-->

HOW TO MAKE MONEY BLOGGING

| 12:53:00 PM |

 NGE-BLOG DEMI UANG 

Saya telah mempraktekkan cara ini berulang-ulang dan terus menghasilkan uang dari blog hipnoterapisemarang.net ini, saya sangat bersyukur. Inilah alasan kuat mengapa saya menulis satu artikel per hari, dan saya sadar saya memiliki skill writing untuk mendatangkan closing. Diakui atau tidak, menulis di blog sekarang menjadi pilihan yang agak berat karena content creator lebih memilih membuat video dibanding menulis artikel. 

Tetapi dari sharing dengan sesama blogger, menulis di blog (Ngeblog) masih sangat menjanjikan asalkan fokus dan konsisten dengan pemilihan niche yang tepat. Ada yang mendapat puluhan juta hingga ratusan juta per bulan dari blog, dan itu blog Indonesia. Sementara blogger lainnya menyasar tulisan luar negeri - mampu mendapat milyar per bulan. 

Cerita ratusan juta dari blog seolah-olah impian/hayalan apabila kita tidak berjumpa dengan bloggernya sendiri, lalu melihat saldo adsenses-nya yang memang terpampang angka jutaan rupiah per bulan, dapat pin dan auto Transfer di tanggal 20-26 Per bulan. 

Kalau pengalaman saya pribadi, bermain adsense per bulan dapatnya Rp 300,- (tigatarus rupiah) bukan dolars, kemudian saya optimasi sampai satu tahun di masa pembatasan PSBB hingga PPKM saya mendapatkan maksimal Rp 4.000/bulan, Ya memang itu progress. sampai saya punya pertanyaan, apakah saya salah menggarap adsense dengan niche hipnoterapi-hipnotis? 

 DAPAT DUIT KARENA BLOGGING 

Saya memang mendapat uang dari blog karena menulis artikel dan menjual produk atau jasa dari blog tersebut. lebih banyak jual Training hipnotis dan Hipnoterapi serta layanan Jasa Hipnoterapi Semarang dengan klien dari Semarang dan luar kota Semarang membentang dari Jakarta hingga Surabaya. Mereka menulis di google kata kunci "hipnoterapis Semarang," maka blog ini muncul di halaman pertama google dan di klik lalu klien menghubungi saya via wa. 

Kalau sebelum disruption pandemic ini Training hipnotis hipnoterapi kita lakukan secara offline di hotel-hotel Semarang Solo Jogja dan Surabaya, namun sejak ada pembatasan dan orang-orang terbiasa dengan zoom meeting online maka saya membuat kelas pelatihan hipnoterapi Online setiap Sabtu Minggu minggu pertama setiap bulan. Dan Alhamdulillah ada saja yang mendaftar. 

Mungkin karena presupposisi saya "duit dari blog", maka saya membangun banyak blog dan mendominasi di pencarian google, bing, yandex, Satu produk satu blog, atau satu blog dengan variasi gado-gado. Namun karena blogging menjadi salah satu sumber traffic maka pemain-pemain besar ikutan buat blog dengan niche semau-maunya mereka, yang lebih parah, penulisnya mengcopy paste secara brutal tulisan blogger personal. 

 BUKA KELAS SEO BLOG - INTERNET MARKETING 

Cara paling enak mendapat duit online dengan cara mengajar kelas seo blog, optimasi blog dan web, menjadi Trainer Digital Marketing. Sekali mengajar di kelas seperti ini hasilnya sangat bagus, dengan pasar personal hingga corporate. kalau saya pribadi lebih banyak kelas yang saya adakan diikuti oleh perorangan, dengan materi organik dan simple advertising. Saya lebih mengandalkan kekuatan promosi ala gerilya marketing. 

Diantara materi yang saya ajarkan yaitu : selain membuat blog dan optimasi, ada materi sosial media marketing facebook, instagram, likedin, twitter, sampai youtube, afiliasi, semua materi kita mulai dengan riset online, mindset dan eksekusi ditambah dengan studi kasus scale up dengan direct respons ads, memasukkan materi marketing revolution online, CS-ing , copy writing and Closing

Saya sampaikan kepada klien saya, kalau punya budget bermainlah di ranah iklan berbayar seperti google ads, facebook ads, instagram ads, kalau tidak ada budget : ayo kita belajar dan praktek bersama di gerilya marketing - Organic traffic seperti saya menulis blog ini. Bagi yang paham bermain seo blog itu asyik, karena ini permainan jangka panjang. Selama orang mencari menggunakan google maka SEO sangat ampuh untuk mendatangkan klien. 

JANGAN HANYA BLOGGING 

Ini nasehat powerfull yang saya sampaikan ke diri saya, mulailah untuk mencoba semua platform kemudian mensinergikan dengan blog yang kita sudah punya. Misalnya saya menautkan link youtube saya di banner blog sehingga orang-orang subscribe dan mereka berkumpul di kolam yang saya bangun. Membangun komunitas dengan konten bermanfaat. 


 Sekarang yang saya aktif ikuti yaitu youtube - saya merasakan manfaat yang sangat luar biasa ketika benar-benar menempel dengan google dan update video youtube, dalam seminggu saya tembus 1.000 subscriber, bahkan dalam dua minggu mendapat tambahan 500 subscriber hanya dari beberapa video yang saya upload. Padahal sebelumnya saya sudah mengupload ribuan video tetapi subscribernya tidak signifikan. 

Terus menulis jadi artikel, kemudian jadikan powerpoint dan presentasikan di youtube streaming dengan zoom atau streamyard, pola ini saya temukan setelah bergelut cukup lama dengan dunia digital, saya takin para praktisi online paham dengan maksud saya, tapi kalau pemula dijamin "masih bingung" dan meraba-raba apa maksud tulisan make maoney online blogging. 

TRAVELING THE WORLD BECAUSE OF BLOGS 

Siapa yang tidak gembira berkeliling dunia karena SEO - Blog dan Digital Marketing? Saat ini sudah banyak praktisi online dengan segala sumberdaya nya keliling dunia, menikmati hidup sambil mendapatkan uang  online. 

Internet for FUN and FUND 
GUNAKANLAH internet untuk mendapatkan kesenangan dan uang dan bukan hanya membuat Anda kehilangan uang. Yuk belajar bersama mendapat uang dari Internet, dari semua saluran, jual apa saja, menjelasakan apa saja, jadi influencer, endorser professional. 

Dari sini semakin kuat keinginan saya memperdalam english conversation sebagai persiapan ketika kita tampil di ranah internasional atau membuat konten online dan tidak hanya mengandalkan google translate.  

ILYAS AFSOH - 0821.4150.2649 
TRAINER - THERAPIST - COACH 

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top