-->

PUBLIC SPEAKING MAHASISWA ONLINE VIA ZOOM

| 7:30:00 PM |

 CARA MENINGKATKAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA

1. Belajar otodidak melaui Blog, Youtube, Facebook, Instagram dan channel online lainnya untuk belajar apapun di internet, termasuk belajar public speaking untuk mahasiswa. Sungguh beruntung Mahasiswa yang dimanja dengan teknologi dan banjir arus informasi. Mereka dapat belajar dari Trainer Nasional Public Speaking, dan belajar kepada Pembicara Internasional. 

2. Belajar melalui buku-buku yang dijual di Gramedia, Gunung Agung, Togamas, Ada banyak sekali buku-buku yang mengupas public speaking, baik penulis lokal best seller, penulis lokal yang tidak terkenal sampai kepada buku terjemahan public speaking seperti Larry King, Dale Carnegie, dll. Sampai buku klasik seperti Dorroty Sarnof - yang terjemahannya perlu dicerna - Bicara mengubah hidupmu. 

3. Ikut Kelas Workshop One Day Training bersama Ilyas Afsoh di Kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Lampung, dan kota-kota lainnya baik kelas privat maupun public, atau kelas inhouse training untuk perusahaan dan corporate. 

4. Program Terbaru kelas Zoom Online mahasiswa yang kita adakan hari Sabtu/Minggu jam 09.00-11.30 wib dengan investasi sangat terjangkau hanya Rp 90.000,- ini merupakan program baru yang saya dapatkan semalam saat mengikuti pembacaan surat Yasin berjamaah di Musholla Perumahan. 

5. Program yang pernah Ada, saya diundang kampus untuk menjadi narasumber Training Public Speaking, baik offline dan online. Seperti yang pernah dilakukan oleh Kampus Universitas Negeri Semarang dan Poltekkes Semarang. 

TEMA PUBLIC SPEAKING UNTUK MAHASISWA 

Dari pengalaman mentoring dengan mahasiswa-mahasiswi, aku mendapatkan satu benang merah yaitu fokuslah mengejar impianmu, dengan tetap happy dan menikmati masa muda - belajar, bermain dan bahagia. 

Hal-hal yang mengganggu mahasiswa dalam studinya yaitu hubungan dengan lawan jenis yang tidak jelas, dimana di dalamnya banyak pemborosan waktu, pikiran dan hal-hal iseng kesenangan semu yang dapat menghancurkan masa depannya. 

Gangguan lainnya yaitu salah pergaulan, salah memilih teman main, akibatnya terjerumus kepada perzinaan, dugem, obat-obatan terlarang, dan semua hal yang dilarang oleh agama, moral dan etika. Samapi mereka terjebak dalam situasi kondisi yang membutuhkan hipnoterapi professional. 

Tema yang penting yang wajib dikuasai mahasiswi yaitu terkait digital marketing, personal branding dan leadership. Kita sekarang terhubung di desa global dengan arus informasi dan propaganda yang bila tidak bijaksana kita sharing akan merugikan para generasi muda, dimana beda tata nilai, dan tata budaya, prinsip hidup yang harus kita pegang teguh. 

MANFAAT PUBLIC SPEAKING BAGI MAHASISWA 

  1. Kenal Diri 
  2. Percaya Diri 
  3. Jago Presentasi 
Sebelum ikut kelas zoom meeting public speaking, kami memberikan quesioner kepada peserta untuk diisi, hasil isian inilah yang kami gunakan untuk memetakan kelebihan dan kelemahan mahasiswa sebagai cara untuk mengenal dirinya. Ada beberapa tools yang cukup populer yang dapat digunakan oleh peserta Training, semisal DISC, STIFIN, NLP, dan aplikasi lainnya. 

Kami juga melakukan test skala percaya diri tiap peserta, kami bagi menjadi 5 quadran level :
  1. Minus 
  2. Kurang 
  3. Sedang 
  4. Pas 
  5. Over 
Level ini kami kembangkan berdasarkan pengalaman di lapangan bertemu peserta training yang kami latih, dan dengan sangat cepat kami dapat menentukan di level mana seseorang mencapai tingkat PD nya, Dan kami menetapkan level terbaik adalah nomor 4 (Pas). 

Contoh orang dengan level minus yaitu mereka yang punya phobia dan trauma masa lalu ketika tampil bicara di depan banyak orang. Bisa jadi karena pernah dipermalukan, ditertawakan, atau mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, yang bila ingat hal tersebut, langsung kacau dan takut apabila diminta bicara lagi di depan banyak orang. 

