-->

Mindset Pengusaha Profit dan Berkelanjutan

 

HypnoSport Atlet Indonesia

MIKIR | 

Status FB Om Prast | 

Selama ini ternyata pada banyak kesempatan aku tidak benar-benar berpikir. Aku hanya mengulang-ulangi pikiran, bahkan menutup pintu dari berpikir. Lebih konyol lagi aku melarikan diri dari berpikir.  Padahal Tuhan sudah menganugerahiku kemampuan untuk berpikir. 

Pikiran yang ada di dalam pikiran, melintas sana-sini, itu bukan berarti aku berpikir. Ada yang terlintas dalam pikiran, langsung dijadikan status — beberapa orang memberinya tagar #LintasanPikiran — kemudian dirujuk oleh diri sendiri dan orang lain sebagai kebenaran. Padahal lintasan pikiran bahkan banyak memberi problem dalam berpikir. Thinking trap. 


Keterampilan berpikir -- thinking skill -- how to think, adalah keterampilan vital. Di sekolah bahkan tidak terlalu diajarkan. Sekolah mengajarkan content, padahal content itu akan terus berubah. Kita belajar content, tapi tidak belajar untuk berpikir. 


Belum lagi  problem dalam berpikir seperti cognitive distortions, cognitive biases, dan cognitive fallacies.


Lalu apa yang dimaksud dengan berpikir?


Silakan pikir sendiri.


Info Latihan Melatih Pikiran Bawah Sadar

JARAK PANDANG PENGUSAHA (Ir Happy Trenggono)

Market itu selalu berubah, maka miliki jarak pandang jauh, Contoh Start Up pernah jadi perhatian investor, sekarang 2023 - sudah tidak lagi. Pengusaha itu ditempa oleh Kesulitan, bukan kemudahan. Ini sisi lain yang menjadikan kita cerdas, dan kreatif. Ingat bahwa Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan. 

Strategy Membangun Bisnis Profitable dan Berkelanjutan. 

Hai Pengusaha, sebelum strategy, knowledge dan skill ada satu hal Penting yang perlu dimiliki yaitu : MINDSET sebagai Pengusaha Sejati, Bukan pengusaha yang jadi-jadian. Membutuhkan cara pandang spesifik, hindari hutang banyak di akhir hidupnya, hutang membuat pengusaha berfikir tidak jernih. 

Pengusaha wajib punya mindset Kaya. 
Pengusaha wajib punya mindset Ngalah, mengalah terhadap orang lain ( Klien, karyawan) 
Pebgusaha wajib punya minsdet sabar, bukan hanya Ilmu Ekonomi karena bisnis adalah ilmu kehidupan. Meskipun sabar tidak ada di akunting - Laporan Keuangan. Tanpa Sabar - orang tidak bisa bangun bisnis. 

2 Hal penting terkait mindset pengusaha :
 1. If you want to be rich, dont make money, build a business. 
Banyak sekali pengusaha tidak tahu apa yang dibangun. 
Stop jadi Pengusaha sendiri, kerjakan sendiri, jualan sendiri, tidak ada team. 
Jadi Apa yang kamu Bangun? 

Beda Mindset - Beda fokus - Jawaban Beda. 
Orang yang make money : itu mindset pegawai. 
Mindset pengusaha : Bagaimana Konsumen Datang lagi tanpa kita minta? Bagaimana klien beli dari kita bukan dari competitor? 

Pengusaha Banyak Mengalah, Untuk Menang. 
Maka milikilah Mindset Yang Pas. 
Apa yang dalam 10 tahun dikejar oleh customer? Perhatikan contoh dari Elon Musk? 
Persisten! Tahu apa yang harus dikejar!
Faktor Tunggal dalam bisnis itu : VALUE.

Ada Harga yang Harus Anda bayar untuk Bisnis. 
Misal invest Modal awal Rp 7 Milyar, karena sadar apa yang ingin dibangun. Perhatikan bangun kelapa sawit, yang membutuhkan sampai 7 Tahun? Kalau tidak punya mindset bisnis maka tidak akan sanggup bertahan. 

Membangun bisnis tidak bisa langsung besar, Fundamental itu bertahap. 
Pertanyaan Penting Dalam bangun bisnis : Bisnis terjadi bukan karena modal, Bisnis terjadi karena ada NILAI (VALUE). Misal belanja ke warung sebelah : karena ada value yaitu dekat. 

1. Siapa Target Market Anda? (Positioning) 
Siapa yang beli produk Anda, sespesifik mungkin. 
Contoh di Solo ada toko perabotan, khusus menyediakan keperluan anak kost. Tokonya ramai sekali. Meskipun ada permintaan barang antik, toko tidak menyediakan. Jangan jualan kepada semua orang. 
Ada fase test market, butuh waktu. Identifikasi target Market Anda, sehingga Anda semakin mudah memecahkan problem. 

2. Siapa Competitor kita? 
Untuk mengetahui target market kita Anda, Bagaimana dia jualan?, Berapa harga jualnya? Bisnis Proses nya bagaimana? Contoh saat ada Indomart maka ada Alfamart. Ketika masuk ke persaingan maka pasar bertumbuh. 

Riset Gratis melalui kompetitor, misal riset toko fotokopi kok semua penuh dan ramai, jadinya kompetisi ini membentuk harga.  Beda dengan Oligarki, yang menguasai pasar - dengan tidak ada persaingan sempurna. 

3. VALUE - 
sesuatu yang membedakan kita dengan kompetisi, namanya differensiasi. 
Misal Bakery Enak dan Halal, maka sampaikan produk kita Halal. Contoh lain Neo catering 919 yang menyediakan nasi kotak dan tumpeng halal, enak dan berkah. 

Cerita 1,2,3 aspek di atas yang menjadikan Brand Bisnis Anda. Bagaimana membedakan diri dengan bisnis lain, kisah bisnis menjadi solusi bagi customer, all about story itulah Brand bisnis Anda. Apakah Anda mampu merumuskan Value? dengan tidak hanya jual murah-murahan? 

di sini saya mulai berfikir : 
Apa value dari blog hipnoterapi indonesia ini? Apakah hanya sekedar menulis yang sudah ada di buku? Copy paste dari chat gpt, menyalin tulisan orang dari sosmed? tentu saja itu tidak menarik. Kembali pada value awal : inilah blog ensiklopedia hipnosis terlengkap di Indoensia. 


HYPNO-SLIDE

Back to Top