-->

SUGESTI ANAK PERCAYA DIRI MANDIRI BERTANGGUNG JAWAB HEBAT dengan Hipnotist

 

1. Sugesti adalah Perintah Atau Saran.

Kita sering mendengar itu hanya sugesti saja. Lalu apa yang dimaksud dengan Sugesti? Bagaimana Cara membuat sugesti yang benar? Apakah sugesti itu baik atau jahat? Dan Bagaimana membuat sugesti yang benar untuk memprogram anak-anak kita? Mari kita belajar bersama melalui tulisan ini. 

Sugestibilitas adalah cara seseorang menyerap suatu informasi, didefinisikan juga cara seseorang belajar, dan Sugesti dapat diartikan sebagai materi yang dipelajari. Sugesti adalah informasi yang diberikan kepada orang lain, sebagian pakar hipnotist menyebutnya seperti itu. Sementara beberapa praktisi tidak lagi ribut dengan definisi, mereka sibuk praktek membuat Sugesti yang Berhasil. 

Deskripsi sugesti yang pernah saya dapat dari Mas EDO- guru Hipnoterapi saya mengatakan bahwa asal kata sugesti Adalah Suggestion (dalam bahasa Inggris) yang artinya usulan, saran, anjuran dengan padanan katanya rekomendasi, anjuran, nasehat, petunjuk, kesan, bisikan. Jadi ada banyak arti setelah Anda membaca uraian blog IAI Hipnoterapi Indonesia ini.

2. Contoh Sugesti Efektif bagi Anak-Anak 

Bagi Orang tua yang ingin memberikan sugesti kepada anak-anaknya perlu memahami bahwa tujuan sugesti yaitu merayu, membujuk, meminta dan mengarahkan pikiran bawah sadar Anak agar bersedia melakukan hal-hal tertentu seperti menjadi anak hebat,mandiri, percaya diri, bertanggungjawab, bersikap baik, patuh pada orang tua, demi kebaikan dan kemajuan Anak dalam hidupnya.

Sugesti pada anak berupa kata-kata, kalimat yang diucapkan pada anak, cepat lambatnya ucapan,penekanan, waktu diberikannya sugesst, termasuk bahasa tubuh orang tua, intonasi, sampai kepada bentuk pikiran/perasaan yang muncul di dalam diri Anak berbentuk imajinasi- visualisasi sesuai arahan Ayah Bundanya. 

"Nak, mulai hari ini, dirimu nurut patuh kepada orang tuamu ya, dengarkan dan laksanakan dengan riang gembira," Kalimat sugesti terapi yang saya berikan kepada YD siswa SD Islam di Semarang yang sering ngotot minta HP dan ngancam bunuh diri karena pengaruh kecanduan game online. Dan Alhamdulillah, setelah observasi Bundanya menyampaikan bahwa YD berubah sejak pulang dari Terapi, menjadi anak yang patuh dengan ucapan ibunya. 

 "Kakak-Adik, dengarkan kata-kata Ayah, lima menit lagi bangun pagi dan wudlu kemudian sholat Shubuh ya," Ini merupakan kalimat sugesti baik yang dapat kita gunakan untuk membangunkan anak-anak di waktu Shubuh. dan ketika sudah lima menit, kita tambahkan lagi sugesti Terminasi, "Ayah hitung sampai 10 ya, hitungan ke-10 buka mata, bangun dan pergi ke Kamar mandi, 1...2...3... Yuk Siap-siap Buka mata, 4...5...6... Bangun segar bugar, 7...8...9... Yuk Buka mata 10..... Bangun . 

3. "Nak Dirimu, Sudah Besar Sekarang,"

Apakah kalimat ini efektif untuk mendapatkan perubahan dari perilaku anak-anak? Bisa iya  dan tidak jawabnya. Pengalaman Yes, saya dapatkan dari sesi Public Speaking Perform di Toatmaster bagaimana kontestan menyampaikan kekuatan kata-kata yang mampu mengubah anaknya. 

Waktu itu, beliau melihat putranya mencoret-coret tembok, maka spontan memarahi anaknya dengan nada suara yang tinggi, "Hei, apa yang kau lakukan?" Stop berbuat mengoroti tembok dengan alat tulismu!" Tetapi yang didapatkan sang Ayah, Anak hanya menoleh kepalanya saja, dan tangannya terus mencoreti dinding rumah. 

Maka ayahnya mendekat, berdiri dengan tumpuan lutut sejajar dengan putranya dan menganngi kata-kata dan intonasi yang lebih lembut,"My Boy- jagoanku dirimu sudah besar sekarang, tolonglah bertanggung jawab menjaga kebersihan rumah kita, ini perbuatan tidak baik,". Saya membayangkan bahwa ayahnya kemudian memeluk sang anak lalu membisikan, "Ayah sayang padamu,".

