-->

SKRIPT UNTUK KLIEN TIDAK SUGESTIBLE / SULIT MASUK KONDISI HIPNOSIS

HYPNOTIC TRAINING SEBELUM HYPNOTHERAPY


Pengalaman bertemu klien di sesi terapi hypnosis sangat beragam, ada yang mudah masuk ke kondisi trance, ada yang butuh dibimbing sampai akhirnya paham kondisi hypnosis dan terhubung pikiranbawah sadarnya, tipe ketiga yaitu yang sulit diajak masuk ke kondisi hipnosis. 

Berdasarkan praktek di lapangan, klien yang datang hipnoterapi merupakan klien yang siap (baca  : mudah) dibimbing ke kedalaman hipnosis dan tidur lelap merupakan klien dengan presentasi lebih besar dibandingkan dengan klien yang susah masuk ke kondisi Trance - mereka masuk ke tipe emotional sugestible atau intelektual sugestible. 

Ciri klien yang sulit diberikan sugesti hipnosis, diantaranya mereka memikirkan apapun kata-kata yang diberikan oelh hipnoterapis padanya. Misal, "Bayangkan - imajinasikan ada lem yang lengket di jari jemari Anda," maka klien sulit tersebut menggunakan logika berfikir kritis, "Ah, mana lemnya, aku tidak melihat lem, aku tidak merasakan lemnya," Atau ketika disugesti mata Anda lengket dan tidak dapat dibuka, "Maka klien tersebut langsung membuka mata dan berkata, tidak merasakan apapun dari sugestinya. 

Apakah Hipnoterapis menjadi Panik, ketika semua sugesti yang diberikan pada klien gagal? he he he he ..... Ya, bagi hipnoterapis awal mungkin bingung, "waduh, mau diapain ini ya, kok sugestinya tidak berhasil?" tetapi bagi senior hipnoterapis dengan tenang merespon memandu klien untuk melakukan hypnotic training berikutnya sebagai latihan mengedukasi pikiran bawah sadar klien. 

Empat Poin Penting Terkait Pikiran Bawah Sadar

  1. Sugesti 
  2. Menemukan Penyebab 
  3. Pelepasan 
  4. Pembelajaran Ulang bawah sadar 
Mengapa penting mempelajari seni hipnosis dasar sebelum belajar teknik-teknik hipnoterapi? karena semua hipnoterapi menggunakan hipnosis, namun tidak semua hipnosis merupakan hipnoterapi. Ini merupakan pijakan dasar agar Anda efektif dalam menerapkan hipnoterapi. 

Memang ada perbedaan pendapat antara penghipnosis berijazah denhan hipnoterapis professional. Seandainya ada pertanyaan : manakah yang Anda pilih penghipnosis yang mengikuti pelatihan beberapa hari dengan hipnoterapis yang mengikuti kelas beberapa bulan? Jawabannya disesuaikan apa kebutuhan klien, apakah hanya motivasi atau bantuan transformasi diri? 

Seorang yang awalnya belajar beberapa hari tentang hipnoterapi kemudian mendapat sertifikat, dilanjutkan dengan mempelajari buku, literatur, memperkaya wawasan dengan belajar NLP, Coaching, Pemberdayaan diri lainnya, dan ikut kelas internasional, merupakan ciri seorang pembelajar yang dapat diandalkan untuk membantu transformasi banyak orang dengan hipnosis. Kemudian menuliskan pengalamannya di blog seperti ini, sebagai cara memperkaya wawasan dan studi praktek lapangan. 

 HIPNOTERAPI YANG BERPUSAT PADA KLIEN 

1. Teknik pertama yang sangat Ampuh yaitu berbasis pada Sugesti
dan Pengimajinasi-an, langkah ini efektif apabila ada keinginan kuat dari klien, dan problem klien bukan dari pengalaman traumatis. Teknik ini disebut sebagai terapi "Band-Aid" plester luka oleh Charless Tebbets. Dampak terapi ini bisa permanen ataupun tidak, perubahan dapat bertahan selamanya atau mungkin hanya sementara. 

