-->

BELAJAR HIPNOTIS SENDIRI DI RUMAH

| 11:21:00 AM |

 


BELAJAR HIPNOTIS TANPA GURU 

Bagi Anda yang ingin belajar secara mandiri tentang hipnotis maka perlu anda pahami sejarah hipnotis dan hipnoterapi, bagaimana hipnosis ditemukan, apa bedanya zaman dulu dengan zaman milenial, zaman sekarang? Baca dengan perlahan, sambil ngopi atau nyemil buah anggur ketika membaca sejarah hipno sebagai berikut :

Hipnotisme telah ada sejak zaman Mesir kuno, unsur-unsur hipnosis telah dikenal sejak zaman prasejarah, gambar-gambar kuno melukiskan kegiatan penyembuhan, orang-orang tertidur dan diobati oleh tabib. Papirus Ebers merupakan naskah Mesir Kuno yang ditemukan di abad 19 di kota Thebes, dan diperkirakan menjadi bukti tertulis yang menuliskan berbagai macam ritual dengan unsur hipnosis.

Lebih dalam, di naskah tersebut adanya terapi tidur di kuil-kuil Mesir oleh Imhotep (Sang Healer dan pemikir pada masa pemerintahan Faraoh Zooser di era 2980-2900 SM. 

Di China Wong Tai yang dikenal sebagai Bapak Pengobatan China pada 2600 SM tertulis menggunakan penyembuhan dengan mantra dan penumpangan tangan kepada klien yang ditangani. Sementara itu di Yunani di kuil Eskulapian sekitar 500 SM telah dilakukan tradisi dan praktik penyembuhan serupa. 

MENGGALI ILMU HIPNOTIS PDF 

Zaman sudah berudah dengan sangat cepat, di tahun 1843 Mr James Braid mencetuskan istilah hypnosis dalam bukunya yang berjudul Neurypnology- menyebutkan banyak tradisi kuno lain di Asia yang sangat kental dengan nuansa hypnotisme. Misalnya praktik meditasi Hindu kuno dan budaya tradisional Persia yang sesuai dengan kaidah hipnosis.

Fenomena Trans didapatkan dengan ritual tarian, pembacaan mantra- doa-doa yang diulang-ulang dengan ritme tertentu. Budaya hypnosis juga dikenal di Eropa sejak abad pertengahan di Inggris, Edward The Confessor (1066) mengenalkanpenyembuhan dengan menyentuh rakyatnya yang sedang sakit dengan sentuhan "Royal touch". 

Kebiasaan tersebut diikuti oleh Raja Perancis yang menyebut diri mereka sebagai devine (Maha Penyembuh). Penyembuhan dengan meletakkan tangan di atas kepala jamaah yang sakit banyak dilakukan oleh imam-imam gereja dengan mengutip bacaan dari kitab suci. 

Baru di era Renaisans, kebiasaan tersebut mulai ditinggalakan di akhir abad ke-18 karena masyarakat eropa mulai mencari dasar ilmiah atas berbagai fenomena yang terjadi. 

Era internet membuat generasi milenial mencari hipnotis pdf untuk belajar sendiri dari rumah terkait, hal-hal yang saya ketik di blog ensiklopedia hipnotis ini. Nanti akan saya kupas bagaimana cara efektif belajar pdf hipnoterapi secara Gratis. 

CARA HIPNOTIS ORANG AGAR NURUT

Mengkaji hipnotis tanpa menyinggung Magnetisme sungguh tidak afdol. Sebab Franz Anton Mesmer (1734-1815) seorang Master kebangsaan Austria mencurahkan waktunya untuk melakukan penelitian ilmiah terhadap hipnotisme, maka muncullah istilah Mesmerisme. 

Hal itu dilatarbelakangi oleh masyarakat Eropa yang mulai menganggap penyembuhan hipnotis identik dengan nuansa magis, tidak masuk akal, sehingga membuat para ahli menggunakan pendekatan rasional dibalik fenomena trans- tidur hipnosis. 

