-->

Belajar Neuro-Selling /Hypnoselling HypnoMarketing

 "Menjual Tanpa Menjual," 

Menjual dengan Hipnotis, Menjual Secara Halus, Jualan Laku Keras menembus pikiran bawah sadar manusia merupakan topik yang disukai banyak Marketer dan Pebisnis,  yuk kita ulas satu per satu seperti apa proses set-up sampai closing dan after sales Service. 

Marketing mix without peddling is nothing artinya sehebat apapun rancangan produk, harga, lokasi dan promosi, tanpa adanya penjualan - semua menjadi tidak ada artinya. Dengan penjualan, perusahaan mendapat darah segar yaitu uang. Perlu disadari oleh para penjual, profesi wiraniaga merupakan profesi penting dalam perusahaan, tidak kalah dengan profesi lainnya. 

Siapapun yang jago jualan, maka hidupnya menjadi makmur, sukses dan kaya. Apa yang sesungguhnya kita jual, bukan hanya produk, jasa, ide, instruksi ke bawahan, perintah pada anak, proposal inhouse training hypnotic public speaking, bahkan life transformation spiritual, contoh lainnya artikel di blog ini perlu dijual sehingga traffic jutaan per bulan dapat tercapai. 

2 KUNCI SUKSES JUALAN :

1. Produk / Jasa dibutuhkan oleh konsumen dan menjadi solusi terbaik. Contoh Hypnoslimming dibutuhkan dan diinginkan klien yang bertubuh gemuk dan ingin memiliki tubuh langsing, ideal, sehat. Contoh lainnya ilmu hypnoselling dibutuhkan para penjual agar lebih sering closing dan lebih cepat daripada ilmu marketing lainnya. 

2. Konsumen menyukai penjual. Posisi penjual tidak sekedar menerangkan product knowledge, fitur, lebih dari itu salesperson berubah menjadi seorang konsultan, pakar, ahli. Kalau bicara terkait Marketing maka di Indonesia pasti kenal Bapak Hermawan Kartajawa, Tung desem Waringin (Marketing Revolution) dan Ilyas Afsoh dengan Hypnoselling-nya. 

MEMAHAMI ARTI KATA "TIDAK" BAGI PENJUAL 

1. Segmentasi dan Target Market Yang Salah. ketika aku mengalami  tidak closing dengan calon klien / peserta training self transformation setelah aku paparkan nomimal investasi - harga nya, mereka mengatakan kemahalan, sebentar mau pikir-pikir dulu, tanya ke pasangan dahulu, hal ini mengindikasikan kalau artikel yang aku buat dibaca oleh segmen pasar yang belum tepat. 

2. Konsumen belum memutuskan untuk membeli karena masih ada poin-poin keraguan terkait produk/jasa, hal ini biasanya karena konsumen ingin penjelasan tambahan yang lebih detail, masuk akal dan nilai manfaat yang didapat lebih besar dari uang yang dibelanjakan. 

3. Penjual gagal disukai oleh konsumen. Sebabnya beragam mulai dari tutur kata, sikap, gaya berpakaian, tata rambut, jam pertemuan yang kurang tepat, Penjual gagal building rapport dengan konsumen, penjual belum belajar hypnoseling, nlp.

4. Aturan sukses jualan, closing terjadi setelah kunjungan ke-7 artinya transaksi tercipta pada saat kunjungan ke-8. Maka jangan menyerah setelah mendapat penolakan saat pertama kali datang bertemu dengan prospek Anda. Namun beda antara datang secara offline dan online. Hindari spamming, chatt personal di wa dan hard selling dijamin langsung diblokir bila Anda sering brodcast. 

5. Pentingnya edukasi dan Story telling terkait produk/jasa. Misalnya kita buat konten youtube tentang iai public speaking, hypnoslimming, nlp transformation, tiktok pidato dan presentasi. Sebab tanpa adanya konten-konten marketing membuat prospek tidak paham produk/jasa Anda. 

SELF-TALK , MIND PROGRAMMING DAN CLOSING

Sebagai praktisi pengembangan diri dan optimasi potensi sumber daya manusia saya sering bertemu banyak tenaga penjual, sebenarnya mereka sangat detail terkait fitur-produk, product knowledge, cara-cara jualan, sudah belajar seni menutup penjualan, namun ada satu hal yang tidak disadari sampai mereka diberitahu yaitu self-talk yang ada dalam dirinya : membelenggu bahkan menghambat sukses jualannya. 

Saya mulai mengembangakn self-talk transformasi diri dan alhamdulillah dampaknya sangat bagus bagi tenaga penjualan, dengan menggunakan self talk yang berdaya membuat marketer jadi berani, sigap, dan lebih agressif dalam menawarkan jualan dan bertemu dengan banyak klien. Self Talk negatif yang dibiarkan akan menjadi mental block dan ini sangat berbahaya. 

