-->

HIPNOTERAPI LANSIA

| 2:21:00 PM |

 HIPNOTERAPI UNTUK ORANG TUA -LANJUT USIA



"Saya ingin meng-hipnoterapi-kan orang tua saya Pak, Apakah Bisa?"

Pertanyaan ini sering saya dapatkan melalui chatt wa atau telepon, dan sebelum saya menjawab saya akan bertanya dengan detail :

1. Kenapa?
2. Apa yang terjadi?
3. usia berapa?
4. Apa yang diinginkan?
5. Apakah atas keinginan orang tua atau dari pihak keluarga? 
6. dan sederetan pertanyaan teknis lainnya yang berkembang setelah sesi tanya jawab dengan penelpon. 

Kalau mau jawaban sederhana sih begini, "Hipnoterapi dapat dilakukan dengan syarat :
1.  Ada kemauan dari Klien (bersedia dihipno) - bukan paksaan
2.  Klien butuh bantuan untuk menyelesaikan dirinya 
3. Cocok dengan terapistnya 
4. Bersedia membayar fee Jasa Hipnoterapi, 
Klik di sini untuk Info Hipnoterapi Gratis Indonesia.  Dan sesuai dengan layana free-nya maka syarat ketentuannya wajib menyesuaikan dengan penyelenggara. 

HIPNOTERAPI PIKUN, BISA PAK?

Ada-ada saja, masyarakat yang bertanya, dan penuh kesabaran kita jawab bahwa untuk hipnoterapi itu wajib nyambung ketika diajak komunikasi, Dan penelpon masih mengejar bahwa orang tuanya masih bisa diajak ngomong, tapi tolong dong Pak, pikunnya dihipno agar memori yang hilang dapat dikembalikan. 

Secara pribadi saya tidak melayani klien dengan keluhan pikun, saya sarankan untuk menghubungi dokter atau ke rumah sakit. Yang saya sarankan untuk hipnoterapi adalah keluarga yang menangani orang tuanya, agar lebih bijaksana merawat orangtua nya dengan penuh kasih sayang, cinta. 

Entah kenapa, saat menulis di sini, saya teringat kaidah " Berbaktilah pada orang tuamu maka anak-anakmu akan berbakti kepadamu," Seperti apa berbakti pada orang tua? Dengan merawat sebaik-baiknya, sebab bakti anak tidaklah mampu menggantikan kasih sayang orang tua pada anaknya, mulai dari kandungan sampai anak tersebut besar-dewasa. 

HIPNOTERAPI MENGURANGI NYERI SENDI LANSIA

Dari jurnal-jurnal online yang saya baca, saya menemukan bahwa cukup signifan metode hipnoterapi untuk mengurangi nyeri sendi pada lansia, browsing saja dengan kata kunci "HIPNOTERAPI LANSIA" ada perbedaan bermakna penurunan nyeri sendi antara kelompok perlakun dan kontrol, di Panti Werdha Mojokerto jawa timur. 

Sementara itu ada juga riset tentang hipnoterapi pada lansia untuk gangguan insomnia di panti werdha. Saya berfikir karena yang jadi subject adalah lansia maka wajar apabila riset dilakukan di panti dimana banyak orang lanjut usia berada. Riset dilakukan di tahun 2015 di Pontianak. 

Hipnoterapi berikutnya dengan klien para lansia dengan batasan penurunan tekanan darah, saya tidak tahu persis seperti apa pengujiannya, apakah sebelum hipnoterapi diukur tensinya kemudian dibandingkan setelah relaksasi hypnosis - diukur lagi tensinya, apakah ada perubahan signfinikan? 

Sekali lagi, saya tegaskan bahwa saya belum pernah menangani klien lansia, lebih banyak usia produktif, pekerja, eksekutif, pejabat, remaja dan anak-anak. 

UKURAN LANJUT USIA ITU BERAPA? 

Hal ini dibutuhkan batasan yang jelas, apakah usia 60 tahun disebut lanjut usia? Apakah pegawai negeri yang pensiun itu disebut lansia juga? Silakan browsing undang-undang Lansia di internet, apakah sekarang lansia di usia 65 tahun? Dan silakan cari juga standart layanan untuk lansia. 

Kalau bercermin pada Koloner Sanders pendiri KFC- merupakan seorang kakek pensiunan militer yang memulai bisnisnya di usia 65 tahun. Nah, setelah pensiun dengan modal resep ayam gorengnya, Harland Sanders menawarkan bisnis waralaba ayam gorengnya. 
 
Bagaimana dengan kisah seorang nenek yang berhasil mendaki gunung tertinggi di dunia di usianya yang ke-90 tahun. Apakah tua itu usia? atau hanya pikiran yang menua, yang memilih menyerah tidak melakukan apapun karena sudah di atas 65 tahun? Come-on !

Kita tidak berhenti bermain karena kita menjadi tua;
kita 
menjadi tua karena kita berhenti bermain.
George Bernard Shaw | 



GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top