-->

HYPNO-MOTIVASI JOGJA AMT UPTD PUSKESMAS DARMARAJA

MENJADI MOTIVATOR di JOGJA

Seorang rekanan lama yang tidak pernah kontak sejak setahun yang lalu, kembali wa call untuk mengundang saya hadir di Jogja sebagai narasumber Achievement Motivation Training bersama tim UPTD Puskesmas Darmaraja Sumedang, dengan pelaskanaan dari Tanggal 3 - 5 Desember di hotel Horaios Jl Gowongan Kidul, 10 menit jalan kaki dari Malioboro.

Saya berangkat pagi dari Semarang sekitar pukul 10.00 wib dan berhenti di Soto Ndelik Jatinom keluar exit tol Boyolali. Warungnya lumayan dapat menampung sekitar 20-an orang, aku makan di luar sama Abah, diiringi pengamen lokal saweran dengan lagu mendung tanpo udan. Abah melakukan pattern interups dengan request sholawatan, pengamen menyanyikan lagu tombo ati.

Perjalanan berlanjut ke Kota klaten dan menemui saudara Abah, yang sudah 2 tahun tidak bertemu karena pandemi covid-19 dan ppkm level 4. Kami berhenti sejenak kurang lebih 1 jam disuguhi kopi dan rebusan labuh panas.

GPS aku nyalakan menuju Hotel Horaios, perjalanan sangat lancar, kami berhenti sholat Jamak Dhuhur dan Ashar di masjid Klaten, entah daerah mana. Pandangan mata tertuju ke nama-nama khotib yang tidak ada tulisan kiyai-atau ustadz nya, Saya pikir itu mungkin bentuk ketawadluan para khotib.

Sampai di Hotel Jogja jam 16.00 wib

Saya chek-in ke resepsionis setalah parkir mobil di lantai bawah, setelah menunggu tim marketing hotel, saya dapat kamar di lantai 3 nomor 323, standart hotel, naik lift belok kiri, pas di tengah-tengah.  Saya membuka kamar dan meletakkan baju, tas, berbaring di kasur hotel setelah perjalanan Semarang - Jogja. Untuk memnyegarkan badan, aku membasuh seluruh tubuh dengan air hangat.

Menunggu rombongan peserta AMT datang, aku pesan happy meal dari MC D Jogja dan mendapat hadiah boneka Doraemon, aku habiskan ayam dan nasinya, tanpa saos, hadiah aku simpan untuk kejutan buat anak-anak. Setengah jam pesanan datang diantar bang Gojek di depan hotel. sementara Abah keluar menemui keponakan yang Ada di Imogiri.

Selesai check-in, makan malam, peserta bersama-sama masuk ke meeting room dan opening AMT dengan topik High Performance State. Acara langsung dibuka oleh MC dan Kepala UPTD Darmaraja. Lumayan jauh perjalanannya 11 jam dari Sumedang menuju Jogja.

KESERUAN MOTIVATION TRAINING AND COACHING

Acara dibuka oleh MC dengan bacaan basmallah, dilanjutkan sambutan ketua UPTD Puskesmas, doa bersama oleh salah satu staff dengan membaca shoalwat dan doa sapu jagad, dilanjutkan ke acara inti AMT bersama Motivator Nasional Mr Ilyas Afsoh.

Ada yang menarik di acara AMT yaitu, saya sebenarnya saya klik slide presentasi, video gagal diputar, dan file powerpoint error, tetapi peserta tetap enjoy dengan ice breaking yang saya pandu, gelak tawa, humor dan keceriaan,seru-seruan menjadi opening yang menghentak perhatian dan menarik fokus audiens untuk belajar bersama.

DI sesi akhir AMT kami berfoto bersama dengan berbagai macam pose, fokus, saranghayo, hai, dan eksprersi bebas, dengan aba-aba siap-posisi, perut ditarik ke dalam, action. Ibu kepala UPTD mengucapakan terimakasih dan siap berlanjut bertemu du sesi Motivation Training berikutnya.

Jalan-jalan Ke Malioboro jam 05.30 wib

Hari ke-2 di Jogja.
Konon dengan menjadi Trainer Motivator dan Coach maka kita berkesempatan untuk jalan-jalan keliling nusantara, maka pagi ini sebelum Training Coaching dimulai saya mencari sarapan dengan jalan kaki menuju malioboro dengan panduan Google Map. Jalanan masih sepi, toko belum buka, ramai pejalan kaki, pesepeda, dan kereta api yang keluar masuk stasuin jogja.

Saya mengambil Hp dan mulai swa foto di depan plakat jl Malioboro di ujung jalan, dan mulai memvideokan kondisi samping kanan-kiri Malioboro untuk diupload ke Channel youtube Ilyas Afsoh. Puas melihat sekeliling dengan memakai sarung dan baju lengan panjang,, saya kembali ke hotel untuk persiapan Training lanjutan.

LANJUT HIPNOTERAPI KLIEN KE PARANGTRITIS

Selesai tugas AMT di Jogja saya lanjutkan perjalanan bersama Abah ke Gunungkidul untuk membantu klien melepaskan mental block nya, Hipnoterapi kali ini berbeda karena saya melakukannnya dengan kombinasi ruwatan mandi di air pantai Parantritis.

Sepanjang perjalanan kami bincang-bincang- ngobrol dan preinduction melewati jalur lingkar selatan JLS ke pantai parangtritis. Jalanan berkelok, naik turun, membuat mata jadi fresh sebab sepanjang perjalanan warna hijau daun dan tidak ada traffic light /lampu merah, tidak banyak kendaraan juga, hanya satu dua motor yang nampak di jalanan.

Briefing sebelum hipnoterapi dan mandi di pantai Parantritis saya lakukan kepada klien, saat berjalan menginjak pantai tanpa alas kaki, saya gambar garis pembatas antara kondisi sekarang dan masa depan (future pacing).

Kami manfaatkan desir ombak, angin pantai, kami fokus mencari desir yang dapat mampu menembus sukma, desir yang dapat mengubah - mentransformasikan diri menjadi lebih baik sesuai dengan outcome yang telah diset-up.