Dengan mendalami self coaching maka saya gabungkan teknik selftalk trasformasi diri dengan self coaching, hasilnya : klien semakin optimal dan berdaya, dapat mengakses high performance state yang diinginkan demi tercapainya outcome - desire state closing. 

"Kata Tidak itu, baik Adanya, karena aku tahu bagaimana meresponnya......"
Bagi anda yang sedang melatih diri menjadi pribadi hebat, cobalah terapi pengembangan diri dengan game mendapatkan 100 kata tidak selama 100 hari. Anda disebut berhasil bila Anda mendapat kata tidak, dan Anda gagal saat ANda mendapatkan, "ya," 

contoh Game kata tidak dalam 100 hari ;
1. Pesan donat dengan model seperti rantai olimpiade 
2. ingin naik mobil patroli polisi 
3. Bermain sepak bola di halaman seseorang 
4. Menjadi karyawan restoran cepat saji
5. Mengajak presiden makan malam 
6. masih banyak contoh lain, tuliskan sampai 100 daftar dan lakukan. Saat mendapat penolakan - tanya kenapa alasannya dan terkejutlah dengan jawaban orang lain. 

MENGHADAPI KETAKUTAN JUALAN 

Sebelum penjual bertemu dengan prospek, maka ia sedang berjualan dengan dirinya sendiri melalui gambar-film yang ada di dalam representasi internalnya, suara-suara yang ia dengarkan dalam dirinya, dan sensasi rasa yang ia akses saat membayangkan untuk bergerak menawarkan produk/jasa kepada calon klien. 

Dalam NLP kita kenal hal tersebut sebagai Submodality yang mempengaruhi cara berfikir dan merasa setiap manusia, kabar baiknya kualitas submodality dapat diedit dan dimodifikasi sesuai dengan kemauan dan keinginan praktisi penjual sehingga ia memiliki :
1. keyakinan 
2. keberanian 
3. persiapan prima 
dengan bekal 3 hal di atas maka penjual menjadi handal dalam mempengaruhi kepercayaan dan kepuasaan pelanggan. Mensupport memberikan solusi terbaik, bukan memanipulasi klien demi kepentingan closing marketing. 


TUGAS MARKETER DALAM HYPNOSELLING / NEURO-MARKETING

1. KOMUNIKASI DENGAN PROSPEK

Berinteraksi dengan calon konsumen, menyampaikan informasi produk/jasa sebagai solusi terbaik bagi banyak orang. Komunikasi secara verbal, nonverbal, one on one, one on many, komunikasi public speaking, press release, komunikasi dengan media sosial baik youtube, tiktok, instagram dan membangun website powerfull referensi. 

2. MENJUAL DAN CLOSING 

Marketer mencari calon pelanggan terbaik, melakukan segmentasi, targetting, dan prospecting. Melakukan alokasi waktu untuk menjalin hubungan dengan klien, menetapkan target dan sasaran sesuai dengan outcome perusahaan, melanjutkan layanan berupa konsultasi, bantuan teknis, melakukan riset pemasaran dan intilijen persaingan, skala prioritas layanan pelanggan utama. 

Sejauh yang aku praktekkan selama ini terkait komunikasi verbal, non verbal, bahasa tubuh seperti tatapan mata, mimik wajah, gerakan tangan, posisi tubuh) kejelasan suara, total look hanya diaplikasikan dalam public speaking performance, ternyata hal tersebut belaku dalam hypnoselling. Seperti mendengarkan dengan mata dan ekspresi tertarik kepada prospek dengan tulus. 


 BERHADAPAN DENGAN MARKETING ONLINE "MENYEBALKAN"

Pernahkah Anda menerima chatt langsung di WA, Telegram, Fb, mesenger, inbox, email yang langsung to the point, " Perkenalkan saya Amira Sales Marketing dari Produk kecantikan - dengan ini saya undang kakak untuk hadir dalam zoom seminar online "Meningkatkan pendapatan online modal HP saja," Atau telepon marketing berkali-kali dari Pembiayaan Kredit Nasional menawarkan hutangan online sampai 50 Juta?

Atau pemilik produk yang sudah stress tidak mampu jual madu, langsung saja tanpa ba bi bu, kirim 15 gambar madu murni yang sudah dipanen, dan menawarkan harga murah dengan pembelian mininal 10 kg? Dan produk/jasa lainnya yang mengundang potensi buka usaha jasa paket ekspedisi ekspress. 

Cara-cara di atas sangat tidak sopan dan merupakan marketing sampah, yang mencari database dari google map, facebook, web, dan media online lainnya seperti wa groups, telegram. Ingat cara-cara yang tidak elegan, kampungan, spamming, hasilnya dapat diketahui yaitu : Blokir dan Report Spam.