Level Kurang yaitu orang-orang merasa tidak pede bila bicara di depan umum, mereka menyadari hal tersebut, dan berusaha menolak untuk tampil, hal  ini dipicu karena mereka tidak memiliki skill public speaking. Dengan belajar melalui latihan keras maka Levelnya dapat ditingkatkan sesuai harapan. 

Quadran sedang merupakan golongan yang ketika berbicara mood nya naik turun, dipengaruhi siapa pendengarnya, kadang pd, kadang tidak yakin, Kadang optimal banget, kadang tidak maksimal saat presentasi. Hal ini disebabkan ada mental block yang muncul apabila dihadapatkan dengan program yang menggangu dirinya, misal tampil di hadapan pejabat yang lebih tinggi, pimpinan, bos. 

Nomor 4 tidak perlu dibahas, karena takarannya sudah ideal sesuai harapan. Biasanya mereka terlahir di keluarga yang penuh cinta kasih, sehingga kebutuhan PD dan cintanya terpenuhi dengan sempurna, atau mereka adalah orang-orang dari level 1,2,3 yang telah berjuang keras untuk naik level urutan keempat. 

pribadi Over merupakan orang yang pd nya kebablasan, ditandai dengan ucapan,"Kenapa aku tidak diminta ngomong," Atau Ucapan,"Aku ingin bicara," Pd itu bagus adanya, tetapi bila over maka hal tersebut tidaklah baik, perlu dinormalkan kembali ke level PAS. Ciri berikutnya yaitu mereka bicara tanpa mampu mengontrol waktu, apabila diminta bicara 10 menit, ia bisa ngomof satu jam bila tidak di stop. 



BONUS HIPNOTERAPI ONLINE BAGI PESERTA TRAINING 

COACHING DOSEN AGAR PERCAYA DIRI

 Sudah sejak 2014, saya menerima Coaching calon dosen yang mengungkapkan ketidakpercayaan dirinya saat mengajar para mahasiswa, di sesi awal bertemu - saya melakukan building rapport, membuat klien nyaman dan menggali apa saja yang membuatnya tidak percaya diri di depan mahasiswa.

Secara visual saya perhatikan Bu Melati (bukan nama sebenarnya), beliau sangat visual, terlihat dari wajahnya yang bersih, rapi, aksesoris yang digunakan dan banyak foto-foto selfie di sosial media yang menunjukkan dia seorang sosialita, namun anehnya saat rapat dengan sesama dosen atau di hadapan mahasiswi nyalinya menjadi ciut. 

 Solusi yang saya berikan yaitu coaching 4x pertemuan di kantor teman beliau, saya ingat betul waktu itu saya datang mengendarai motor mio-j :D setiap sore jam  15.30-17.30 wib, saya menyusuri Jalanan Mangkang menuju Kendal Kota. Kemudian sesi berikutnya berlanjut di Kota Semarang Simpang Lima. 

Kenangan yang Membekas 

Hal ini tidak dapat lepas dari ingatanku, sebab beliau merupakan klein pertama yang saya layani di sesi Coaching Public Speaking, dan hari ini saya bertemu dengan MbaK Mawar (Calon Dosen) yang mengeluhkan hal yang sama, tidak percaya diri mengajar Hukum Bisnis di Universitas Swasta Kota Semarang. 

Di Pertemuan awal nanti, saya minta Mbak Mawar untuk mempresentasikan materi kuliah yang diajarnya, saya minta membuat slide power point sederhana, untuk dipresentasikan minimal 15 menit di kelas Privat Public Speaking Coaching. 

Pertama bertemu dengan Mawar, aku mendengar caranya tertawa yang tidak anggun, dan hal tersebut tidak disadarinya, Nanti aku akan sampaikan padanya bagaimana menjadi Pribadi CIA - Cantik -Indah dan Anggun. Cara berjalan yang penuh PD, Cara duduk dan berdiri sebagai wanita terhormat. Sesi privat ini, siap mengguncang kehidupannya bertransformasi lebih baik dari waktu ke waktu. 

