-->

HIPNOTERAPI EFEK SAMPING

 APAKAH HIPNOTERAPI AMAN?

Apakah Terapi hipnosis ada efek sampingnya? Berbahaya? Jawabnya tidak ada efek samping dan Sangat Aman membantu klien menyelesaikan masalahnya, dengan syarat hipnosis dipraktekkan oleh terapis professional, dengan cara-cara benar didukung pengetahuan - sertifikasi dan pengalaman hipnoterapis. 

Lalu bagaimana bila hipnoterapi dilakukan oleh praktisi yang tidak kompeten? Hanya belajar dari internet, tidak memiliki kompetensi- misal ikut kursus dari lembaga resmi seperti IBH? Tidak tergabung dengan asosiasi professional hipnoterapi? Anda dapat menduga hasilnya. 

"Ketika sebuah perkara, diserahkan kepada bukan Ahlinya, maka tunggulah saat (kehancurannya). 

Tahun 1955, British Medical Association secara resmi menerima hipnosis diajarkan di sekolah kedokteran. 

Tahun 1958, The American Medical Association menerima hipnoterapi di dunia medis. 

1960, American Psychological Association menyatakan clinical hypnosis masuk divisi 30.

2016 melalui PP no 61- Pemerintah Indonesia mengatur tentang Penyehat Tradisional, termasuk Hipnoterapi. 

Januari 2021, saya mendapat sertifikat resmi dari PRAHIPTI (Asosiasi Hipnoterapi Professional di Indonesia). 



SEMUA DAPAT DIHIPNOSIS 

Yes, setiap manusia dapat dihipnosis - masuk ke kondisi alfa tetha dengan syarat sebagai berikut :
1. Bersedia, Maka bila seseorang menolak untuk dihipnosis, maka dirinya gagal masuk alfa-theta
2. Dapat Berkomunikasi secara verbal dan non verbal - Artinya memahami komunikasi, tidak dalam keadaan mabuk akibat obat, alkohol atau khomer - narkoba, dll 
3. Tingkat Kecerdasan Normal, 
Lalu bagaimana dengan anak autis atau orang tua yang pikun? ini butuh kajian lebih dalam, namun dalam pengalaman saya personal, saya tidak menerima klien Autis dan Pikun.

TERHIPNOTIS DAN TIDAK BANGUN LAGI

Ini merupakan kekhawatiran yang tidak berdasar. Sebab dari literatur, praktek para guru, senior, tidak pernah  ada orang yang masuk hipnosis terus tidur dan tidak bangun lagi. Andai ada yang malas keluar, maka ada treatment khusus agar klien yang sangat nyaman bersedia untuk keluar. Ada metode dan cara membangunkannya. Jadi kesimpulannya : Aman.

Dari penjelasan ini, rata-rata klien paham dan dapat memahami alurnya, sebagian pertanyaan hipnotis-hipnoterapi sudah saya tuliskan di blog ini, mungkin artikelnya yang acak, terpisah-pisah. Seperti Uraian Personal saya : Bom Bunuh diri dan Hipnotist

Dari pengalaman para senior, menyebutkan bahwa dalam dua jam, klien yang dihipnotis, kemudian dibiarkan saja, maka ia akan bangun dengan sendirinya, secara otomatis. Gelombang otaknya naik dari tetha ke alfa dan frekuensi beta (Sadar normal). 

TERHIPNOSIS DAN MENGGERAKKAN BADAN

Jangankan menggerakkan badan, dalam permainan hipnosis, seorang target- terhipnosis dalam keadaan mata terbuka, melakukan semua sugesti yang diberikan hipnotist. Dan dalam kondisi relaks hipnosis, klien boleh saja menggerakkan tangan - kaki, bahkan menangis berteriak bila mengalami abreaksi (pelepasan emosi yang sangat intens). 

TERHIPNOSIS = TIDAK SADARKAN DIRI

Wajar bila banyak orang punya pikiran tersebut karena yang ditonton permainan hipnotis panggung, seolah target hipno lupa akan dirinya, lupa nama bahkan tidur dengan sangat lelap. Nah, yang terjadi adalah Klien tersebut semakin sadar dengan dirinya, karena terhubung dengan pikiran bawah sadarnya. 

Dalam hipnoterapi, klien dapat menjawab semua pertanyaan terapist, mendengar, sadar, dan tahu apa yang terjadi di sekelilingnya.Tingkat konsentrasinya semakin tinggi. Temukan keterangan Filter Mental di Artikel Bom Bunuh diri. 

Kalau menganggap orang terhipnosis - tidak sadarkan diri, maka berapa banyak orang yang dimanfaatkan oleh terapist tidak bertanggung jawab? itu Logikanya, tetapi sebagai Hipnoterapis, ada etika dan sumpah janji professional. Dilarang melakukan hal yang bertentangan dengan moral/keyakinan dan agama. 

SETELAH TERAPI HIPNO, STOP MINUM OBAT?

Perlu diperjelas dahulu, obat apa yang dimaksud? Apabila obat yang dimaksud adalah saran dan perawatan dokter, maka klien wajib bertanya kepada dokter, apakah dapat lepas dari obat? Hakekat hipnosis merupakan terapi pendamping, bukan pengganti dari perawatan medis seorang dokter. Bahkan ketika seseorang sudah dirawat di rumah sakit, ingin dihipnoterapi,maka wajib mendapat ijin dari dokter yang menanganinya. 



HYPNO-SLIDE

Back to Top