Lebih parah lagi saat Mindset Masyarakat sbb :
* Marketer Harus Muka Tembok 
* Marketer itu Tidak dapat dipertanggungjawabkan 
* Marketer itu Menipu 
* Marketer itu Suka Bohong 
* Marketer itu Over Promise 
Sudah saatnya tugas kita sebagai penjual untuk memerikan contoh /MODEL bahwa ada penjual yang dapat dipercaya, kredibel, professional, sebagaimana Sosok Nabi Muhammad saat Menjadi Pedagang - Menjual Dagangan Siti Khodijah. Penjual yang jujur dan memberikan untung sangat besar. 

Dalam tindakannya, manusia mengambil keputusan membeli menggunakan otak reptil. Ada tahapan yang perlu dilakukan saat mendekati prospek, membuat prospek menyukai kita dalam waktu cepat dan meluangkan waktu menyimak presentasi bisnis kita, menonton video youtube yang kita bangun, menyentuh perasaan klien, dan menyisipkan perintah beli ke pikiran bawah sadar klien. 

Hal-hal teknis mengatasi penolakan / keberatan klien merupakan skill yang wajib dikuasi penjual, melakukan pendekatan mengubah keyakinan prsopek, dan pola-pola bahasa yang menembus filter pikiran sadarnya, pada akhirnya Anda sebagai penjual punya skill closing dengan efektif dan efisien.

MEMPERLUAS PERSEPSI JUALAN 

Berikut ini bentuk-bentuk jualan yang sering tidak disadari banyak orang, sebab kecenderungan orang menilai jualan adalah aktivitas dan proses menjual produk / jasa kepada klien yang ditargetkan. Mulai saat ini Anda akan terkejut ternyata yang termasuk jualan adalah sbb ;

  1. Meyakinkan diri Sendiri
  2. Menyampaikan Ide 
  3. Berdebat untuk menang 
  4. Memotivasi diri dan Orang lain 
  5. Permintaan orang tua agar anaknya segera mandi dan Makan 
  6. Ketika Anda menolak penawaran jualan 
  7. Memberikan Alasan 
  8. dll AMati saja perilaku manusia .... Karena kita tidak dapat lepas dari menjual sesuatu kepada diri sendiri dan orang lain 
Saya ingin mengajukan pertanyaan kepada Anda, 
1. Apa arti yang ANda berikan terkait dengan penjualan? 
2. Darimana Anda punya pengertian tersebut?
3. Apakah Anda termasuk penjual yang hebat? Apa alasannya?
4. Apakah ANda paham dengan cara otak memproses informasi sehingga jualan menjadi efektif efisien?

Setelah ANda menuliskan jawaban versi Anda, coba ANda telaah faktor penting terkait dengan komunikasi untuk jualan yaitu :
1. Proses saling Tukar informasi antar klien dan penjual secara benar, juur, akurat, dan tidak ambigu.
2. Skill Memproses Informasi dengan benar, mendengarkan dan netral 
3. Skill berbahasa meliputi bertanya, analisis, amati, evaluasi, ambil keputusan 
4. Pahami Cara Kerja Otak MAnusia dalam memproses informasi (Human model of the world)
5. Libatkan VAKOG (visual auditori kinestetik olfaktori gustatori) dan bahasa tubuh 

Tantangan seorang penjual yaitu menguasai skill intrapersonal dan interpersonal - komunikasi dengan dirinya sendiri dan interaksi dengan dunia luar. Sehingga Penjual tidak perlu mengalami stress, depresi, rendah diri saat menerima target dan menyasar segemen baru - lingkungan baru yang belum pernah dihadapi. Komunikasi dengan sesama rekan penjual dan rekan divisi lain di perusahaan.

WE can not not Comunicate 
Saat  Anda diam saja, artinya Anda sedang memberikan komunikasi bahwa Anda sedang tidak ingin berkomunikasi dengan pemberi pertanyaan. Artinya Anda selalu berkomunikasi dengan diri sendiri dan lingkungan. Bagaimana bila komunikasi ini digunakan untuk membangun karisma ANda, dan mendapatkan hormat dari orang-orang yang ANda temui demi tercapainya Outcome ANda. 

Jadi Kita Awali dengan : RISET OTAK MANUSIA , STRATEGI BERJUALAN, ATURAN HYPNOSELLING, dan ditutup dengan Mengatasi Keberatan. Skill ini menjadi powerfull ketika Anda baca, anda tulis ulang versi Anda, lalu anda praktek, latih berulang-ulang dengan perbaikan, saran saya buatlah jurnal hypnoselling versi Anda ( kejadian di lapangan, ide, kendala, evaluasi). 

KENALI OTAK KLIEN YANG MEMICU PEMBELIAN !

 Seru! Belajar Online Public Speaking 


HYPNO-SLIDE

Back to Top