Mencapai Ambang Batas Emosi 

Cara efektif untuk membuat seseorang mengakhiri penderitaan dirinya atas kejadian yang dialaminya yaitu menggunakan semua emosi dan rasa sakit yang dialaminya dengan sedemikian rupa, menjadikannya sahabat untuk memulai hidup baru yang lebih baik, sampai ada ungkapan, "Cukup, aku sudah muak dengan semua ini, aku putuskan berubah sekarang juga, aku mau hidup yang lebih baik lagi,"

Ambang Batas Emosi dapat diterapkan untuk apa saja yang membuat banyak orang menderita, misalnya dalam hubungan yang dipertahankan tapi - sakit, bila diputuskan dampaknya rentan dalam kesepian, atau sisi kehidupan bagaimana seseorang bokek terus menerus - tidak pegang uang, dengan mengungkapan denga jelas, "Cukup sudah, penderitaanku sebagai orang miskin," 

 Kembali pada klien-klien Coaching Public Speaking saya, ke depan akan saya ulas permasalahannya satu per satu dan solusi yang saya tawarkan dengan Training Coaching dan Therapy. Aku akui bahwa menjadi Coach yang personal seperti ini tidak dapat dipublish di sosial media- kecuali dalam bentuk ulasan datu rekaman video Training Live. 

Solusi Hipnoterapi Percaya Diri 

Dalam prakteknya, aku memberikan hipnoterapi kepada semua klien coaching public speaking, baik formal hipnosis dan informal hipnosis, seringnya klien tidak menyadari kalau coaching yang aku pandu mengandung hipnosis terselubung, ujung-ujungnya klien jadi PD bicara di depan banyak orang. 


Tugas Online Presentasi via Zoom merupakan praktek langsung bicara di media - satu per satu klien saya minta untuk tampil berbicara public speaking, dengan topik tema sesuai yang dihadapinya. Kalau dosen ya materi kuliahnya, kalau mahasiswa boleh presentasi tugas kuliah, skripsi, tuag Askhir, bagi pengusaha ; boleh plus minus memulai usaha cafe-nya. 

Sebagian yang lain menyimak sebagai peserta dan belajar membuat pertanyaan berbobot dan hebat, lainnya gantian menjadi MC, saya sebagai moderator event zoom meeting online tiap selasa malam 20.00 wib. entah nanti romadlon- akan ada perubahan jam berapa nanti? Apakah jelang buka puasa bersama? 

2 Tahun Coaching Gratis Public Speaking 

Dengan media zoom dan upload di youtube Ilyas Afsoh, Para peserta #iaips dan subscriber channel dapat menikmati pembelajaran gratis Public Speaking yang isinya daging semua. Namun dari pengalaman saya, yang mendapat manfaat efektif yaitu peserta Zoom, mengerjakan tugas mentoring online 30 hari, aktif di wa Groups IAIPS. 

Bahkan bagi peserta online yang menyimak youtube gratisan, dapat bertanya langsung di komentar video kemudian aku jawab dengan membuat video konten sebagai jawaban atas pertanyaan. 

Saat ini aku lebih nyaman menulis di blog dengan harapan monetize adsense google, kabar baiknya pin verifikasi alamat dikirimkan 24 Maret 2022 dari google karena pendapatan adsense sudah mencapai minimal $10, kabarnya dalam 4 minggu PIN sampai di alamat Rumat Sinar Bukit Asri dan aku tinggal masukkan PIN 6 Digit untuk dapat kiriman uang setelah mencapai minimal saldo Rp 1.300.000, atau $100, -  

Sudah setahun lebih optimasi blog, dari per bulan dapatnya Rp 300,- di tahun 2022, meningkat jadi Rp 10ribu per bulan, sekarang sedang mencari cara agar dapat gajian $100 per bulan dari google syukur-syukur tembus 10 Juta per bulan ini : angka yang cukup untuk hidup di Semarang. Apalagi bila tebus Rp 100 Juta perbulan atau sampai Rp 1Milyar per bulan sebagaimana kisah kampung blogger. 

Lalu tantangan no-index google melanda blog ini, dari artikel-artikel baru yang aku tulis sejak Pebruari- MAret 2022 Belum ada yang terindex mesin pencari google, tetapi terindeks di yahoo dan bing, yandex. entahlah apakah Google sedang update algoritma sehingga sampai detik ini, artikel terbaru belum muncul di pencarian online. 

Artikel Sebelumnya : Focus on You
 
ILYAS AFSOH - 0821.4150.2649
COACH TRAINER HIPNOTERAPIST 

HYPNO-SLIDE

Back to Top