4. "Hebat, Abang mampu menyalip hafalan Qur'an 15 teman sekelas," 

Efektivitas sugesti ini diberikan untuk menumbuhkan percaya diri Anak, harga diri Anak yang memiliki sebuah prestasi, saya contohkan di sini hafalan Alquran seorang siswa SD Quran di Semarang Jateng. Figur otoritas yang menyampaikan sugesti juga sangat berperan terhadap diterima saran oleh pikiran bawah sadar anak. Intensitas kegembiraan saat moment berlangsung dan pengulangan.

Bagi anak -anak di bawah usia 7 tahun maka sugesti langsung masuk ke pikiran bawah sadar karena critital faktor anak baru tumbuh dan berkembang saat usianya tujuh tahun, dan di bawah itu mereka otomatis dan sering berada dalam kondisi hipnosis - (sangat bagus untuk diprogram orang tua).

Orang tua dapat membimbing Anak untuk membayangkan dirinya memiliki perilaku yang memberdayakan, melihat dirinya semakin percaya diri, mendengar suara-suara yang membuatnya tambah pd, atau anak dapat mendengar suaranya sendir bicara dengan yakin, dan merasakan dirinya menjadi anak hebat. "Kamu hebat nak, dengan bertambah dewasa-  dirimu siap menjadi Orang Sukses dan Bahagia,"

5. "Kamu sudah besar atau Masih kecil?"

Saya memancing anak-anak saya dengan pertanyaan ini ketika saya mendapatinya makan disuapi oleh neneknya. Maka spontan, anak saya jawab, "Sudah gedhe," diiringi dengan meminta piring dan sendok ke pangkuannya untuk melanjutkan makan sendiri- mandiri. 

"Anak-anak yang tambah besar, bersedia menerima tanggung jawab Nak, untuk memulainya kakak boleh memilih menyapu lantai, menata kasur atau belajar mencuci piring di dapur," Sugesti lainnya dapat disesuaikan oleh mama papa kepada buah hati kesayangannya.  

"Sayangku, bila dinasehati mama-papa didenagrkan dan dilaksanakan ya," Pilihlah kata-kata yang tepat. Kata-kata berdampak dan memiliki kuasa yang ajaib. jangan memberikan sugesti yang salah seperti ini, "Kamu itu tiap diomongi tidak mau mendengarkan"" Sengaja saya tuliskan dengan warna merah sebagai tanda STOP jangan diulangi ngomel seperti ini. 

"Ayo malam ini, tidur lebih awal jam 21.00, besok kita bangun lebih awal untuk Sholat Shubuh berjammah ya,"   kalimat sugesti diucapkan ketika anak menjelang tidur dan kita antar ke kamarnya. 

6. Environmental Hypnosis is Very Powerfull 

Hipnosis yang dilakukan oleh lingkungan ini sangat kuat mempengaruhi perilaku anak-anak karena dilakukan secara terus-menerus setiap hari. Coba bayangkan bila Anak Anda main game Online tanpa didampingi, tanp[a pengarahan maka kata-katanya langsung fasih ngoceh kata-kata kotor sebagaimana yang didengar saat mabar. Atau ucapan squitword di film spongebob dan mr Crab.

Perhatikan anak-anak yang hafal syair hizb autad karena viral di instargam- youtube maupun sosmed lainnya,maka mereka jadi hafal tanpa diajari guru ngajinya. Syairnya Allahu kahfi- Rabbunal Kafi- qasadnalkafi -wajadnal kafi likullin kaafi - kafanal kaffi wa nimal kafi alhamdulillah. Padahal dulu, saya kenal ini dari guru Ngaji saya. 

Sugesti lainnya berupa syair ya lalwathon dan sholawat badar yang anak-anak hafal luar kepala karena begitu sering di dengar oleh anak-anak dalam kirab menjelang tahun baru islam dengan EO Remaja Masjid Nurul Hidayah Setempat. Anak-anak begitu semangat berteriak- meski tidak paham artinya. 

7. "Ayo makannya dikunyah sampai halus, kemudian ditelan,"

Ada nasehat dari master hipnoterapi Dunia menyarankan agar menggunakan kalimat positif ketika memberikan isntruksi kepada putra-putri Anda. Tidak disarankan memakai kalimat negatif, "Makannya jangan cepat-cepat, jangan terburu-buru," Jangan Lupa, Jangan Nakal, Tidak boleh. Pakailah struktur yang dimengerti oleh usia mereka. 

Kalimat yang jelas, dan bersifat langsung menjadi patokan ketika memberikan perintah hipno kepada anak-anak, " Sudah satu Jam, Stop main hape-nya, berikan gadget nya sama Bapak," Hindari menggunakan kata kiasan, sindiran, metafora. "Anak yang kecanduan game itu seperti zombie,"

Kata-kata terbaik untuk mind programming Children :

  • Tepat Waktu ya Nak.
  • Ingat,.....
  • Yang Disiplin,...
  • Jadilah Rajin,...
  • Makan yang Sopan,
  • Kendalikan Dirimu.
Ilyas Afsoh - 0821-4150-2649 
Pengajar Kelas Online Hipnoterapi

HIPNOTERAPI ANAK ANAK



GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top