Tokoh-tokoh yang mengisnpirasi Mesmer diantaranya Paracelcus  (1493-1541) seorang penyembuh asal Swiss yang melakukan kegiatan penyembuhan dengan tangan dan gerakantangan magnetis (passe). Tokoh lainnya yaitu Farher Maximillian Hell (1720-1792), Ricard Mead - yang menyatakan bahwa sistem kehidupan berjalan sesuai dengan keseimbangan alam. 

Dan inspirasi dari pendeta yang mencoba menemukan cara penyembuhan dengan menggunakan pelat metal. Hal tersebut menginspirasi Mesmer mengemukakan teori ilmiah atas metode yang ditelitinya dan mayhur dengan sebutan Magnetisme - Mesmerisme. 

   

ILMU HIPNOTIS TINGKAT TINGGI 

Pada masa selanjutnya, teori Mesmerisme dianggap tidak valid- tidak relevan, Teori tersebut menyebutkan adanya cairan misterius dalam tubuh manusia dan alam semesta yang disebut sebagai gravitasi hewan (Animal gravitation) kemudian istilah tersebut dikoreksi menjadi magnetisme hewan (animal magnetisme). 

Segala penyakit dalam tubuh manusia terjadikarena tidak adanya keseimbangan dari cairan tersebut dalam body manusia. Maka Mesmer meletakkan medan magnet pada bagian-bagian tubuh orang yang sakit dalamproses penyembuhan Mesmer. 

Selanjutnya mesmer mendapatkan inspirasi bahwa penggunaan medan magnet tidaj diperlukan lagi karena tubuh manusia yang sehat dapat menyalurkan energi magnetis untuk menyembuhkanorang sakit. Maka Mesmer mulai meninggalkan medanmagnet dan diganti dengan mengalirkan energi magnetis dari telapak tangannya. 

APAKAH SEMUA ORANG BISA BELAJAR HIPNOTIS?

Lanjut dengan metode Mesmer yang dianggap tidak wajar dan kontroversial berdampak pada pengucilan Mesmer di Wina oleh para dokter, dan izin prakteknya sebagai dokterpun dicabut. Sejak saat itu mesmer pindah ke Perancis, dan mengalami kecaman dan tentanan terhadap metodenya. 

Raja Perancis Louis XVI di tahun 1784 membentuk dewan khusus untuk meneliti teori Mesmerisme. The Franklins Commision nama dewan bentukantersebut bernggotakan para ilmuwan seperti : Antoine Lavoiser (penemu hukum kekekalan masa), Dr Guillotin (dokter ahli nyeridan penemu mesin pemneggal kepala), dan Benjamin Franklin (ilmuwan penemu penangkal petir- duta besar Amerika untuk Prancis).

Hasil penelitian menyebut bahwa mesmerisme itu tidak valid, tidak ada bukti ilmiah yang ditemukan, hal ini membuat mesmer terkucil dan pergi meninggalkan Prancis menuju Swiss. Memsmer terus konsisten menerapkanmagnetisme hingga akhir hayat. 

Uniknya Magnetisme telah viral, dan menyebar ke sebagian Eropa sehingga mengundang minat para ahli untuk meneliti lebih lanjut. Berdasarkan perjalanan Mesmer yang mampu mengubah persepsi penyembuhan sebagai magic menjadi ilmiah maka Franz Anton Mesmer dianggap sebagai Bapak Hipnotisme Modern. 

HIPNOTIS PASCA MESMERISME 

Insyallah akan kita kupas dengan menghadirkan para tokoh Marquis de Puysegur, Abbe Faria, Johann Josph Gassner,Joseph Philipe Francois Deleuze, Jhon elliotson, James Esdaille, hingga Abad 19, Abad 20, Abad 21, sampai lahirnya Indonesian Board of Hypnotherapy oleh Bapak hipnoterapi Indonesia Mr Yan Nurindra (alm). 

Bersambung   




 


GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top