-->

HIPNOTERAPI UNTUK BIPOLAR, Seperti Apa?

 1. WHO HAS THE RIGHT TO GIVE SOMEONE BIPOLAR INFORMATION?

Siapakah yang berhak memberikan keputusan bahwa seseorang itu mengalami gangguan bipolar? Apakah hanya dengan mencari keterangan yang tertulis di Internet, mencermati gejala seperti perubahan emosi yang ekstrim, dari gembira banget menjadi sedih sekali sampai depresi? Lalu seseorang langsung memberikan CAP "BIPOLAR"? 

Kalau hanya ingin tahu dan mencari informasi awal, itu boleh-boleh saja. Kemudian lanjutkan berkonsultasi dengan psikiater / ahli kejiwaan. Berikan kesempatan yang expert di bidangnya yang melakukan tugasnya. Sebab bila sesuatu diserahkan kepada yang tidak professional maka tunggu saat kehancurannya. Begitu juga kasus Bipolar, tanyalah kepada pakarnya.

Lalu kemana mencari solusi apabila seseorang dicurigai mengidap bipolar? Apakah ke Psikolog Klinis, Hipnoterapist atau psikiater? Menulis di sini, saya sangat hati-hati karena sebagai hipnoterapi apabila diminta menangani klien bipolar, karena basic saya sarjana teknik industri yang mempelajari dan mendalami hipnoterapi, psikologi, NLP, Pengembangan Diri. 

 Dan Tidak semua kasus dapat ditangani oleh hipnosis kecuali dengan syarat dan ketentuan yang sangat ketat. Misalnya kasus orang gila, psikotik, edan yang berkaitan dengan kejiwaan. Apabila berhubungan dengan hardware atau otak-nya maka itu bukan wilayah hipnoterapis, apabila  software - gangguan pikiran- dapat dipertimbangkan dibantu dengan hipnosis  kerjasama-konsultasi dengan pakar yang kompeten.  

2. WHAT ARE BIPOLAR RELIEF MEASURES?

Apabila ada klien Hipnoterapi yang kontak kepada saya bahwa ada indikasi keluarga klien "Bipolar" maka saya tanya secara presisi,"Apakah sudah ke psikiater?" Bagaimana jawaban psikiater?" Apabila jawaban dari seorang psikiater belum meyakinkan maka saya berikan saran untuk mencari second opinion \dari psikiater yang lain.


Secara pribadi saya tidak punya link/koneksi ke psikiater terbaik di kota Semarang, setidaknya sampai artikel ini ditulis, Nanti akan saya update apabila ada psikiater atau psikolog klinis- yang dapat dijadikan rujukan. Paling mudah saya sarankan langsung datang ke Rumah Sakit atau  minta info by Phone ke Operator. 


Hasil dari Rumah Sakit / Psikiater apakah klien dalam tahap perawatan berat, sedang, ringannya dapat dikonsultasikan kepada hipnoterapis, apakah hipnoterapi dapat membantu atau tidak? Hipnoterapis secara etika professional wajib menyatakan bila tidak mampu, ya : sampaikan tidak mampu, jangan dipaksakan.


3. HYPNOTHERAPY FOR BIPOLAR, WITH CONDITIONS

Saya mendapatkan solusi bahwa hipnoterapi dapat membantu kasus bipolar dengan catatan bahwa praktisinya adalah psikiater / spesialis Kejiawaan Sp.Kj, sebagaimana dokter Mardi yang juga menjabat sebagai Ketua Prahipti (Asosiasi Hipnosis Hipnoterapi Indonesia). 

Kalau saya, saya bukan psikiater - saya tidak dapat mendiagnosis seseorang mengalami bipolar/ tidak, saya hanya hipnoterapis- yang dapat membantu klien bipolar dengan bekerja sama dengan arahan psikiater. Saya berprinsip- professional for professional. 

Pelatihan hipnoterapi bagi tenaga kesehatan dan keluarga dengan diagnosa "bipolar" untuk support manajemen stress, memperdalam pengetahuan hipnosis untuk menunjang pekerjaan dan menghadapi klien bipolar, isnyaallah dapat saya bantu lakukan, bukan menghipnoterapi klien bipolar. 

Bila ada hipnoterapis yang menangani klien bipolar, saya chusnudzon bahwa terapis adalah psikiater atau sudah bekerja sama dengan psikiater. 

4. DO I WANT TO HELP BIPOLAR CLIENTS? 

Apakah saya bersedia membantu klien bipolar? Insyaallah saya bantu sesuai dengan kapasitas hipnoterapis professional dengan mengacu kepada kode etik PRAHIPTI. Membantu dengan melakukan relaksasi dengan kedalaman tertentu, kemudian melakukan pemaknaan ulang terhadap kejadian awal yang menjadi pencetus terjadinya gangguan bipolar. 


Menetralisir emosi-emosi negatif, agar rasa cemas, marah, dan sebagainya dapat dinetralkan sehingga klien bipolar dapat merasakan kenyamanan. Termasuk membantu menetralisir dorongan klien : menyakiti diri sendiri, melukai orang lain, bunuh diri. 


Dan, apabila ada hipnoterapis yang basicnya psikiater (Sp.Kj) saya sarankan - untuk membawa klien bipolar kesana karena lengkap untuk kejiawaan apakah perlu mendapat obat-obatan dari dokter, plus treatment hypnosis nya juga.   


5. MOTIVATION AND ATTITUDE RIGHT WHEN YOUR FAMILY IS BIPOLAR

Poin penting bagi Anda yang keluarganya benar-benar didiagnosa oleh psikiater terkenan gangguan bipolar, maka ambillah sikap bijaksana dengan menerima kenyataan, bukan penyangkalan. Menerima menjadi sikap terbaik kemudian mencari solusinya. 


Seseorang dapat bertanya kepada rekan-sahabat dan bertanya kepada dirinya sendiri "Unconscious Mind" nya untuk membimbing dirinya menemukan jalan keluar. Melakukan reframming bahwa segala kejadian ada hikmah di dalamnya, dan ini proses pendidikan - pelatihan dari Gusti Allah kepada HambaNya. 

Sebagai tambahan saya pernah membaca seseorang yang mampu mengatasi permasalahan kepribadian Ganda di dalam dirinya menggunakan teknik Neuro-Linguistic Programming, isnyaallah saya update setelah bukunya ketemu secara detail.


HIPNOTERAPI INDONESIA



BACA PULA PENGERTIAN HIPNOTERAPI ADALAH

Belajar Hipnotis Hipnoterapi Online

Back to Top