-->

HIPNOTERAPI UNTUK HIPERTENSI

MAU TENSI NORMAL LAGI?  

Awalnya saya mendapati materi manfaat hipnoterapi untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), sebatas itu saja. Sampai akhirnya karena pola hidup, pola kerja, pola makan, pola istirahat, pola pikiran dan perasaan sehingga kepala saya terasa berat. Ada apa ini? 

Kemudian saya kontrol ke klinik pratama di Sendangguwo, katanya saya kena hipertensi dan harus minum obat penurun tekanan darah. Berbulan-bulan lamanya, sampai akhirnya saya pun di rujuk ke dokter spesialis penyakit dalam Dr Mada di RS Panti Wilasa Citarum. 

Saya ingat waktu itu minum captopril 25mg sehari 3x, Jadi total per hari Rp 75 mg, sampai berbulan-bulan kemudian obat diturunkan jadi hanya 25 mg per hari. Oh ya ada lagi, yaitu konsumsi Amplodipine 10 mg. 

Atas saran dari istri saya berobat juga ke Dokter Heri Sujono di Kembang Arum dan minum suplemen, Alhamdulillah perpaduan antara berobat ke rumah sakit dan klinik dokter heri, terus saya jalani. Sampai akhirnya dari rumah sakit mengembalikan saya ke Klinik karena tensi sudah normal. 

Saat perika ke dokter heri, tensi 130/90 - katanya ini sudah membaik, Akhirnya yang klinik pratama menyatakan bahwa saya sudah selesai dengan hipertensi, tetapi di beberapa waktu, kadang tensi naik juga. Saat konsul ke dokter Heri katanya karena ini faktor pikiran dan tidak boleh kelelahan. 

Viral Dokter Zaidul Akbar 

Awalnya aku tidak begitu peduli dengan teman-teman yang mempromosikan resep dokter zaidul akbar, aku anggap ya biasalah -medsos, pasti nanti ganti juga dengan viralitas yang lain. 

Hingga saya kemudian menyimak dengan benar-benar video dokter zaidul akbar di Youtube nya untuk mengkonsumsi : Rempah-rimpang setiap hari.

Saya kemudian membeli buku Dr Zaidul Akbar, lalu mulai rutin konsumsi :

1. sereh 

2. jahe 

3. kunyit 

4. lengkuas 

5.  temulawak

6. madu 

7. daun salam 

8. ketumbar 

rutin selama 3 bulan (sejak 1 Januari 2024), dan tepat di 31 Maret 2024 saya cek tensi saya : Alhamdulillah Normal 118/82, 

Hal ini dari satu kecurigaan saya, kenapa tensi saya tidak turun normal lagi , mungkin karena ada plak-plak dan sumbatan di pembuuh darah, maka saya konsumsi rutin kunyit setiap hari dengan asumsi kunyit ini menyembuhkan radang (inflamasi) di Pembuluh darah. Dan Alhamdulillah setelah 3 bulan, benar - tensi saya normal dan bisa turun dari 130/90 menjadi 122/82. 

Cirinya ketika kepala bagian belakang gak nyaman, pusing itu tanda kalau batas bawah naik mendekati 90. Dan kalau kepala bagian pelipis tegang dan kaku itu tanda tensi melebihi 130 - bisa sampai 140- hingga 150. Kabar baiknya sekarang dengan konsumsi rutin rempah rimpang : tensi normal. 

Oh ya, 
hal lain yang aku lakukan yaitu Intermiten Fasting sejak 1 Januari 2024 
Sehingga berat badan ikut turun, dampaknya tensi juga turun. Aku curiga dengan asupan gula berlebih karena konsusi gula / karbohidrat sehingga tensi jadi tinggi. 

Puasa yang aku lakukan yaitu stop makan jam 18.30 wib sampai jam 10.30 wib. 
16-jam puasa, tanpa makan tetapi boleh minum air putih, kopi, teh tanpa gula. 
10.30 - 18.30 makan seperti biasa dengan jeda, mengurangi karbohidrat dan menambah protein. 

Konsep intermiten fasting ini berasal dari ceramah dr Zaidul plus nyimak video Ade Rai, di sana disarankan untuk mulai latihan beban. Paling mudah :
1. Push Up 
2. lunges 
3. Sit Up 
4. Plank 
Seingatku kata Bang Ade Rai : Kuat plank 1 menit harapan hidup nambah 4 tahun. jadi semangat nge plank tiap hari, alhamdulillah awalnya mampu hanya 5 detik, lalu nambah 10 detik, 15 detik, dan per hari ini kuat plank sampai 30 detik. Sekarang sedang menuju 1 menit plank. 

Tensi Naik karena Banyak makan karbo 

Dalam seminggu setelah lebaran, aku makan apa saja, tanpa kontrol, meski dengan menerapkan intermiten fasting, lalu aku cek tensi pagi ini (18/04/2024) di Apotek k-18 , hasilnya 124/84 (Normal) di bawah 130/90. Sepertinya aku perlu mengurangi karbo hidrat dan mulai rutin lagi konsumsi sereh dan kunyit plus jahe, laos, gantian dengan ketumbar, temulawak, salam, Pagi ini nambah kencur - beli di Toko belanjaan Ronia Gendong Sendangmulya. 

Aku berpikir kalau nasi menjadi biang naiknya gula darah, sehingga tensi tinggi mungkin solusi buat aku yaitu tetap konsumsi nasi dengan dikurangi porsinya jadi 100 gram /hari. Sedikit sekali perbanyak sayuran :
1. Timun 
2. Kemangi 
3. Kubis / Cool 
4. Seledri. 
5. Tempe mentah 

Hipnoterapi untuk menurunkan tekanan Darah 

Berdasarkan pengalaman hidupku di atas sebagai penyintas hipertensi maka aku mendapati bahwa hipnoterapi diperlukan untuk menenangkan diri, kontrol pikiran dan perasaan, sehingga konsisten untuk mereset diri - detoks diri dengan rempah dan rimpang ala dokter zaidul akbar, olahraga angkat beban ala bang Ade rai dan berbekam sebulan sekali. 

Pastikan mulai hari ini tidur lebih awal jam 20.00 - atau 21.00 wib untuk tidur berkualitas. 
Dan bangun jam 03.00 Mandi pagi, Wudlu dan Tahajud lalu baca Alquran. 

NLP TIPS 

1. Bagi ANda yang punya hipertensi, akses generate trance tiap hari, misal dengan melukis, corat-coret, bernyanyi, nyiram tanaman, apapun, 

2. Akses edit Submadility, edit visual, auditori, kinestetik , munculkan kegembiraan - joyfull, amplify dan Anchor. Picu saat dibutuhkan. 

3. Kendalikan Marah - dengan mengatur nafas masuk -keluar dengan perlahan-lahan

4. Sering-seringlah Membuat Open Loop orang lain :D 

Bagi Anda yang tidak paham NLP - boleh belajar NLP di hidupbaru.net 

Sepertinya ada hal-hal lain yang belum aku tuliskan misal :Olahraga jalan kaki tiap pagi selama 30 menit, jalan kaki 100 langkah tiap selesai makan pagi siang sore, hujan-hujanan dan minum air hujan langsung dari langit dengan membuka mulut di area terbuka, sampai pijat hipertensi ala quantum x formation, pijat ala klinik punokawan, limpatic massage nya dokter zaidul akbar, #banyakhal

Mau konsultasi dan menurunkan tensi dengan hipnoterapi : 
WA 0896.1065.9643 
ilyas afsoh - Hipnoterapi Indonesia di Semarang. 



HYPNO-SLIDE

Back to Top