinya keberanian Kita untuk bilang TIDAK dengan tegas tanpa rasa bersalah. Ingatkah peristiwa seseorang terpaksa memberikan uangnya untuk dihutang temannya, karena kasihan dan tidak kuasa bilang tidak.

Hati-hati saat ke atm di Rest Area dan ada orang yang ingin tukar uang, apapun alasannya. Modus kejahatan - tipu daya mereka dengan cara memainkan sisi psikologis korban dengan rasa iba, butuh bantuan, dll. Waspada juga - dengan mesin atm yang susah dimasuki kartu atm, mungkin ada modus mengganjal mesin kartu atm. 

Kuncinya, Aktifkan logika Pikiran Sadar Anda! 
Kedua : PAstikan sebelum berangkat Anda berdoa minta perlindungan kepada Gusti Allah. Bagi Muslim baca La chaula wala quwwata illa billah, Atau bacalah script Anti kejahatan hipnotis berikut  ini :

"Dengan Perlindungan dari Tuhan YME, hari ini saya menimmati perjalanan mudik dengan aman dan nyaman," 
 

ILYAS AFSOH - 0821-4150-2649 
COACH - TRAINER - HIPNOTERAPIST 

Hipnotis Hipnoterapi Online

Back to Top