Mengubah respons klien terhadap sebuah pemicu dapat membantu klien mengubah sebuah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang memberdayakan, misalnya satu tarikan nafas dapat mengganti satu puntung rokok - bagi pecandu rokok. Sang Penghipnosis yang kompeten dapat efektif menggunakan teknik sugesti dan imajinasi untuk menyelesaikan masalah klien hanya dengan teknik ini.

Maka tidak heran apabila ada penghipnosis yang dengan bangga memamerkan testimoni keberhasilan terapinya dari klien yang puas terbantu, Tetapi bagaimana bila bawah sadar menolak teknik sugesti dan imajinasi ini?  

2. Menemukan Penyebab Problem klien. 
Gunakan beberapa teknik hipnoterapi lain, menggunakan teknik regresi, affect bride, kuncinya adalah memandu klien untuk masuk ke dalam kondisi hipnosis medium, disertai dengan teknik menangangi abreaksi secara kompeten. Pentingnya terapis memahami antara hipnosis memimpin atau memandu, Ada seni untuk mencari penyebab penolakan pikiran bawah sadar. 

3. Pelepasan dari penyebab masalah. 
Diantara pelepasan yang ampuh yaitu pemafaan terhadap kejadian masa lalu, karena kejadian di masa lalu sudah terjadi, perkuat untuk membangun masa sekarang dan masa depan dengan lebih baik. Sebagaimana kita pahami bahwa memaafkan bukanlah melupakan. 

4. Memfasilitasi Pembelajaran Ulang secara Emosional - Pikiran bawaH Sadar. 
Gunakan Part Therapy, regresi Therapy, Gestalt therapy, bicara melalui kata-kata, imajinasi layar terbuka, pembayangan tidak langsung dan terpandu, desensitisasi impolsif - sistematis, object imagery, akan kami kupas di artikel mendatang. 

Cukup 1 langkah atau 4 Sekaligus?

Ada yang memang dapat dibantu hanya dengan poin nomor satu saja, namun banyak juga klien yang membutuhkan sampai 4 langkah untuk tuntas bertransformasi, Sekali lagi di sini poin pentingnya adalah Anda menjadi hipnoterapis professional dan kompeten. terus belajar dari kasus demi kasus yang Anda tangani, mengajar, dan menerima klien hipnoterapi sebagai media update diri terhadap keunikan manusia. 

UJI SUGESTIBILITAS DAN KEBERHASILAN HIPNOTERAPI 

  • Manfaat penting bagi hipnoterapis yang melakukan Hypnotic Training menggunakan uji sugestivitas adalah membantu klien menerima fakta bahwa dirinya mampu dihipnosis. 
  • Tujuan uji ini berorientasi pada terapi klien, bukan pada terapis, memperhatikan bagaimana bawah sadar klien dalam merespon sugesti, 
  • menentukan teknik terbaik induksi dan 
  • memperdalam hipnosis.  

Cara Anda meminta klien merespons sugesti uji hipnosis, besar pengaruhnya terhadap kesediaan klien dalam menerima hipnosis. Maka penting bagi klien yang dihipnosis, mereka datang atas kemauan dirinya sendiri, bukan paksaan kawan atau keluarganya. 

Cara Hipnoterapis mengatakan Sugesti pada klien, dan Apa yang dikatakan terapis sebisa mungkin memiliki dampak bagi transformasi klien. Lakukan secara terlatih dan artistik dengan memasukkan rumus hipnosis : 
  1. Keyakinan 
  2. Imajinasi 
  3. Harapan 
  4. Kepastian 
Ubah ketakutan klien terhadap hipnosis dengan kenyamanan, percaya pada terapis, dan proses hipnotis. 

Cobalah menggunakan skript ini :

Siapakah Anda dihipnosis?
Semua hipnosis adalah self-hypnosis. Jika Anda mengikuti instruksi sederhana saya, tidak ada kekuatan di bumi yang bisa mencegah ANda terhipnosis. Anda dapat menolaknya jika Anda mau, tetapi itu bukan alasan ANda berada di sini. Ikuti saja instruksi sederhana saya, dan ANda akan menikmati pengalaman yang sangat menyenangkan dan membuat rileks. 

ILYAS AFSOH | 0821.4150.2649
TRAINER - HIPNOTERAPIS - COACH 

GENDAM NUSANTARA 919

Back to Top